The Legend Star Jatim Park 3, Tempat Bertemu Tokoh-Tokoh Terkenal Dunia!

by - February 16, 2024

 the-legend-star-jatim-park-3


Pilihan tepat ketika wisata ke Batu, Malang dan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Asli, sih, tempat wisata ini di luar ekspektasi Bubu… :D

Dari luar terlihat biasa saja. Namun begitu membeli tiket lalu masuk ke dalamnya, wah, langsung takjub, deh, Bubu. Tempatnya besar dan luas sekali! 

Ya, ini dia The Legend Star yang berlokasi di Jawa Timur Park 3 atau Jatim Park 3. :) 

Kalau di beberapa kota di dunia ada Museum Madame Tussauds yang berupa museum patung lilin dengan tokoh terkenal di dunia, nah, di Jatim Park 3 ini ada The Legend Star!

Bukan hanya akan ketemu tokoh-tokoh terkenal di dunia aja tapi di The Legend Star ini juga seniat itu membuat area tempat wisatanya. 

Ada yang sudah pernah ke tempat ini? Kalau sudah, mana, nih, spot yang jadi favorit kamu di The Legend Star??? :D

Buat yang penasaran seperti apa The Legend Star, yuk, Bubu ajak jalan-jalan ke tempat wisata ini dari tulisan dan foto-foto Bubu… :0 Siapa tahu Manteman yang baca dan belum pernah ke The Legend Star jadi tertarik juga wisata ke tempat ini… 


Replika Istana Negara

Masuk ke dalam The Legend Star, pengunjung akan disuguhi dengan beberapa rusa yang mengingatkan Bubu seperti di Istana Bogor. Dan memang beberapa langkah dari kandang rusa tersebut ada Istana Negara!

Memang bukan Istana Bogor, tapi Istana Negara yang berada di Jakarta. Kelihatannya, sih, seperti kecil, ya, bangunannya tapi pas masuk ke dalam istana setelah disambut oleh petugas berpakaian merah, wah, baru, deh terlihat bukan main luas dan megahnya!

Di dalam ruangan besar itu tergantung chandelier yang besar. Ditambah karpet merah juga membuat ruangnya terasa seperti di Istana betulan. Apalagi ada patung lilin Pak Jokowi yang cukup mirip aslinya seperti sedang berpidato. 

Di dua sisi tembok terdapat foto-foto para presiden dan wakil presiden yang pernah memimpin negeri kita. 

Ada juga tirai-tirai berwarna merah dan kursi besar  yang semakin membuat suasana di ruangan ini seperti di dalam Istana Negara. 

istana-negara-the-legend-star-jatim-park-3

istana-negara-the-legend-star-jatim-park-3

Melangkah ke ruangan-ruangan berikutnya ada ruang makan istana yang memiliki meja panjang dan diujungnya terdapat patung lilin Gus Dur sedang duduk di kursi. Ada pula ruangan kerja presiden. 

Masih dengan tema presiden, Bubu sekeluarga juga melihat patung liling Pak Habibie dan Bu Ainun yang duduk berdampingan di ruangan perpustakaan. 

Lalu ada pula patung lilin Gus Dur yang juga sedang duduk santai memakai sarung dengan tema pedesaan. Duh, Bubu seneng banget ada patung lilin Gus Dur. Mengingatkan Bubu sama Alm. papa soalnya perawakannya memang mirip Gus Dur… :D Al Fatihah…..

gus-dur-the-legend-star-jatim-park-3

Lalu, di mana patung lilin presiden lainnya. Nah, Bubu nggak melihat, nih, patung lilin presiden Soekarno, Soeharto, Megawati dan SBY. Hmmm, mungkin lagi proses pembuatan, ya.

Nah, di beberapa ruangan juga ada informasi mengenai kegiatan-kegiatan presiden dan jasa-jasanya. Ada juga satu sisi dinding yang berisi informasi mengenai Ibu Kota Negara (IKN). 


Pahlawan Nasional Indonesia

Lanjut ke tema berikutnya, terdapat patung-patung para pahlawan nasional Indonesia. 

Bubu melihat Imam Bonjol dengan gamis dan sorban putihnya. Ada juga Pattimura yang membawa senjata seperti gambarnya di uang kertas. 

pahlawan-nasional-the-legend-star-jatim-park-3

Selain itu dengan kostum baju merah ada Sultan Hasanuddin dari Makasar dan ada pula Bung Tomo yang memakai setelan baju prajuritnya. 

