Hotel Batu Wonderland Waterpark & Resort, Hotel di Batu Malang yang Family Friendly

by - January 18, 2024

hotel-batu-wonderland-waterpark


Sebagai kota wisata, Kota Batu mempunyai banyak sekali pilihan hotel atau penginapan. Asli, sih, Bubu pas lagi menyiapkan liburan keluarga ke kota ini sempat bingung mau menginap di mana. 

Pastinya salah satu kriteria yang Bubu inginkan adalah hotel yang kids friendly dan family friendly, harus ada kolam renang. Lokasinya juga kalau bisa strategis, dekat dengan berbagai tempat wisata. 

Begitu mencari-cari, browsing di beberapa Online Travel Agent (OTA), akhirnya pilihan jatuh ke hotel ini. Hotel Batu Wonderland Waterpark & Resort! 

Tentunya pemilihan hotel ini menjadi tempat menginap selama di Batu bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang bikin Bubu merasa klik dengan hotel ini dan pastinya juga kids and family friendly, ya. 

hotel-batu-wonderland-waterpark-and-resort


Hotel dengan Waterpark

Rasanya ada yang kurang kalau menginap di hotel sama anak-anak tapi nggak ada kolam renangnya. 

Nah, di Hotel Batu Wonderland ini bukan hanya kolam renang aja yang bisa dinikmati, tapi di sini juga ada WATERPARK! Iya waterpark yang cukup besar dengan beberapa slide dan pastinya ada ember tumpah. Wah, ini sih yang paling disenangi sama anak-anak. :D 

hotel-batu-wonderland-waterpark

Makanya nggak heran kalau nama lengkap hotel ini adalah Batu Wonderland Water Resort. Selain itu, waterpark ini bukan hanya jadi fasilitas bagi penghuni hotel tapi ternyata juga terbuka untuk umum. 

Ya, saat Bubu menemani anak-anak berenang ada juga rombongan beberapa keluarga yang bukan penghuni hotel tapi berenang di waterpark ini. 

Untuk tamu hotel sudah pasti fasilitas waterpark ini tanpa biaya tambahan, ya. Nah, kalau Manteman di Batu tapi misalnya menginap di hotel lain dan ingin mencoba waterpark di Batu Wonderland juga bisa, lho. 


Berikut harga tiket masuknya, ya.

Weekday Rp 10 ribu

Weekend Rp 20 ribu


Untuk umum waterpark ini buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore, ya. Kalau untuk tamu hotel sudah bisa menggunakan fasilitas waterpark dari pukul 8 pagi. 

Kebetulan pas kami menginap di Batu Wonderland, anak-anak menikmati fasilitas waterpark pada sore hari. Setelah Ashar, anak-anak langsung nggak sabar untuk nyemplung ke air. :D 

Bubu di sana hanya menemani saja dan menunggu di pinggir kolam. Ada beberapa kursi dengan dengan payung tenda yang tersedia. Ada juga gazebo tertutup yang disewakan. 

hotel-batu-wonderland-waterpark

hotel-batu-wonderland-waterpark

Sore itu kondisi waterpark memang tampak ramai, tapi masih ada kursi dan meja di pinggir kolam yang kosong. Alhamdulillah Bubu jadi bisa menaruh baju anak-anak dan  menunggu di sana sambil sesekali mengambil dokumentasi.

Selain kolam waterpark utama, di sini juga terdapat kolam renang dan juga kolam dengan playground untuk anak-anak yang lebih kecil. :) 

Nah, satu hal yang Bubu suka di waterpark ini juga adalah adanya penjaga yang benar-benar memantau. Jadi Bubu beberapa kali mendengar penjaga tersebut meniup peluit dan mengingatkan pengunjung, terutama anak-anak yang berenang di waterpark.    

