SOCIAL MEDIA

Thursday, August 15, 2019

ASUS VivoBook Ultra A412DA, Si Kecil yang Menginspirasi….



Keluarga kami punya satu rules, setiap pukul 6 sampai 8 malam, Bubu Dita, Yaya Indro, Boo, dan Mika sebisa mungkin nggak memegang gadget dan juga nggak menonton televisi. Setelah pukul 8 malam, barulah kemudian aktivitas yang menggunakan gadget bisa kembali dilakukan.



Suatu ketika di saat no gadget time itu, saya melihat Yaya Indro membaca sebuah buku berjudul “The Leader Who Had No Title” sebuah karya dari Robin S. Sharma. Beliau ini merupakan seorang  pakar leadership yang telah memotivasi jutaan orang baik melalui karya-karya yang ditulisnya, maupun lewat seminar yang dilakukannya mengenai kepemimpinan.

Buku The Leader Who Had No Title, buku yang menginspirasi seperti halnya ASUS

Membaca judulnya saja saya pun langsung tertarik dibuatnya. Berkaca dengan diri sendiri yang tidak punya title atau jabatan apa-apa, rasanya buku ini patut saya baca juga. Apa iya, ya, saya bisa jadi seorang pemimpin mumpuni tanpa gelar jabatan yang melekat?

Karena penasaran dengan isi buku tersebut, akhirnya Bubu Dita pun mulai membuka dan membaca lembaran demi lembaran buku itu.

“The Leader Who Had No Title” secara garis besar, sebagaimana judulnya, menceritakan mengenai seni untuk memimpin tanpa jabatan, dan bagaimana sebuah kepemimpinan dapat berdampak besar, bukan hanya di organisasi perusahaan saja tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Menariknya, di buku ini ajaran mengenai leadership dipaparkan dalam bentuk cerita perjalanan karakter fiksi seorang veteran perang bernama Blake dalam menjalani hidup dan belajar menjadi pemimpin tanpa jabatan. Penyampaian Robin S. Sharma tentang leadership pun dapat disajikan menarik, tanpa terkesan menggurui dan bisa dipahami dengan mudah.

Satu hal yang paling memberi kesan di dalam buku ini bagi Bubu Dita adalah bagaimana seseorang tetap dapat menginspirasi meski tanpa jabatan apa-apa yang disandangnya dan bagaimana kita bisa menginspirasi orang melalui tindakan-tindakan positif yang kita lakukan secara konsisten tiap harinya, sekecil apapun tindakan tersebut.

Yap, untuk menjadi inspirasi bagi sesama, just be yourself. Tanpa title, tanpa gelar, tanpa jabatan, kita tetap bisa jadi inspirator yang bermanfaat bagi orang banyak.


“Be yourself, everyone else is already taken.”

-Oscar Wilde-


NIAT UNTUK MENGINSPIRASI

Dulu saat membuat blog Rumikasjourney ini, niat awal Bubu Dita adalah untuk berlari sejenak dari kepenatan pekerjaan di kantor dan juga keriweuhan di rumah. Apalagi setelah beberapa bulan melahirkan Mika, anak kedua, saya juga sempat dilanda baby blues. Blog jadi sarana saya untuk “bermain dan bersenang-senang.” Dengan blog ini saya merasa punya jati diri kembali.

Blog Rumikasjourney kebanyakan menulis tentang cerita jalan-jalan Boo dan Mika. Bubu Dita ingin mendokumentasikan segala tempat yang pernah kami keluarga kunjungi dalam sebuah catatan perjalanan. Kelak jika nanti Boo dan Mika sudah besar mereka bisa membaca blog ini dan kembali mengenang masa-masa indah kami pernah jalan-jalan dari satu tempat ke tempat lainnya. :)

Perjalanan yang kami lakukan pun bukan perjalanan jauh hingga keliling dunia. Perjalanan sederhana ke tempat-tempat menarik hati yang bahkan jaraknya ada yang hanya selemparan batu dari rumah. :)





Lambat laun, tujuan menulis blog pun nggak lagi sekedar itu. Tujuan membuat blog ini nggak lagi hanya untuk kesenangan pribadi dan dokumentasi keluarga. Bubu Dita agak nggak menyangka juga ketika blog Rumikasjourney ternyata bisa memberikan manfaat bagi pembacanya.