Di belakang patung-patung tersebut juga terdapat informasi tentang perjuangan mereka. 

Baca Juga: Dino Mall Jatim Park 3


Calon Raja dan Ratu Inggris

Nggak nyangka bisa ketemu calon Raja Inggris di sini! Ya, kapan lagi, nih, bisa foto bareng Pangeran William dan Kate Middleton. :D

Di The Legend Star terdapat tema Kerajaan Inggris. Pengunjung bisa duduk di kursi kerajaan dengan diapit Pangeran dan Putri yang berdiri. 

kerajaan-inggris-the-legend-star-jatim-park-3

Nggak hanya itu aja di tema Kerajaan Inggris ini juga terdapat patung lilin para pengawal kerajaan dengan kostumnya yang ikonik, yaitu baju merah dan tutup kepala tinggi warna hitam… :) 

Nggak jauh dari tema Kerajaan Inggris juga ada patung lilin beberapa tokoh dunia kepala negara, seperti mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, dan lainnya.

Ada juga tokoh lain, seperti Bunda Teresa, Dalai Lama, hingga Albert Einstein. 


Bersama Para Juara

Dan di tema inilah sebenarnya alasan utama kami sekeluarga memilih The Legend Star jadi salah satu tujuan wisata saat liburan ke Batu, Malang. 

Jadi Mika pingin banget ketemu Ronaldo. Iya, Christiano Ronaldo, pesepakbola dunia asal Portugal itu. 

Nah. sampai akhirnya Bubu tahu kalau di The Legend Star juga terpajang patung lilin Ronaldo. Mika pun langsung pingin banget buat melihatnya langsung. Alhasil kami sekeluarga memilih wisata ke The Legend Star ini! :D 

Di The Legend Star terdapat tema olahraga di mana ada banyak sekali patung lilin atlet-atlet dunia di dalamnya. 

Dan alhamdulillah Mika dan Boo bisa “ketemu langsung”, nih, dengan Ronaldo! Hehehe… 

Christiano Ronaldo di sini sudah memakai jersey klub terbarunya asal Arab Saudi, Al Nassr. 

Hanya saja patung lilin Ronaldo di sini Bubu melihatnya seperti pas masih mudah kayaknya, yaa.. Mukanya juga agak tirus dibanding sekarang… :D Meski demikian, Mika dan Boo tetap senang, sih, pastinya ketemu Ronaldo. 


ronaldo-the-legend-star-jatim-park-3

messi-the-legend-star-jatim-park-3

Nah, apalagi juga ada patung rivalnya, yaitu Lionel Messi! Patung lilin Lionel Messi juga mengenakan jersey Inter Miami. 

Bubu pun juga ketemu idola Bubu sejak lama. Siapa lagi kalau bukan David Beckham! Hehe… 

Tak hanya pesepakbola, ada banyaaaak banget para juara di tema olahraga ini. Dari pebalap Valentino Rossi, petinju Mike Tyson, petenis Rafael Nadal, pebasket Kobe Bryant dan Yao Ming, petenis Serena Williams, sampai perenang Michael Phelps ada di The Legend Star. Dan masih ada beberapa patung lilin atlet lainnya. 

atlet-dunia-the-legend-star-jatim-park-3

Satu hal yang Bubu suka banget dari tema olahraga ini adalah bukan cuma patung lilinnya aja yang berdiri di sana, tapi dilengkapi juga dengan interior ruangan yang memikat. 

Bayangin aja di dalamnya ada mini lapangan basket, mini lapangan badminton, mini ring tinju yang bisa digunakan kita untuk foto-foto. 

ring-tinju-the-legend-star-jatim-park-3

the-legend-star-jatim-park-3

Yaya Indro yang biasanya kalem nggak minta foto, tiba-tiba di The Legend Star langsung aktif banget pose sana-sini buat difoto.. :D 

Seru banget, sih tema olahraga ini. Ditambah lagi pada bagian sepak bola juga dipajang replika piala dan banyak jersey dari berbagai klub sampai ada juga yang bertanda tangan asli pemainnya, lho!

Tak lupa beberapa pemain legendaris, seperti Pele dan Johan Cruyff juga mendapat tempat di sini. 

Baca Juga: Museum Musik Dunia Jatim Park 3


Ruang Oval di White House

Dari tema olahraga, kita ke tema negara lagi, yuk. Kali ini setelah keluar dari ruangan tema olahraga, Bubu sekeluarga berada di outdoor. Dan dari situ tampak bangunan seperti White House atau kediaman resmi Presiden Amerika Serikat di Washington DC! 