Karena baru mulai berenang selepas Ashar, nggak terasa jam 5 pun berlalu. Kondisi waterpark berangsur sepi dan Bubu pun mengajak anak-anak untuk menyudahi bermain airnya dan segera kembali ke kamar. :) 

Baca Juga: Predator Fun Park


Toko Oleh-Oleh di Hotel

Selain adanya waterpark, di hotel ini juga ada satu lagi fasilitas yang nggak banyak dimiliki hotel lainnya. Yes, di hotel ini ada toko oleh-oleh yang niat alias luas banget tokonya! :D 

Begitu memasuki Batu Wonderland pertama kalinya, Bubu sempat dibuat kaget. Kalau di hotel biasa, kan, masuk langsung ada lobby resepsionis, ya. Nah, kalau di Batu Wonderland begitu masuk kita bakal disambut tumpukan barang-barang yang bisa dibeli dan dijadikan oleh-oleh dari Batu. :) 

Bubu sempat membeli beberapa keripik apel dan keripik buah lainnya di tempat ini untuk camilan sekeluarga di hotel. Kalau mau untuk oleh-oleh, pilihannya ada banyaaaak banget, nggak hanya keripik buah khas Malang saja.

Dari pihak hotel tempat ini disebut sebagai department store. Ya, nggak heran dinamakan seperti itu karena memang bukan hanya ada makanan aja yang dijual di sini. 

hotel-batu-wonderland-store

Manteman juga bisa membeli berbagai pilihan baju dewasa dan anak-anak. Dari mulai baju untuk pergi-pergi sampai piyama juga ada. :) Mau ke Bromo butuh jaket tebal di sini juga ada. Sarung tangan, kacamata, ada semuanya… :D 

Sampai ke mainan anak juga ada, lho, di sini. Hati-hati bisa “ditodong” anak-anak minta dibelikan mainan, nih, kalau masuk ke department store di Batu Wonderland, hehehe… 

Bubu acungin jempol juga untuk konsep yang ditawarkan Batu Wonderland. Selain penginapan, hotel ini juga menyediakan tempat wisata sekaligus belanja untuk masyarakat. 

Oiya, untuk jam buka toko ini mulai dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam, ya. 


Playground Anak di Batu Wonderland

Di bagian dalam toko oleh-oleh atau department store di Batu Wonderland ternyata ada playground anak juga, lho. 

Lumayan banget ada playground dengan perosotan tinggi dan mandi bola. Di satu sisi juga terdapat pretend play. Anak-anak bisa pura-pura di rumah sakit, toko es krim, toko burger, dan supermarket. 

Saat Bubu, Boo, dan Mika ke playground ini sudah ada beberapa anak yang tengah bermain di dalamnya. 

playground-hotel-batu-wonderland

playground-hotel-batu-wonderland

playground-hotel-batu-wonderland

Sebenarnya playground ini bisa dibilang lumayan besar untuk ukuran playground di hotel. Tapi karena ukurannya memanjang dan nggak lebar jadi terkesan agak sempit aja. 

Apalagi permainannya pun juga besar, kan, seperti perosotan tinggi dan perosotan dengan ban. NAh, ditambah ada beberapa anak juga memang jadi terkesan padat aja, sih. 

Meski begitu anak-anak tentunya tetap menikmati saat main di playground ini… :D Jam buka playground mulai dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Nah, bisa puas, deh, anak-anak main di sini. 

Baca Juga: Mencicipi Kenikmatan Sate Hotplet Batu Malang


Kamar Untuk Sekeluarga

Bukan hanya soal fasilitas di hotel ini yang kids friendly banget menurut Bubu, tapi untuk kamar hotelnya sendiri juga didesain untuk keluarga.

Saat menginap di Batu Wonderland, Bubu sekeluarga menempati kamar tipe Junior Room di lantai dua. 

Oiya, di hotel ini tidak ada lift, ya… :) Tenang saja, Batu Wonderland hanya terdiri dari tiga lantai. Tapi lumayan juga, sih, kalau bawaannya banyak dan ada di lantai dua atau tiga… :D  

Di kamar Junior Room yang kami tempati terdapat dua kasur ukuran queen bed. Nah, ini, dia yang jarang juga ada di hotel lain. Biasanya kalau pun kamar twin beda tapi kasurnya kecil, kan. 

Makanya di kamar Batu Wonderland ini pas banget untuk sekeluarga. :) 

Dari info yang Bubu dapat dari pihak hotel semua kamar memiliki dua queen bed, ya. Jadi memang bisa diisi sekeluarga berempat. 