Ketika ada beberapa pesan masuk ke email atau di social media menanyakan lebih lanjut Bubu pun langsung bersorak dalam hati, “Aha, ternyata informasi yang Bubu tulis di blog ini juga dibutuhkan oleh orang lain.” Senang rasanya bisa bermanfaat bagi orang lain, membantu orang lain yang sedang mencari informasi. :)

Jika dalam satu hari saja kita bisa menginspirasi 10 orang melalui tulisan di blog, maka dalam seminggu ada 70 orang terinspirasi. Dan dalam setahun tidak terasa akan ada 3650 orang yang terinspirasi secara langsung dari membaca tulisan di blog. Luar biasa bukan?

Dari sinilah juga saya menyadari satu hal. Dulu sebelum membuat blog ini dan Bubu Dita mendengar istilah travel blogger, yang ada di benak saat itu adalah, “Waw, pasti dia sudah pergi eksplorasi ke banyak negara!”

Ketika memutuskan untuk membuat sebuah blog dengan niche family traveling seperti Rumikasjourney, saya ingin keluarga-keluarga muda seperti Bubu Dita bisa merasakan nikmatnya jalan-jalan bersama keluarga, bahkan ketika hanya jalan ke taman kota! Ya, meski hanya ke taman kota saja, saya mengabadikannya dan menulisnya di blog.

Berkaca dari Mbak Donna Imelda, seorang traveler, dosen, dan juga volunteer, ia pernah berkata seperti ini, “Perjalanan itu nggak perlu mahal dan nggak perlu jauh. Coba kulik tempat-tempat menarik di sekitar kita karena hal itu bisa jadi bahan tulisan buat orang lain yang belum tentu tahu mengenai tempat itu.”

Dan benar saja apa yang dikatakan Mba Donna Imelda. Saya pun merasakan ketika menulis mengenai pengalaman ke tempat yang di dekat rumah, ada saja yang mengomentari dan menanyakan tentang tempat tersebut meskipun ia masih berada di kota yang sama dengan saya. :)

Baca Juga: Mau Jadi Travel Blogger? Ini Caranya!


KEBUTUHAN SEORANG BLOGGER

Berkutat di dunia blog sejak 2015, menuntun langkah kaki saya ke banyak hal. Bubu Dita sempat beberapa kali mengikuti workshop terkait blog untuk meningkatkan skill blogging, senangnya dihubungi agency atau perusahaan yang menawarkan kerjasama, mengikuti beberapa lomba yang pernah juga nyangkut jadi juara, dan banyak hal lainnya!

Namun satu hal yang rasanya priceless dan bakal Bubu Dita kenang terus adalah bisa berinteraksi, bertemu, dan sharing pengalaman dengan sesama teman-teman blogger! Lingkaran pertemanan saya pun bertambah saat masuk ke dunia ini. Saya mendapat keluarga baru... :) Bubu Dita pun bersyukur bisa bergabung ke berbagai komunitas blogger yang banyak memberi saya inspirasi!

Dari semua yang Bubu Dita lakukan berkaitan dengan blog semata-mata untuk self improvement dan berharap blog ini dapat menginspirasi Manteman Rumika dimana pun berada. :)

Dalam menulis blog, tidak hanya membutuhkan pengalaman dan pengetahuan mengenai apa yang ditulis didalamnya saja, tapi juga membutuhkan suasana, peralatan, dan juga perlengkapan yang mumpuni agar konten dari blog dapat disajikan secara apik dan menarik.

Hal-hal yang dibutuhkan blogger untuk membuat konten

Contohnya, kamera untuk mengambil gambar atau video. Kita nggak mau, kan, jika di blog kita foto yang ditampilkan tidak berkesan. Meski tidak memakai kamera digital, tapi Bubu Dita cukup senang dengan hasil dari kamera smartphone ASUS yang sekarang saya miliki karena teknologinya sudah mumpuni!

Walaupun saat ini sudah banyak foto dan video yang berseliweran di internet, namun jika foto atau video maupun infografis  yang digunakan di dalam konten blog adalah hasil karya sendiri, tentunya akan memiliki nilai dan arti tersendiri bagi si penulis blog dan juga bagi pembacanya.