Karena saat ke sana lagi musim liburan di bulan Desember, jadilah dekorasi di bagian depannya dekorasi Natal. Semarak banget dengan adanya pohon natal, patung santa, snowman, dan salju-saljuan. 

Nah, masuk ke dalam miniatur White House, kami langsung deh menuju Ruang Oval! 

Ruang Oval ini termasuk ruangan yang ikonik banget di Gedung Putih. Di ruangan ini biasanya Presiden AS menerima tamu dan karena bentuknya yang oval sehingga memudahkan untuk pandangan ke segala penjuru. 

ruang-oval-gedung-putih-the-legend-star-jatim-park-3

the-legend-star-jatim-park-3

Nah, di Ruang Oval ini terdapat replika meja Resolute, karpet biru,khas Ruang Oval, dan tentu saja patung lilin Presiden AS yang punya kedekatan dengan Indonesia, Barack Obama. 

Masih di dalam White House juga terdapat patung lilin Presiden AS lainnya, seperti Abraham Lincoln. Ada juga foto  beberapa presiden yang terpajang di dinding White House. Selain itu ada juga mimbar konferensi pers di dalamnya. 


Jalan-jalan ke Belanda & Santorini

Lepas dari White House, kami keluar dan mendapati banyak bangunan khas Eropa. Sebelumnya, Bubu sekeluarga masuk ke dalam replika Bandara Schipol di Amsterdam, Belanda.

Di bangunan ini terdapat lounge KLM dan tentunya beberapa spot foto yang menarik. 

Dari bandara, barulah beberapa bangunan khas Eropa terlihat lebih jelas. Di beberapa bangunan juga terdapat toko, lho., baik toko makanan dan minuman hingga toko souvenir. Lucu, deh, ornamen dan dekorasinya Belanda banget. 

the-legend-star-jatim-park-3

the-legend-star-jatim-park-3

Di dekat bangunan Belanda, ada juga bangunan khas Santorini Yunani. Dengan warna dominan putih dan biru, tempat ini bisa jadi spot foto estetik buat para pengunjung.  Ditambah ada beberapa bean bag untuk bersantai. 

Kalau Bubu sekeluarga, sih, lewat aja. :D Anak-anak, tuh, suka males banget buat didokumentasikan… :D Dan karena masih banyak spot yang mereka belum jelajahi, alhasil jalan teruuuus… 

santorini-the-legend-star-jatim-park-3


Ketemu BTS!

Rasanya The Legend Star juga nggak mau ketinggalan buat memanjakan para Army, nih! 

Di spot tema Korea, Bubu melihat ada replika Istana dan beberapa standing character member BTS berdiri di dalamnya! :D Standing character BTS ini sedang memakai baju Hanbok khas Korea. Jadi pas ya sama tema kerajaan masa Joseon… :) 

Selain itu, foto semua member BTS juga terpajang di bagian luar istana. Alhamdulillah sempet difotoin sama Yaya di sini.. Hihihi… 


bts-the-legend-star-jatim-park-3

korea-the-legend-star-jatim-park-3

Oiya, di tema Korea ini pengunjung bisa menyewa Hanbok juga, lho. Kalau nggak salah harga sewanya sekitar Rp 50 ribu. 

Lumayan banget, nih buat Manteman yang mau foto ala di Korea dengan baja khasnya bisa coba sewa di sini!

Baca Juga: Infinite World Jatim Park 3


Serasa di Jepang & Cina

Nah, mirip seperti di Korea, di Legend Star juga ada tema Jepang dan Cina. Di sini juga pengunjung bisa sewa baju khasnya, ya. Ada kimono dari Jepang serta Hanfu dan Cheongsam dari Cina. 

Kalau di tema Jepang ini bangunannya juga dibuat mirip seperti di Jepang. Ada replika Kuil Arakura, Kuil Sensoji, hingga rumah khas Jepang yang salah satunya dijadikan atraksi Hantu Rumah Jepang. Seru, ya. 

