Variasi Bekal Piknik Lezat Bergizi Seimbang Dengan So Good

21 comments


Hampir setiap akhir pekan, Bubu Dita, Yaya Indro, Boo, dan Mika meluangkan waktu untuk jalan-jalan. Enggak harus jalan-jalan yang jauh ke luar kota, menikmati pagi di akhir pekan di dekat rumah kami di Depok juga seru! Sekedar berkeliling taman kota atau jogging di area kampus yang luas di Depok enggak kalah asyiknya.

Nah, biasanya pagi menjelang Subuh sebelum berangkat, Bubu Dita sudah oprek-oprek di dapur menyiapkan bekal sarapan pagi untuk jalan-jalan. Lumayan, kan, bisa menghemat. Jadi, tidak perlu beli makanan di luar. Ya, kadang-kadang kalau lagi malas masak, akhirnya beli juga, sih. Hihihi... Tapi sebisa mungkin saya usahakan untuk membawa bekal dari rumah.

Seperti halnya minggu lalu, kami sekeluarga berencana piknik ke Puncak. Yaya Indro ingin berangkat pagi agar kami tidak terjebak macet. Walaupun hanya jalan-jalan dan menginap semalam di kemah, persiapannya rempong juga, Mak! :D Bawaan Boo dan Mika lumayan banyak, termasuk baju, baju hangat, jas hujan, susu, dan diapers Mika.

Tadinya saya tidak ingin membawa bekal, tapi, kok, ya, pada akhirnya meski hanya punya waktu mepet untuk siap-siap, secara otomatis badan ini langsung ke dapur dan cuuus menggoreng nugget So Good. :) Iya, kayaknya ada yang kurang aja kalau jalan-jalan tapi enggak bawa bekal. Cukup menyiapkan nugget, sangat praktis, tidak butuh waktu lama, dan bekal pun siap dibawa.

Nasi dan nugget lumayan cukup mengisi perut di pagi hari saat di perjalanan. Nah, tapi apa yang saya siapkan sebagai bekal tersebut sebenarnya masih belum memenuhi gizi seimbang.  Jika memiliki waktu lebih untuk menyiapkan bekal memang sebaiknya buatlah bekal piknik dengan memenuhi standar gizi seimbang. Seperti apa?


BEKAL PIKNIK BERGIZI SEIMBANG
Pedoman Gizi Seimbang mengacu pada Nutrition Guide for Balaced Diet, yang merupakan hasil kesepakatan konferensi pangan dunia pada 1992. Apa pentingnya Gizi Seimbang? Mengapa penting? Manfaat yang didapat dari gaya hidup sehat dengan gizi seimbang ternyata bisa dirasakan sehari-hari, antara lain berat badan ideal, kognitif yang baik, menghilangkan stres dan menjaga mood, juga untuk mencegah penyakit berbahaya hinggap ke tubuh kita.

Dalam pedoman Gizi Seimbang itu disebutkan empat pilar yang harus dijalankan agar kebutuhan gizi seorang manusia dapat tercukupi, yaitu mengonsumsi makanan beragam, membiasakan perilaku hidup sehat dan bersih, melakukan aktivitas fisik, dan memantau berat badan.

Yes,  mengonsumsi makanan beragam ternyata memang penting banget. Jadi sebaiknya dalam satu kali makan, kita tidak hanya makan satu atau dua jenis makanan saja, tetapi harus beragam karena dalam makanan tertentu terdapat sumber gizi yang tidak ada di makanan  yang lain. Tidak ada satu pun jenis makanan yang mengandung semua gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Iya, kan?

Seperti apa makanan dengan gizi seimbang dalam satu kali makan? Komposisi menu piring gizi seimbang bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Dok. @sogoodid

Dok. @sogoodid

Ya, tobatlah saya yang biasanya hanya mengonsumsi karbohidrat dan protein aja. Hehehe... Jadi, supaya kebutuhan gizi dalam tubuh dipenuhi, sayuran dan buah juga menjadi elemen yang sangat penting dan jangan dilupakan. Gabungan komposisi antara sayuran dan buah saja sudah mencapai 50%, lho. Usahakan selalu memakan sayuran dan buah sehari-hari.

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, sayur dan buah-buahan juga mengandung serat yang membantu usus agar bekerja lebih baik. Selain itu kandungan antioksidan pada buah dan sayur juga membantu menjaga kesehatan tubuh. Orang-orang yang mengonsumsi banyak buah dan sayur memiliki risiko lebih rendah terkena masalah kesehatan yang serius.

Untuk karbohidrat pun tidak melulu harus nasi. Bisa divariasikan degan sumber karbohidrat lainnya, seperti kentang, jagung, gandum, dan lainnya. Untuk memenuhi protein, pilihannya juga banyak sekali. Ikan, daging, ayam, telur, seafood, hingga kacang-kacangan bisa jadi pilihan.

Protein termasuk protein hewani sangat dibutuhkan tubuh, apalagi bagi anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang. Karena itulah kebutuhan protein anak-anak terbilang tinggi. Manfaat protein bagi tubuh pun sangat banyak, mulai dari pembentuk sel hingga dapat mencegah terjadinya masalah kurang gizi dan stunting.

Baca Juga: Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang Bersama So Good

Untuk kebutuhan protein hewani keluarga, Bubu Dita kerap mempercayakannya pada produk-produk So Good. Produk-produk So Good tidak hanya enak tapi juga aman, bergizi, dan dapat mencukupi kebutuhan protein hewani untuk tubuh.

So Good memiliki kandungan protein yang baik, dibuat dari daging pilihan, dan diolah secara higienis dengan proses pengolahan moderen serta pengawasan mutu ketat. So Good chicken nugget dan sejenisnya ternyata juga telah melalui proses pemasakan dengan suhu 170 C selama tidak kurang dari 3 menit dan langsung dibekukan secara cepat melalui proses IQF (Individual Quick Frozen) sehingga menjamin kesegaran, kelezatan, dan tentu nutrisinya. IQF membantu produk lebih awet dan terjaga serta membuat bakteri tidak bisa berkembang biak.

Makanya enggak heran kalau di freezer rumah, selalu ada produk So Good yang saya simpan. :)

Buibu ada yang punya stok  So Good juga di rumahnya? Ayo, ngakuuuu... Pasti pada ngacung tangan, ya... :D


Stok So Good di rumah amaaaan sampai beberapa minggu ke depan. :D


VARIASI MENU BEKAL PIKNIK
Saya juga masih belajar untuk memenuhi gizi seimbang untuk saya dan keluarga. Kebetulan akhir pekan mendatang, saya dan keluarga berencana untuk traveling ke Serang, Banten. Untuk itulah saya mencoba menyiapkan menu bekal piknik yang telah memenuhi kaidah gizi seimbang.

Bubu Dita membuat dua menu yang cukup praktis dan tidak hanya bisa dimakan oleh anak-anak tapi juga untuk semua anggota keluarga. Menu ini pun tidak sekedar sebagai bekal piknik saja. Jika Manteman Rumika ingin menjadikannya sebagai menu harian rumah juga bisa, kok. :) tentunya kedua menunya menggunakan produk So Good yang jadi favorit keluarga....

Bekal Piknik 1
- Cheese Rice Ball
- Salad Sayur
- Satai Donat So Good Saus Asam Manis
- Jeli Buah Pelangi


Cheese Rice Ball
Bahan:
Nasi
1 kuning telur
Keju cheddar parut
Garam
Lada bubuk
1 putih telur
Minyak, untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Kocok kuning telur, masukkan keju parut, garam, merica. 
2. Tuang kocokan kuning telur berbumbu ke dalam nasi putih.
3. Bentuk bola-bola sesuai selera.
4. Gulingkan bola-bola nasi ke dalam putih telur.
5. Goreng hingga matang.