Dalam menulis blog juga butuh, lho, tempat yang nyaman agar bisa fokus dan mendapat inspirasi membuat konten. Meski tempat kerja Bubu Dita di rumah memang nggak seperti rumah instagramable yang biasa berseliweran di feed IG, tapi cukup dengan bersih dan rapi saja mood untuk menulis saya bisa terpacu. :D Bosan di rumah? Gampang, saya tinggal pergi ke perpustakaan atau ke tempat ngopi lucu yang ada di kota saya. :)

Nah, yang terakhir dan yang tidak kalah pentingnya adalah perangkat untuk pembuatan konten blog, dalam hal ini adalah laptop. Dengan laptop yang mumpuni maka proses pembuatan konten baik foto, video editing, pembuatan desain grafis dengan Illustrator, serta penulisan blog dapat dilakukan dengan lebih optimal.

Duh, rasanya nggak kebayang kalau lagi semangat-semangatnya nulis blog dan punya ide segar untuk blog tiba-tiba harus terpatahkan semangatnya karena sebuah perangkat yang nggak memadai. Hmm, makanya, nih, Bubu Dita pun sekarang lagi mencari laptop dengan spesifikasi mumpuni, ringkas, dan nggak berat tapi tentunya ramah kantong. Ada nggak, ya?


INSPIRASI BESAR DARI LAPTOP KECIL ASUS TERBARU! 

Pas lagi browsing menjelajah internet buat tahu laptop apa yang lagi happening saat ini sesuai dengan apa yang Bubu Dita mau, sampailah pada informasi yang Bubu Dita dapat tentang laptop ASUS varian baru yang belum lama ini launching di bulan Juni 2019.

ASUS menghadirkan varian VivoBook paling ringkas dikelasnya dan sudah diperkuat prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series, baik Ryzen 3 ataupun Ryzen 5 di Indonesia. Seringkas apa, ya, laptop ini? Bubu Dita coba tuliskan apa yang Bubu Dita dapat dari hasil browsing dan review, ya. Siapa tahu, nih, Manteman Rumika saat ini juga sedang membutuhkan laptop handal yang ringkas.

Laptop ASUS keluaran anyar ini bernama ASUS VivoBook Ultra A412DA. Bubu Dita penasaran dengan VivoBook satu ini ini begitu tahu laptop ini diberi label sebagai “The World’s Smallest 14 Inch Colorful Notebook”. Sekecil apa, sih?

ASUS VivoBook Ultra A412DA, The World’s Smallest 14 Inch Colorful Notebook

Dulu saat kuliah saya memakai laptop ukuran 14 inch, tapi beratnya minta ampun. Akhirnya setelah kerja saya menggantinya dengan laptop dengan ukuran lebih kecil. Tapi makin ke sini, rasanya kurang puas jika sedang mengerjakan konten tapi hanya terlihat kecil saja di layar.

Rasanya pingiiiin punya laptop 14 inch lagi, deh! Tapi tentu karena punya pengalaman sebelumya, dalam bayangan saya laptop ukuran 14 inch itu termasuk laptop yang besar dan berat sehingga  agak ribet buat dibawa kemana-mana.

Jika Manteman Rumika pernah bertemu Bubu Dita, pasti tahulah, ya, sekecil apa ukuran badan saya... :D Makanya, jika membawa laptop saat pergi kemana-mana, saya nggak pingin yang berat banget dan malah menyusahkan mobilitas saya. Duh, padahal dengan laptop berlayar besar, pastilah Bubu Dita bisa lebih merasa nyaman saat bekerja sebagai content writer ataupun membuat konten blog.

Keinginan Bubu untuk punya laptop besar yang ringkas dan ringan ternyata dijawab langsung oleh ASUS! Yap, anggapan Bubu Dita bahwa laptop dengan layar 14 inchi itu rempong dibawa kemana-mana bisa terpatahkan oleh kehadiran ASUS VivoBook Ultra A412DA ini!

"Tren konsumenlah yang mendorong kami untuk merancang laptop
yang semakin kecil."
-Jimmy Lin- ASUS SEA Regional Director
(Saat peluncuran ASUS VivoBook Ultra A412, 12 Juni 2019 di Jakarta)
Launching ASUS VivoBook Ultra A412 di Jakarta

Pasti banyak konsumen yang punya keinginan sama seperti Bubu Dita, kan. Jadi saya setuju banget dengan apa yang dikatakan Jimmy Lin. Laptop ini dikembangkan oleh ASUS memang karena melihat akan adanya kebutuhan pasar terhadap laptop yang ringkas dan mudah dibawa-bawa kemana.