Di sini juga terdapat beberapa tempat makan khas bergaya Jepang dengan jalanan kecil seperti di Jepang. Ada banyak bendera Jepang juga pohon bunga sakura artifisial. 

jepang-the-legend-star-jatim-park-3

Nah, kalau di tema Cina, kita seperti diajak ke Kota Terlarang, Beijing! Di sana terdapat replika istana dan yang menariknya pada bagian depan istana terdapat patung karajter Kung Fu Panda! :D  

Di spot Cina ini juga banyak dekorasi lampion dan warna merah yang dominan, ya. 

cina-the-legend-star-jatim-park-3


Ada Gladiator dan Colosseum

Area Legend Star ini memang benar-benar luas banget, lho! Bubu sekeluarga, tuh, muter kayak nggak ada habisnya! :D 

Dan kami juga menemukan tema Romawi dengan bangunan khas colosseum dan patung para prajurit Roma dengan gladiator! Keren banget!

the-legend-star-jatim-park-3

Boo dan Mika bahkan sempat naik ke atas bangunan dan duduk layaknya Raja Roma yang sedang menonton dari atas ketinggian. :D 


Laga Era Majapahit

Nah, senangnya di Legend Star ini meski banyak replika dari mancanegara tapi ada juga replika khas negeri sendiri. 

Pernah melihat serial kolosal tentang kerajaan di Indonesia? Nah, di sini ada, nih replika bangunan yang khas seperti pada zaman Kerajaan Majapahit. :) 

the-legend-star-jatim-park-3

Bata-bata tersusun rapi membuat gerbang. Ada juga rumah khas Jawa dan beberapa patung batu. Tak kurang tanaman hijau disekelilingnya. Udah persisi, ya, seperti negara kita… :)


Bintang Film Dunia

Usai berkeliling ke penjuru dunia, akhirnya kami sekeluarga sampai juga di spot terakhir yang ada di Legend Star Jatim Park 3 ini. 

Di sinilah Bubu melihat banyak bintang film Hollywood yang menjadi karakter ikonik mereka. Mulai dari Johnny Depp (Pirates of Carribean), Arnold Schwarzenegger (Terminator), Vin Diesel dan Paul Walker (Fast and Furious), Hugh Jackman (Wolverine), hingga bintang pemeran Marvel Universe (Spiderman, Hulk, Iron Man, Captain America, sampai Thor)

the-legend-star-jatim-park-3

the-legend-star-jatim-park-3

the-legend-star-jatim-park-3

Satu lagi yang bikin takjub ada replika helikopter yang nyangkut di atap hingga ke bawah ruangan! Niat banget, kan, ya bikin propertinya… Hehehe

Selain itu di tema ini juga ada patung lilin para jagoan Asia, seperti Jackie Chan dan Jet Li! 

the-legend-star-jatim-park-3


Fasilitas di Legend Star Jatim Park 3

Dengan tempat seluas ini, Legend Star Jatim Park 3 juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Ada beberapa kafe beragam tema juga ada yang kedai yang menjual camilan serta minuman. 

Untuk toilet tentunya juga ada, ya. Bubu pun sempat buang air kecil di toilet yang berada di Istana Negara. Toiletnya cukup bersih. 

Nah, untuk anak-anak juga pasti bakal seneng, nih, soalnya di dalam Bubu melihat ada playground dengan berbagai macam permainan anak. Kalau nggak salah lokasinya di dekat tema Jepang dan Cina, ya. 


Harga Tiket Legend Star Jatim Park 3

Dengan tempat seluas ini dan banyak banget koleksi patung lilinya, menurut Bubu tiket masuknya masih affordable. Berikut harga tiket masuk The Legend Star Jatim Park 3, ya:


Weekday: Rp 70 ribu

Weekend: Rp 90 ribu


The Legend Park juga memiliki beberapa harga tiket bundling dengan tempat wisata lainnya yang ada di kawasan Jatim Park 3.

Nah, untuk dapat harga tiket yang lebih murah, bisa banget nih buka aplikasi Traveloka dan cek di Traveloka Xperience

Untuk harga tiket weekday cuma Rp 60 ribu aja dan untuk harga weekend juga cuma Rp 70 ribu aja. Mash bisa dapat potongan harga lagiiii! :D

Nah, untuk jam operasionalnya The Legend Star buka dari pukul 11.00 - 20.00, ya. Dan di Jumat-Minggu jam tutupnya pukul 21.00. 

the-legend-star-jatim-park-3


Gimana? Tertarik buat main ke The Legend Star di Jatim Park 3 ini? Di sini Manteman bisa sampai seharian, sih, apalagi kalau niat banget buat mendokumentasikannya. 

Saran Bubu juga kalau ke sini sekalian sama fotografer pribadi, deh, biar bisa makin puas foto dan dapat dokumentasi yang banyak dan bagus. Hehehe… 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar