Mengenal Musik Lebih Dalam di Museum Musik Dunia Jatim Park 3

by - January 21, 2024

museum-musik-dunia


Musik adalah bahasa universal yang menyatukan hati manusia. Dari ketukan gendang hingga alunan seruling, setiap nada memiliki ceritanya sendiri. 

Dari lagu berbahasa Korea, Jepang, hingga bahasa yang nggak familiar di telinga, bisa jadi kita tetap akan menikmatinya jika lagu dan musik tersebut sesuai selera kita. Iya, nggak, sih?  :) 

Ingin mengenal musik lebih dalam dengan cara yang asyik? Di Jawa Timur Park 3 (Jatim Park 3) Batu, Malang, ada tempatnya! 

Saat liburan beberapa waktu lalu ke Kota Batu, Bubu sekeluarga sempat mengeksplorasi berbagai tempat liburan yang ada di kawasan Jatim Park 3. Nah, salah satu tempat yang Bubu kunjungi adalah Museum Musik Dunia!

Asli, Bubu sama sekali nggak terlalu expect macam-macam dengan museum yang satu ini. Lokasinya ada di dalam Dino Mall, Jatim Park 3. Kelihatannya dari luar juga tempatnya nggak besar. 

Namun ternyataaaa pikiran Bubu salah. Begitu masuk ke dalam Museum Musik Dunia, wah, tempatnya luas banget dan terdiri dari 3 lantai, dong! 

koleksi-gitar-museum-musik-dunia

alat-musik-museum-musik-dunia

Asli, sih, beneran nggak kelihatan kalau Museum Musik Dunia menyimpan banyak banget koleksi alat musik sampai patung lilin. Kesemuanya itu tersimpan dengan rapi dan menarik di tiga lantai museum ini.

Oiya, Bubu masuk ke Museum Musik Dunia ini sendirian, ya, nggak bersama Yaya Indro dan anak-anak. Mereka bertiga jajan di Dino Mall sambil menunggu Bubu mengeksplorasi Museum Musik Dunia ini. :) 

Nah, sayangnya pas Bubu masuk ke museum juga pengunjungnya sedikit. Bahkan di beberapa tempat Bubu merasa sendirian aja. Alhamdulillah, sih, aman, ya. Nggak melihat yang aneh-aneh juga… Hehe… :D 

Ada apa aja yang menarik di Museum Musik Dunia? Apa saja koleksinya? Dan apa yang berkesan dari tempat ini? Yuk, simak cerita Bubu selanjutnya soal Museum Musik Dunia di bawah ini. 


Lantai 1 Museum Musik Dunia: Alat Musik Berbagai Negara 

Setelah membayar tiket masuk dan dipakaikan gelang di tangan oleh staf museum, Bubu langsung dipersilakan masuk ke dalam Museum Musik Dunia. 

Oiya museum ini lokasinya ada di lantai satu Dino Mall, ya. Jadi pas kita masuk ke mal ini dari lobby mal sudah terlihat keberadaan Museum Musik Dunia. 

Dari staf museum inilah Bubu jadi tahu kalau Museum Musik Dunia terdiri dari tiga lantai. Asli, pas ke sini, tuh, belum survei atau browsing cari info soal museum ini. Makanya Bubu nggak banyak tahu sebelumnya tentang Museum Musik Dunia. 

Nah, di lantai satu museum ini Bubu langsung melihat ada patung WR Supratman dengan bendera Indonesia di kedua sisinya. Di bawah patung WR Supratman terdapat tangga nada dan syair lagu Indonesia Raya serta dekorasi taman dan bunga mini. 

museum-musik-dunia

Wah, suka banget, deh, Bubu sama konsep ini. Meskipun namanya Museum Musik Dunia, tapi tetap ada penghargaan terhadap musik tanah air, apalagi musik dan lagu kebangsaan sendiri… :’) 

Di lantai satu ini juga terdapat banyak sekali alat-alat musik yang dipajang. Salah satu yang paling menarik di mata Bubu adalah drum set Terry Bozzio, seorang drummer legendaris dari Amerika Serikat. 

Sudah banyak karya yang dihasilkan Bozzio dari album solo hingga album dengan Frank Zappa dan grup musik lainnya. Buat para drummer pasti udah nggak asing lagi, deh, dengan nama Terry Bozzio ini. 

koleksi-drum-terry-bozzio-museum-musik-dunia

Masih di lantai satu Bubu juga melihat patung liling diva Indonesia kakak beradik, Krisdayanti dan Yuni Shara. Di samping patung lilinnya juga terdapat koleksi baju sampai mikrofon yang pernah dipakai. 