Namun, sayangnya tipe kamar yang Bubu pilih ini jendelanya dan balkonnya mengarah ke perumahan warga… :D 

kamar-junior-room-hotel-batu-wonderland

Kalau mau lebih cakep, Manteman bisa pilih view yang mengarah ke waterpark-nya. Tapi mungkin sepanjang waterpark buka ada banyak suara-suara dari waterpark, ya. 

Nah, berikut tipe kamar di Batu Wonderland Waterpark & Resort:

- Standart Room Only: Lantai tiga dengan balkon view perumahan.

- Junior Room: Lantai dua dan tiga dengan balkon view perumahan.

- Superior Room: Lantai 3 dengan view waterpark.

- Superior Room Non View: Lantai satu tanpa view, tanpa balkon. 

- Deluxe Room: Lantai dua dengan view waterpark. 

- Executive Room: Lantai satu dengan balkon teras sofa view waterpark. 


Dari semua tipe paling enak memang tipe Executive Room, ya. Ada di lantai satu dan akses dekat dengan waterpark. Ada sofa di terasnya lagi. Enak banget bisa buat santai di pagi dan sore hari. 

Oiya, untuk di kamar Junior Room yang Bubu sekeluarga tempati fasilitasnya juga cukup lengkap, ya. Terdapat handuk, toiletries, hair dryer, kopi, teh,  alat pemanas air, sofa, meja kerja, televisi. 

junior-room-hotel-batu-wonderland

Nah, untuk rate-nya sendiri di tipe Junior Room waktu itu Bubu kena di Rp 599 ribu. Karena menginap untuk dua malam jadi dikali dua aja. Rate tersebut sudah termasuk semua fasilitas, ya. Dan sudah termasuk breakfast juga. 


Fasilitas Breakfast dan Afternoon Coffee

Menu breakfast yang ditawarkan Batu Wonderland cukup beragam. Bubu sempat menikmati mie ayam dan aneka roti serta ada pizza juga, lho. Di menu breakfast juga ada burger, omelette, dan pastinya nasi dengan lauk pauknya. 

restoran-hotel-batu-wonderland

menu-breakfast-hotel-batu-wonderland

Namun restoran di Batu Wonderland menurut Bubu agak kurang luas, ya. Jadi beberapa meja terlihat dempet. 

Breakfast yang diberikan untuk dua orang, jika ada tambahan kalau nggak salah dikenakan biaya Rp 150 ribu. 

Selain sudah termasuk breakfast, ternyata saat sore menjelang malam pun di hotel ini juga disediakan afternoon coffee, lho. Dan ini gratis tanpa tambahan biaya apapun, bisa untuk semua penghuni kamar. 

afternoon-coffee-hotel-batu-wonderland

afternoon-coffee-hotel-batu-wonderland

Jadi kami sekeluarga sempat menikmati minum teh, kopi, dan makan berbagai macam camilan di sini, seperti pisang goreng, bubur kacang hijau, jasuke, sampai popcorn. Wah, kalau untuk urusan nyemil, sih, anak-anak udah pasti happy banget apalagi ada popcorn… :D

Gimana, nggak salah kan kalau dikatakan Hotel Batu Wonderland sebagai hotel yang family friendly banget. Dengan rate tersebut ditambah berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, menurut Bubu worth it banget, sih… :) 

hotel-batu-wonderland


hotel-batu-wonderland


Batu Wonderland Waterpark & Resort

Jl. Imam Bonjol No.17, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315

Telepon: 0341 595929

IG: @batuwonderland

Rate Junior Room: Rp 599 ribu/malam


Bubu Dita 

@rumikasjourney




Related Posts

1 komentar

  1. Ga ada lift tapi semoga ada bellboy nya 🤣. Apalagi aku tipe yg kalo traveling jauh dah pasti pakai koper besar mba 😅. Jadi inget di Belarus kemarin, ga ada lift, dan kamar kami di lt 5 🤣. Suhu di luar minus17, tapi badan kami gerah kepanasan gara2 angkut koper besar ke atas 😂

    Aku sukaaa sih hotelnya, terlepas dr ga ada lift.

    Apalagi waterparknya juga bagus. Anak2 udah dipastikan doyaan main di sini 😄

    Kangen jadinya Ama batu. Udh lama ih ga kesana ☺️👍

    ReplyDelete