Nah, seperti apa sih kelebihan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh laptop ini? Tapi sebelum mulai membahasnya, sudah tahu belum diantara sekian banyak merk laptop di pasaran, mengapa ASUS jadi salah satu pilihan utama jika Manteman Rumika sedang mencari laptop?

Kualitas laptop ASUS memang sudah nggak diragukan lagi, ya. Yaya Indro pun punya laptop ASUS dan sudah dipakai sampai bertahun-tahun! Alasan lain yang membuat ASUS bikin jatuh hati user loyalnya antara lain, pertama, produk ASUS selalu melalui pengujian extreme sehingga daya tahan laptop sudah pasti teruji. Bahkan pada beberapa varian ASUS, pengujian dilakukan dengan military grade! Kedua, ASUS berhasrat untuk terus berinovasi dan berupaya selalu memberikan yang terbaik pada produk yang dihasilkan dan ini terlihat dari slogannya ASUS - In Search of Incredible. 

ASUS pun selalu masuk dalam top brand kategori laptop. Pada 2018 lalu, ASUS masuk dalam Top Brand Award dengan Top Brand Index (TBI) 23.6% dan market share sebesar 35%. Dan pada pertengahan tahun ini berdasarkan survei laptopmag.com, ASUS masuk dalam tiga besar brand terbaik untuk laptop dengan total point 83%. Sebuah pencapaian yang luar biasa, ya!


Baca Juga: Bantu Saya Memilih – ASUS VivoBook Pro F750, Laptop Mumpuni Untuk Menunjang Hobi 


Varian ASUS ada banyaaaaaak banget! Baru-baru ini pun ASUS bahkan mengeluarkan laptop gaming seharga mobil, lho. Saya langsung takjub dibuatnya! :D Nah, dengan varian yang sangat banyak ini, ASUS memang benar-benar melihat secara keseluruhan apa saja yang menjadi kebutuhan user-nya, seperti kita-kita ini... :D

Buat Manteman Rumika yang bingung dalam memilih varian ASUS, berikut pembagian variannya, ya:

- ZENBOOK Series
Varian Produk ASUS tipe high end, dari sisi spesifikasi, desain, dan juga harga.

- ROG (Republic of Gaming) dan TUF Series
Varian ASUS untuk laptop gaming dengan harga yang juga bervariasi.

- Pro Series
Varian ASUS untuk para pebisnis yang membutuhkan laptop ultraportable.

- VivoBook Series
Varian yang hadir untuk laptop dengan tujuan umum untuk konsumen mainstream dan kebutuhan sehari hari. Umumnya varian ini memiliki fitur desain seperti versi Zenbook namun dengan harga yang lebih terjangkau.

- Chromebook Series
Varian yang hadir dengan perangkat yang sederhana dan untuk keperluan selalu terhubung dalam dunia internet, serta memiliki ketahanan baterai yang lama.

Varian berbagai tipe ASUS yang disesuaikan kebutuhan konsumen

Dilihat dari sisi varian series yang dimiliki ASUS, laptop anyar VivoBook Ultra A412DA termasuk ke dalam jenis laptop mainstream untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga pas banget memang dengan apa yang Bubu Dita butuhkan. Pasti banyak juga yang butuh laptop ini seperti halnya Bubu Dita.

Coba acung tangan adek-adek mahasiswa yang lagi sibuk bikin tugas kuliah, pekerja kantoran yang harus bikin laporan harian dan bulanan, pebisnis yang selalu memantau perkembangan bisnisnya di laptop, dan semua yang butuh laptop setiap harinya dan nggak bisa hidup tanpa laptop? Yes, Manteman Rumika butuh laptop ini! :D


FITUR-FITUR ASUS VIVOBOOK ULTRA A412DA

Nah, ngebahas laptop biasanya tidak bisa lepas dari sisi spesifikasi, performa, dan tampilan. Dari sisi spesifikasi, laptop ini tentu sangat cocok sekali, nih, untuk Bubu Dita dalam aktivitas pembuatan konten blog. Untuk lebih lengkapnya mengenai spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA ini bisa dilihat pada tabel pada gambar berikut ini:

Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA 

Satu hal yang menarik dari sisi spesifikasi adalah dengan adanya kombinasi Ryzen 5 3500U dengan grafis Radeon Rx Vega yang merupakan bagian dari keluarga AMD Ryzen mobile 2nd Gen terbaru.