Selain itu ada juga patung lilin Ebiet G. Ade di lantai ini. Wah, nggak heran, sih, kalau mereka berada di dalam museum musik ini. Lagu-lagunya bahkan sampai kini pun masih sering Bubu dengar dan rasanya nggak lekang oleh waktu, ya. 

kd-krisdayanti-museum-musik-dunia

Hal menarik lainnya di lantai satu Museum Musik Dunia ini adalah adanya berbagai instrumen alat musik dari banyak negara. Sebut saja dari negara Korea, Jepang, India, Australia, hingga alat musik dari kawasan Timur Tengah sampai Afrika.  

Di satu bagian juga ada alat musik khas Indonesia seperti gamelan. Bahkan suara gamelan juga diperdengarkan sayup-sayup di sini. Jadi makin berasa lagi ada di museum musik, kan… :) 

museum-musik-dunia-jatim-park-3

Nah, di sebelah alat musik Indonesia juga ada satu area khusus mengenai Koes Plus! Selain ada patung lilinnya, juga ada koleksi gitar, drum, dokumentasi foto, hingga penghargaan yang pernah diraih oleh band legendaris Indonesia ini. 

Bubu kurang paham juga apakah koleksi ini hanya replika atau aslinya, ya. Mungkin bagi Manteman yang pernah ke sini dan tahu infonya boleh banget ditambahkan di kolom komentar, yaa… :) 

Dan tak hanya itu saja, di lantai satu Museum Musik Dunia kita juga bisa belajar mengenai sejarah alat musik, lho. Misalnya ada informasi menarik tentang sejarah grand piano yang mulanya hanya alat musik sederhana bernama Dulcimer. 

Alat musik tersebut kemudian berkembang dan semakin berkembang hingga menjadi grand piano seperti saat ini. Di dekat grand pano ini juga ada patung lilin penyanyi legendaris Indonesia, Chrisye. Ada yang masih ingat sama lagunya? 


koes-plus-museum-musik-dunia

museum-musik-dunia-sejarah


Manteman masih suka mendengarkan radio di rumah? Kalau Bubu sudah nggak pernah lagi melakukannya. Punya radio aja juga nggak… :D Nah, sebelum naik ke lantai dua, ada koleksi radio-radio antik yang bisa dilihat juga oleh pengunjung museum.

Baca Juga: Predator Fun Park Batu Malang


Lantai 2 Museum Musik Dunia: Musik Pop Dunia

Beranjak ke lantai dua museum ini, Bubu makin terpesona lagi. Di sinilah tempatnya berbagai patung lilin para musisi dunia! 

Pose para anggota The Beatles yang iconic sedang menyeberang jalan di Abbey Road juga ada, lho, di museum ini. Alhamdulillah di lantai dua juga ada staf museum yang memfoto Bubu bersama The Beatles… :D 

the-beatles-museum-musik-dunia

Selain The Beatles ada juga Elvis Presley, Bob Marley, Eric Clapton, Bon Jovi, Kiss, Celine Dion, Whitney Houston, dan tentu saja King of Pop Michael Jackson. 

Penyanyi Adele, JLo, Lady Gaga, sampai Justin Bieber dan Psy juga ada di sini. Sayangnya belum ada area khusus musik KPop, nih, di Museum Musik Dunia. Jadi Bubu nggak melihat ada BTS… :D Semoga, ya, nanti koleksi patung lilin di museum ini bisa bertambah dengan idol KPop juga, termasuk BTS… Hehehe… 

Selain musisi dunia, di lantai dua ini juga ada, kok, patung lilin musisi Indonesia, seperti Ari Lasso, Ermy Kulit, dan juga God Bless. 

god-bless-museum-musik-dunia

museum-musik-dunia-jatim-park-3

museum-musik-dunia-jatim-park-3

museum-musik-dunia-jatim-park-3

Oiya, selain patung-patung lilin, di lantai dua museum juga dijelaskan informasi mengenai perkembangan atau sejarah musik pop dunia. 

Hal yang Bubu suka di lantai dua museum ini juga dekorasi di setiap artisnya juga berbeda. Banyak spot fotonya juga lagi di sini. 

Nah, di salah satu website Bubu sempat membaca juga kalau di museum ini ada bagian musik dangdut, dengan patung liling Rhoma Irama, Inul, dan Ayu Ting Ting. Namun saat Bubu di museum itu perasaan Bubu kok nggak melihatnya, ya.  

Sempat, sih, Bubu melihat ada bagian yang ditutup seperti sedang direnovasi. Mungkin saja di bagian itu, ya. 

Nah, setelah puas berkeliling di lantai dua, Bubu melanjutkan lagi eksplorasi di Museum Musik Dunia ke lantai tiga. 


Lantai 3 Museum Musik Dunia: Musik Klasik

Pada lantai tiga museum ini temanya adalah musik klasik. Ada patung lilin Luciano Pavarotti, maestro opera dunia yang menyambut pengunjung di lantai tiga. 

musik-klasik-museum-musik-dunia-jatim-park-3

Bubu sempat takjub juga begitu sampai di lantai paling atas ini. Betapa tidak, kita seperti masuk ke dalam concert hall yang besar dan luas dengan beberapa lampu kristal tergantung di atasnya!

Nah, sebelum sampai di tengah hall-nya ada berbagai alat musik yang menjadi koleksi museum ini, seperti baby piano Hornung & Moller. 

Hornung & Moller ini adalah tempat pembuatan piano di Denmark yang beroperasi dari 1827 - 1972. 

Selain itu ada juga alat musik unik, yaitu Decap Dance Organ Extra Spezial 105 T. Alat musik ini merupakan gabungan beberapa alat musik seperti organ synthesizer, drum, terompet, akordion, dan xylophone.

Alat musik yang dibuat di Belgia pada 1978  ini bisa berbunyi secara otomatis menggunakan tenaga angin.  Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi dansa.

musik-klasik-museum-musik-dunia-jatim-park-3

concert-hall-museum-musik-dunia-jatim-park-3


Masih banyak lagi koleksi alat musik antik dan klasik di sini. Selain itu ada juga pemutar musik, seperti fonograf dan gramafon. 

Bubu nggak lama ada di lantai tiga ini karena Yaya dan anak-anak sudah menunggu di bawah. Apalagi Bubu juga cuma sendirian, nih, di ruangan lantai tiga yang sangat besar ini. 

Yap, asli nggak nyangka banget, kan, Museum Musik Dunia yang kelihatannya dari luar nggak besar, ternyata di dalamnya terutama lantai tiga begitu megah dan besar! :) 

Baca Juga: Hotel Batu Wonderland Waterpark Resort 


Harga Tiket Masuk Museum Musik Dunia

Dengan pengalaman mendapatkan informasi baru seputar musik, bisa melihat banyak banget patung lilin seperti halnya di Madame Tussaud, menurut Bubu tiket masuk ke Museum Musik Dunia worth it, ya. 

Apalagi patung lilin yang ada di museum ini cukup mirip dengan aslinya. :) 

Berikut harga tiket masuk dan jam operasional museum:

Weekday Rp 40 ribu

Weekend Rp 55 ribu

Jam operasional:

Senin-Minggu 11.00 - 19.00 WIB


Gimana? Manteman tertarik nggak, sih, untuk main berkunjung ke Museum Musik Dunia juga? :D 



Museum Musik Dunia

Jawa Timur Park 3

Dino Mall Lantai 1

Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236

(0341) 5103030

IG: @museummusikdunia_jtp3



Bubu Dita

@rumikasjourney






Related Posts

7 komentar

  1. Di Jatim Park banyak museum atau wahana lainnya, ya, Mba? Jadinya bisa sekaligus mengunjungi yang lain. Atau mungkin kalau museumnya selengkap ini jadi perlu waktu seharian juga buat menjelajah.

    ReplyDelete
  2. wih saya baru tahu nih ada museum musik dunia di Jatim Park. ke museum angkut aja blum kesampean, sekarang liat museum musik jadi tambah penasaran juga pengen liat langsung kesana haha. Setidaknya dengan baca tulisan bubu aku bisa bayangin sedikit apa aja yang ada di museum musik. semoga segera ada rejeki dan kesempatan buat jalan2 ke Malang lagi. duh cant waitt

    ReplyDelete
  3. Patung musisinya bikin salfok kak, kaya kelihatan asli. Kirain beneran ada Ahmad Albar. Seru banget apalagi aku suka sama musik, jadi bakal tambah pengetahuan terkait perkembangan musik dan jenis jenis musik.

    ReplyDelete
  4. Baru ini tahu ada museum musik. Bisa sambil belajar sejarah musik juga ya. Tapi kudu ke Jatim Park dulu sih ya ini. Agak jauh dari Bekasi. Tapi boleh lah masuk wishlist kalo nanti ke Malang lagi sama anak-anak

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen main ke musium musik, berkali-kali ke Malang gak pernah sempat mampir

    ReplyDelete
  6. Cocok banget anak anak diajak ke sini. Terlebih yang suka musik. Museumnya lengkap dan banyak pengenalan alat musiknya. Seru deh

    ReplyDelete
  7. Wah ini seperti museum Madame Tussaud tapi versi musik lengkap dengan kearifan lokal. Ngajak Zinan ke sini sambil bikin riset untuk homeschooling kayanya seru nih. Oya aku perhatikan di Jatim Park emang banyak banget ya tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Duh mesti nabung dari sekarang nih biar bisa ajak keluarga ke sana.

    ReplyDelete