Salad Sayur
Bahan:
Daun selada
Brokoli
Wortel
Tomat
Mayones
Lada bubuk
Air jeruk lemon

Cara Membuat:
1. Potong-potong daun selada, brokoli, wortel, dan tomat sesuai bentuk yang diinginkan.
2. Rebus sebentar sayuran tersebut. Sisihkan.
3. Campur Mayones, lada bubuk, dan perasan air jeruk lemon.
4. Tuang saus mayones ke rebusan sayuran.


Satai Donat So Good Saus Asam Manis
Bahan:
So Good Donut
Bawang bombay
Bawang putih
Minyak, untuk menumis
Saus tomat
Gula
Garam
Air
Tusuk satai

Cara Membuat
1. Goreng So Good Donut sampai matang. Tusuk dua donut ke tusukan satai. Sisihkan
2. Potong-potong bawang bombay, rajang halus bawang putih.
3. Tuang sedikit minyak ke penggorengan, masukkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum.
4. Masukan saus tomat, tambahkan gula dan garam. Aduk. Masukkan air, masak hingga matang dan mengental. Sajikan

Note: Pada resep ini saya sengaja memisahkan donut dengan saus asam manisnya sehingga bisa dicocol atau menjadi dipped sauce. Tapi bisa juga sebelum ditusuk ke tusukan satai, donut yang sudah matang dimasak bersama saus asam manis. Kemudian baru ditusuk satai.




Jeli Buah Pelangi
Bahan:
Stroberi
Anggur
Jeruk
1 bungkus jeli bubuk tawar
Gula
Air

Cara Membuat:
1. Kupas dan potong-potong buah. Sisihkan.
2. Campur air dan gula ke dalam panci, masukkan jeli bubuk tawar. Masak hingga matang.
3. Masukkan potongan buah-buahan ke dalam mangkuk atau gelas. Siram jeli yang sudah dimasak.
4. Dinginkan hingga jeli cukup keras. Balik mangkuk atau gelas, jeli buah pelangi siap dihidangkan.




HASIL BEKAL PIKNIK 1

 


Bekal Piknik 2
- Roti Sosis
- Kentang Goreng Bumbu
- Salad Sayur
- Es Lemon Jeruk Sroberi


Roti Sosis
Bahan:
Roti tawar tanpa kulit
Sosis So Good
Mentega

Cara Membuat:
1. Goreng sosis So Good hingga matang. Sisihkati.
2. Panaskan sedikit mentega di pinggan, goreng roti bolak-balik hingga kecokelatan.
3. Letakkan sosis di atas roti. Pertemukan salah satu ujung roti ke ujung lainnya. Sematkan dengan tusuk gigi.




Kentang Goreng Bumbu
Bahan:
Kentang
Minyak, untuk menggoreng
Garam
Lada bubuk

Cara Membuat:
1. Kupas dan belah kentang memanjang. Goreng hingga matang. Tiriskan.
2. Taburkan garam dan lada bubuk secukupnya di atas kentang goreng.




Salad Sayur
(sama dengan resep Bekal Piknik 1)


Es Lemon Jeruk Stroberi
Bahan:   
Lemon
Jeruk
Stroberi
Air
Gula

Cara Membuat:
1. Peras lemon. Campur perasan air lemon dengan air, tambahkan gula. Masak hingga matang. Sisihkan.
2. Potong-potong jeruk dan stroberi.
3. Masukkan potongan buah ke dalam air lemon matang.


HASIL BEKAL PIKNIK 2
 



TIPS MENYIAPKAN BEKAL PIKNIK
Membawa bekal untuk di perjalanan atau akan disantap pada saat sampai di tempat tujuan sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Namun untuk menyiapkannya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya maksimal. Apa saja?

- Agar tidak grasa-grusu di pagi hari, ada baiknya menyiapkan segala bahan untuk membuat bekal di malam hari. Kita bisa memotong beberapa bahan, cuci, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas.

- Siapkanlah menu yang tidak merepotkan saat akan dimakan. Untuk protein, misalnya nugget dan sosis. Jika ingin ayam atau daging, ada baiknya pilih ayam yang sudah di-fillet dan daging yang diiris kecil dan tipis.

- Pilihlah buah yang mudah dimakan tanpa perlu pisau untuk mengupasnya. Atau jika ingin buah, seperti apel bisa dibuat ke dalam bentuk salad buah. Melon dan semangka juga bisa dikupas dan dipotong saat di rumah sebelum dibawa. Jika membawa buah potong, pastikan juga kesegarannya. Biasanya untuk piknik dan perjalanan yang tidak terlalu jauh, buah potong masih oke. Buah yang mudah dimakan tanpa dikupas untuk bekal piknik, misalnya anggur dan pisang. Buah sebagai bekal piknik juga bisa dikreasikan menjadi bagian dari puding atau minuman.

- Sayur sangat penting untuk menjaga gizi seimbang dalam tubuh. Komposisinya pun setara dengan karbohidrat dalam diagram piring gizi seimbang. Karena itulah penting juga untuk membawa sayuran sebagai bekal. Untuk bekal piknik ada baiknya membuat sayuran yang tidak berkuah. Bisa saja berkuah asal pastikan wadah penyimpanannya sempurna, tidak menyebabkannya tumpah. Namun jika ingin lebih praktis, siapkan bekal berupa salad sayur atau sayur rebus yang sudah dipotong-potong.

- Perhatikan juga wadah untuk bekal. Pastikan wadah tersebut food grade dan benar-benar tertutup rapat atau kedap udara, untuk mencegah makanan di dalamnya tumpah. Jika piknik bersama anak-anak, pastikan juga wadah tersebut mudah dibuka dan ditutup sekalipun oleh anak-anak.


Gimana, sudah ada rencana piknik untuk akhir pekan mendatang? Yuk, siapkan bekal piknik bergizi seimbang yang lezat bersama So Good... :D Semoga variasi menu dari Bubu Dita bisa membantu, ya... :)


-Bubu Dita-



21 comments

  1. Jadi pengen piknik setelah membaca tulisan ini. Variasi makan bekalnya banyaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk, Mba Al kita pikniiiik.. :D Hehe iya banyak biar gak bosen.. :D

      Delete
  2. Waah bekalnya enak2 banget bubu..kapan2 mau buat roti sosis.. jadi pengen piknik terus kalo gini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe alhamdulillah.. Iya yang roti sosis simpel buatnya mba.. :)

      Delete
  3. Pas banget, sya lapar
    Bisa dicontek nih ,apalagi kalau mau rekreasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba, praktis tapi berbagai jenis.. :)

      Delete
  4. iyyaa klo piknik2 gitu enakan sih nyetock bekal sendiri ya, kadang kan suka ribet kudu nyari2 tempat makan apalagi klo tempat makannya kurang bersih

    aku noted nih bebekalannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kadang kurang bersih dan lagi harganya suka mahiiil kan ya Mba Ayy.. Hehe Makemak hemat.. :D

      Delete
  5. Wah banyak banget varian bekalnya. Lucu-lucu juga makanannya. Anak-anak pasti suka dong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuls mba, kalo menarik anak-anak jadi suka.. :)

      Delete
  6. Wah..tampilan bekalnya menarik dan menggugah selera sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih mba.. :)

      Delete
  7. Wah klo bekel pikniknya gini,jadi pengen piknik terus nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bener mbaa.. Aku juga pingin piknik terus nih..

      Delete
  8. Melihat cara penyajiannya, sepertinya So Good memang sangat cocok dijadikan bekal piknik ya Mbak. Praktis namun dengan kadar protein yang mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Saya yakin rasanya juga pasti sesuai lidah keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget.. Praktis dan ada nilai gizinya juga dari proteinnya.. Apalagi anak-anak juga suka.. :)

      Delete
  9. diminimarket dekat rumah kayanya ga ada so Good yg bentuknya donat, padahal lucu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuknya lucu dan ada kejunya juga mba di dalamnya.. Anakku suka banget.. :) Coba di supermarket mba semoga ada ya..

      Delete
  10. Bisa ditiru nih ide bekalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Iya, silakan mba.. :D Trims ya mba..

      Delete