Kombinasi ini dapat bekerja lebih cepat jika dibandingkan prosesor i5 8250U, dengan 14% lebih cepat dalam hal browsing, 27% lebih cepat dalam hal edit foto dan setara untuk hal produktivitas.

Storage

Penyimpanan laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA di Indonesia masih dalam format HDD, namun kapasitas hardisk yang disajikan sudah sebesar 1 TB. Sehingga laptop ini tetap dapat melakukan multitasking secara optimal.

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan jaringan Wi-Fi 802.11 a.c yang lebih cepat dari generasi sebelumnya. Perlu diketahui juga oleh Manteman Rumika, kalau laptop Vivobook Ultra A412DA ini sudah di-preinstalled dengan Windows 10, lho.

Jadi, begitu membeli laptop ini tidak perlu lagi membeli OS, apa lagi mencari OS bajakan, ya! Hehe... :D Laptop pun menjadi lebih aman karena menggunakan OS Windows 10 original yang sudah disediakan oleh ASUS. Ini dia, nih, yang bikin Bubu Dita makin jatuh cinta sama ASUS VivoBook Ultra A412. :D

Baterai

Untuk baterainya, VivoBook Ultra A412DA dilengkapi 2 cell 37 wh lithium-polimer battery sehingga laptop dapat bertahan lama dalam penggunaan dengan menggunakan baterai saja. Selain itu, dengan teknologi eksklusif yang dimiliki oleh ASUS untuk pengisian daya, baterai laptop dapat bertahan lama dan dapat diisi dengan cepat, 60% dalam 49 menit! Karena itulah ASUS VivoBook ini cocok juga dibawa bepergian atau traveling.

Jadi, tetiba Manteman Rumika dapat ide pas lagi di pesawat atau kereta api misalnya saat mau ke destinasi tujuan, Manteman bisa langsung menuangkannya di dalam laptop!


Baterai tahan lama, pas dibawa bepergian sambil mengerjakan konten

Screen

ASUS Vivobook Ultra A412DA sudah dilengkapi dengan antiglare screen, artinya layar tidak akan memantulkan sinar yang menyilaukan mata sehingga layar laptop dapat tetap terlihat jelas dan terang. Tentunya secara langsung hal ini juga dapat mengurangi kelelahan mata akibat menatap layar laptop.

Dengan kelebihan pada layarnya, laptop dapat digunakan baik di penerangan indoor maupun outdoor tanpa membuat mata cepat lelah.

Performa dan User Interface (UI)

Dari sisi performa, ASUS VivoBook Ultra A412DA termasuk dalam kategori konsumer/mainstream maka tujuannya lebih untuk aktivitas sehari-hari. Dengan spesifikasi yang sudah dibahas sebelumnya, tidak perlu diragukan lagi kinerjanya, baik untuk aktivitas harian ataupun untuk gaming ringan.

Tapi untuk gamer, seperti Yaya Indro yang butuh performa tinggi memang sebaiknya melirik varian ROG. Namun dari speknya terlihat laptop ini dapat tetap dapat digunakan secara optimum untuk aktivitas editing dengan Photoshop ataupun Illustrator. Cocok, kan, buat konten kreator!

“ASUS selalu memberikan pilihan lengkap bagi konsumen. Untuk itulah kali ini produsen asal Taiwan tersebut menghadirkan ultrabook terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Mobile. VivoBook Ultra A412DA juga tampil sangat unik. Selain memiliki performa kencang, ultrabook ini juga sangat hemat daya. Semua itu hadir tanpa memangkas fitur premium yang ada di ultrabook.” TeknoReview 

VivoBook Ultra A412 dilengkapi juga dengan berbagai konektor untuk memudahkan pengguna menghubungkan laptop ini ke berbagai alat, mulai dari 1x combo audio jack, 1x type A-USB 2.0,  1x type A-USB3.1, 1x type C-USB 3.0  (USB 3.1 Gen 1 / Gen 2), 1 x HDMI, dan 1 slot micro SD card reader. Jadi jangan khawatir buat Manteman Rumika yang membutuhkan berbagai macam tipe sambungan, sudah tersedia di laptop ini, ya.

Berbagai tipe konektor di ASUS VivoBook Ultra A412DA. Lengkap!

