Tips Sukses Bisnis Rumahan: Tetap Fokus Pada Tujuan!

by - February 15, 2024

 tips-sukses-bisnis-rumahan


Adakah Manteman yang awalnya bekerja kantoran kemudian beralih menjadi memiliki bisnis rumahan? 

Menjalankan bisnis dari rumah saat ini masih berpotensi besar dalam meraup cuan. Hanya saja tentu meski bisa dibilang waktunya fleksibel karena dikerjakan di rumah, tetap saja akan ada tantangan dan tekanan dalam menjalankan bisnis rumahan. 

Bisa diibaratkan memiliki bisnis seperti halnya sebuah anak panah melengkung yang baru dilepas dari busur. Manteman ada yang pernah memperhatikan hal ini? Saat anak panah dilepas dari busur, bentuknya melengkung dan agak bergetar atau bergoyang.

Bentuk lengkungan anak panah adalah hasil dari tekanan yang didapatnya dari tali busur. Namun setelah melalui tekanan dengan adanya transfer energi kinetik dari busur ke anak panah, lambat laun anak panah akan lurus menuju tujuannya. 

Begitu pula dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis rumahan. Pasti ada saja tekanan yang akan dirasakan oleh pelaku bisnis. Tapi jika tetap fokus pada tujuan, segala tekanan dan rintangan bisa dihadapi dan diselesaikan. 

Untuk Manteman yang baru berpikir ingin menekuni bisnis rumahan, Bubu coba berikan beberapa permasalahan yang mungkin akan dihadapi, ya. Tentu saja di akhir nanti juga akan ada beberapa tips sederhana supaya bisnis rumahan tetap berjalan dan bisa menghasilkan cuan maksimal. 


Rintangan dan Hambatan dalam Mengelola Bisnis Rumahan

Seperti yang Bubu bilang di awal, bisnis rumahan boleh jadi memiliki fleksibilitas dibanding kerja kantoran. Kita dapat mengatur waktu kita sendiri dalam menjalani bisnis di rumah. 

Namun, dibalik waktu yang fleksibel, terdapat berbagai hambatan dan rintangan yang perlu dihadapi para pengusaha rumahan.

1. Tantangan Manajemen Waktu 

Tanpa struktur dan pengawasan kantor, pengusaha rumahan perlu memiliki disiplin diri yang tinggi untuk mengatur waktu dan menyelesaikan tugas. Manajemen waktu yang efektif, termasuk membuat daftar tugas, memprioritaskan pekerjaan, dan menghindari multitasking, menjadi penting untuk mencapai tujuan bisnis.tentunya 

Bila ingin memulai bisnis rumahan, dari sekarang Manteman sebaiknya memiliki tanggung jawab dalam mengatur waktu. Membuat jadwal harian jadwal mingguan, sampai jadwal bulanan tentu sangat dibutuhkan. 


2. Keterbatasan Sumber Daya dan Support System

Bisnis rumahan biasanya memiliki akses yang lebih terbatas terhadap sumber daya dibandingkan dengan perusahaan besar. Hal ini dapat mencakup akses ke modal, teknologi, dan jaringan profesional. 

Manteman yang ingin menjalani bisnis rumahan tentunya perlu lebih kreatif dalam memanfaatkan sumber daya yang tersedia, seperti memanfaatkan platform online, komunitas, dan sumber daya lainnya. Bahkan sekarang bisa juga menjalankan bisnis rumahan tanpa modal, lho! 


3. Kendala Pemasaran dan Penjualan

Menjangkau pelanggan serta memperkenalkan produk atau jasa bisnis rumahan juga menjadi tantangan besar bagi pengusaha rumahan. Strategi pemasaran yang efektif, seperti memanfaatkan media sosial, SEO, dan jaringan online, menjadi penting. 

Mau tidak mau menjalani bisnis rumahan juga perlu melek teknologi, termasuk untuk urusan branding di media sosial, dan lainnya. 


4. Kurangnya Motivasi

Bekerja sendiri di rumah bisa jadi dapat memicu perasaan kesepian yang berakibat pada kurangnya motivasi. 

Karena itulah meski menjalankan bisnis dari rumah, bersosialisasi dengan sesama pengusaha di komunitas, belajar tentang pengembangan usaha di berbagai platform online, dan kegiatan lainnya diperlukan juga bagi pengusaha rumahan. 


5. Pembagian Urusan Personal dan Pekerjaan

Nah, ini dia tantangan saat memiliki bisnis rumahan. apalagi kalau bukan pembagian urusan personal dan pekerjaan. Meski dilakukan di rumah sebaiknya memang lakukan pekerjaan dengan profesional, termasuk jam kerja, ya. 

Jangan sampai karena di rumah waktu bekerja pun jadi melebihi batas sehingga membuat burnout! 

Jika bosan, Manteman juga bisa melakukan pekerjaan di luar, seperti kafe, taman atau tempat yang representatif lainnya. 


Tips Sukses Bisnis Rumahan

Nah, itu tadi beberapa rintangan dalam bisnis rumahan. Sekarang kita bahas, yuk, tips apa saja yang bisa dilakukan supaya bisnis rumahan makin berkembang dna terus berjalan. 

1. Fokus pada Tujuan

Saat menghadapi rintangan, ingat kembali tujuan yang ingin Manteman capai dalam melakukan bisnis rumahan ini. 

Misalnya saja bisnis rumahan bertujuan mengumpulkan pendapatan untuk biaya sekolah anak kuliah, untuk umroh dan haji, serta tujuan-tujuan lainnya. 

Dengan mengingat tujuan biasanya kita jadi lebih semangat dan tidak mudah menyerah dalam menjalankannya.  


2. Buat Perencanaan Bisnis yang Matang

Rencanakan bisnis dengan detail, mulai dari visi dan misi, target pasar, strategi pemasaran, hingga proyeksi keuangan. Perencanaan yang matang akan membantu dalam menentukan langkah-langkah strategis dan meminimalkan risiko kegagalan. Tapi yang lebih utama tentu saja, mulai aja dulu! akan berkembang. 


3. Kelola Keuangan dengan Baik

Selain mengelola waktu, mengelola keuangan dengan baik juga bisa membuat bisnis rumahan akan berkembang. Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis untuk menghindari risiko finansial.


4. Manfaatkan Teknologi dan Platform Digital

Gunakan teknologi dan platform digital untuk memasarkan produk atau jasa bisnis rumahan yang Manteman jalankan. Sekarang banyak platform yang bisa membantu dalam menjangkau pelanggan dan membangun branding usaha. . 


5. Bangun Reputasi 

Meski dijalankan di rumah, kita usahakan untuk memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan membangun komunikasi yang baik, menjaga kualitas produk atau jasa, serta komitmen terutama terkait masalah waktu. 

Dengan reputasi yang baik akan membangun kepercayaan pelanggan. Ini juga jadi kunci sukses bisnis yang berkelanjutan. 


6. Terus Belajar dan Mengembangkan Diri

Dunia bisnis selalu berkembang pesat. Karena itulah, penting untuk terus belajar dan mengikuti tren terbaru. Kita bisa mengikuti berbagai seminar, training atau workshop bisnis. 

Selain itu, kita juga bisa mengikuti berbagai komunitas bisnis untuk menambah jaringan. Di komunitas ini biasanya juga bisa saling belajar satu sama lain dalam mengembangkan bisnis rumahan. 


Yuk, semangat untuk mengelola bisnis rumahan kita supaya makin maju dan berkembang. 



Bubu Dita 

@rumikajsourney


Related Posts

0 komentar