Tidak ketinggalan, laptop ini juga dilengkapi dengan fingerprint sensor. Hal ini dikembangkan oleh ASUS untuk menjamin keamanan bagi pemilik laptop akan data yang dimilikinya di dalam laptop. Dengan adanya fingerprint sensor, laptop pun tidak akan dapat terakses orang lain tanpa izin. Mantap, ya. Sekarang ini privasi sebaiknya dapat dijaga dengan baik dan dari kita sendiri yang bisa menjaganya.

Windows Hello dan fingerprint sensor, menjaga keamanan data di dalam laptop

Menariknya, ASUS VivoBook ini pun mendukung layanan fitur khusus yang dimiliki oleh Windows 10, yaitu Windows Hello. Dengan adanya kombinasi antara fingerprint sensor dan Windows Hello!, menjadikan laptop menjadi lebih personal.

Tidak akan ada un-authorized access untuk perangkat, aplikasi maupun layanan online lainnya yang terdapat di dalam laptop. Dan menurut saya, ini merupakan cara yang paling efektif, aman, dan praktis dalam menjaga keamanan data.

Interface Windows Hello di ASUS VivoBook Ultra A412

Oh iya, seperti laptop ASUS lainnya yang masuk dalam kategori VivoBook, laptop ini juga dipersenjatai oleh audio SonicMaster yang merupakan hasil karya inovasi dari ASUS Golden Ear Team agar laptop dapat menghasilkan suara yang sangat baik dengan range frekuensi yang lebih lebar, vokal yang lebih jelas, serta bass yang lebih mendalam.

ASUS SonicMaster, adakah Manteman Rumika yang sudah merasakannya?


DESAIN DAN TAMPILAN SI KECIL YANG MENGINSPIRASI 

ASUS VivoBook Ultra A412DA yang handal dengan berbagai spesifikasi di dalamnya, ringkas dan ringan sehingga terasa mudah untuk dibawa kemana-mana, serta baterai yang tahan lama juga didesain sedemikan rupa sehingga makin menarik hati konsumen.

Yap, begitu melihat desainnya meski tidak secara nyata, Bubu Dita bisa dibuat terkagum dengan  tampilannya itu. Apa saja yang menarik dari sisi desain ASUS VivoBook Ultra A412DA?

Compact Size 

Ukuran dari laptop ini dianggap sebagai paling kecil di kelasnya dengan ukuran 322 x 212 x 19.9 mm (WxDxH). Dengan dimensi tersebut penampakan luar laptop ini seperti laptop berukuran 13 inch.

Wajar jika laptop ini diklaim oleh ASUS sebagai “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook”. Dengan dimensi tersebut, laptop ini dapat dibawa tanpa perlu tas khusus. It goes where you go!

Makanya pas saya lihat di Youtube saat launching laptop dalam seri yang sama. yaitu ASUS VivoBook Ultra A412, Bubu Dita sendiri nggak menyangka ketika Ria Ricis dan Rizky Febian menggenggamnya, kok, kelihatannya bukan seperti laptop 14 inch, ya. Ternyata memang se-compact itu penampilannya!

Laptop ringan dan compact

Ringan

Dengan dimensi tersebut, pastilah laptop ini cukup ringan. Dengan berat hanya 1.5 kg sudah termasuk baterai, tentunya akan tetap nyaman untuk berpergian dengan membawa laptop ini, apa lagi jika berpergian dengan pesawat, laptop dapat masuk dalam bagasi kabin.

Jika membawa laptop ini saat traveling bersama keluarga juga rasanya tidak akan merepotkan. Bisa banget, nih, sambil traveling sekalian menulis cerita perjalanannya, jadi kesan yang didapat selama perjalanan itu masih terasa dan bisa kapanpun update di blog!

Walau laptop ini kecil dan ringan, Manteman Rumika tidak perlu khawatir  karena ASUS VivoBook Ultra A412DA tetap memiliki performa yang tinggi dikelasnya.


Nano Edge Display

Untuk mendukung dimensi tersebut, tentunya ASUS mengembangkan laptop ini dengan nano edge display. Layar pada laptop dibuat seolah-olah tanpa bingkai sehingga bisa meningkatkan screen-to-body ratio laptop. Ini juga yang membuat ASUS VivoBook Ultra A412DA jadi terlihat nggak terlalu lebar untuk ukuran laptop setipe lainnya.

Laptop ini memiliki rasio sebesar 87% dan bezel selebar 5.7mm. Sebagai informasi, screen-to-body ratio ini diukur berdasarkan area body dan layar yang terlihat pada display saat  layar dibuka dalam kondisi 90 derajat.

Pada produk varian Zenbook, ASUS pada Januari 2019 lalu juga mengeluarkan produk yang memiliki screen-to-body ratio sebesar 95%. Dengan tingginya screen-to-body ratio ini akan memberikan efek immersion (melihat lebih dalam dan tanpa batas) yang lebih saat menatap layar laptop. Dan dengan laptop ini ASUS ingin menghadirkan pengalaman yang berbeda pada laptop yang termasuk dalam kategori konsumer/mainstream.

Nano Edge pada ASUS VivoBook Ultra A412DA

Ergolift

Desain pada laptop teranyar ASUS ini merupakan desain premium dari ASUS yang ada pada series Zenbook dan diterapkan pada laptop ini, dimana saat laptop dibuka maka bagian bawah laptop akan terangkat 2 derajat. Karena agak terangkat, sirkulasi udara di bawah laptop pun menjadi lebih baik sehingga laptop dapat tetap dingin dan beroperasi secara optimal walau saat melakukan multitasking.

Dengan adanya ergolift ini, aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman dan tidak cepat membuat lengan lelah. Wainiiii, pas banget buat Bubu Dita yang saat ini selain ngeblog  jadi content writer di beberapa media. Tangan bisa cepat lelah jika mengetik terlalu lama. Semoga, ya, dengan punya ASUS varian ini, mengetik banyak tulisan pun bisa tetap membuat nyaman tangan.... :D


Ergolift yang dapat mengangkat laptop hingga 2 derajat

Colorful Laptop

ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki pilihan warna cerah yang dapat mengekspresikan diri Manteman Rumika melalui warna. Bekerja dengan laptop yang colorful seperti ini dapat menciptakan inspirasi tersendiri saat menulis konten blog.

Keempat warna tersebut, antara lain Transparent Silver yang memberikan kesan ramping dan canggih;  Slate Grey, untuk kesan simpel dan modest; Peacock Blue yang elegan dan dapat berubah warna tergantung dari sudut pandangan; serta Coral Crush yang memiliki warna cerah untuk kalian yang ingin tampil menonjol. Bagus semua, kan, warnanya?

Dari keempat warna tersebut, kira-kira mana, nih, yang jadi favorit Manteman Rumika? Kalau Bubu Dita jatuh cinta banget sama warna Peacock Blue! :D




Nah, dari semua spesifikasi, fitur, desain, dan tampilannya, ASUS VivoBook Ultra A412DA patut banget untuk dilirik, ya. Untuk urusan harga pun masih ramah di kantong, kan, mulai dari Rp 6,5 juta saja!

Dalam setiap laptop yang dikeluarkannya, ASUS selalu memberikan inspirasi dan kemudahan bagi user-nya, termasuk ASUS VivoBook Ultra A412DA ini.

Saya yakin, apapun dan siapapun dapat menjadi inspirasi bagi orang lain, dapat memberikan manfaat bagi orang lain melalui kehadirannya.

ASUS seperti itu. Saya, Bubu Dita, seorang blogger, ibu rumah tangga, freelancer, juga ingin menjadi inspirasi. Kamu, Manteman Rumika juga pasti telah, bisa, dan pasti dapat menjadi inspirasi!

-Bubu Dita-



Referensi
Referensi Artikel:
- Website ASUS (https://www.asus.com/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA)
- https://www.laptopmag.com/articles/laptop-brand-ratings
- https://www.murdockcruz.com/2017/09/21/penjelasan-sederhana-seri-laptop-dari-asus/#.XUWF7fIzbIV
- https://www.amd-id.com/2019/06/asus-vivobook-ultra-a412da-laptop-tipis-on-the-go-bertenaga-amd-ryzen-mobile-2nd-gen/

Referensi Gambar & Foto:
- Website ASUS (https://www.asus.com/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA)
- https://pemmzchannel.com/2019/06/30/asus-vivobook-ultra-a412da-ultrathin-amd-ryzen-generasi-kedua-berapa-harganya/ (launching ASUS VivoBook Ultra A412)
- https://www.amd-id.com/2019/06/asus-vivobook-ultra-a412da-laptop-tipis-on-the-go-bertenaga-amd-ryzen-mobile-2nd-gen/
- https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA/specifications/

Grafis:
- Website ASUS
- Bubu Dita & Yaya Indro




No comments :

Post a Comment