Sate Mendo Wendy’s Tegal, Dari Gak Suka Sate Kambing Sampai Pingin Nambah!

by - January 05, 2023

sate mendo wendys tegal


Kalau Bubu Dita nanyea, bertanyea-tanyea, ada gak manteman yang suka makan sate kambing? Yakin, deh, pasti ada banyak yang nunjuk tangan… :D 

Nah, di tulisan ini Bubu mau ngenalin satu tempat makan sate kambing yang sudah legend di daerahnya dan dapat poin bagus juga di Google. ini dia Sate Mendo Wendy’s Tegal!

Sate kambing memang salah satu menu khas nusantara yang banyak penggemarnya. Gak heran kalau banyak penjual sate kambing di jalan, ya. Apalagi kalau pas lagi ada acara pernikahan dan ada stand kambing guling, udah pastilah menu itu yang jadi incaran banyak orang. Mesti gercep banget biar gak kehabisan…:D

Meski pun banyak yang suka sama menu ini, termasuk juga Yaya Indro, tapi Bubu malah kurang suka. Setiap Yaya Indro mau makan sate kambing, tentu saja Bubu akan memilih menu lain. Yap, kalau masih ada menu lain seperti sate ayam atau tongseng ayam, Bubu pasti akan memilih menu itu. 

Kenapa bisa gak suka sate kambing, Bu? Jadi dulu pernah sempat coba makan sate kambing dan Bubu eneg-seeneg-enegnya. Sate kambingnya bau dan bikin Bubu gak mau lanjutin makan. Alhasil agak trauma, kan. 

Setelah itu pernah, sih, coba lagi makan kambing guling atau sate kambing. Tapi bener-bener yang gak bau dan hanya sesuap dua suap aja makannya. 

Nah, gimana ceritanya, nih, Bubu bisa makan Sate Mendo Wendy’s di Tegal yang populer dengan sate kambingnya? Apakah Bubu bisa makan sate ini???


Sate Populer di Tegal

Ngomongin kuliner Tegal tentunya gak akan lepas dari Warteg alias Warung Tegal yang ada di mana-mana. Tapi ternyata kuliner Tegal juga populer dengan sate kambing mudanya. Nah, salah satu tempat kuliner wajib dikunjungi saat Manteman ke Tegal tentu saja Sate Mendo Wendy’s ini.

Weits, bukan brand fastfood, ya, ini. Namanya emang sama, ya… 😀

Sate Mendo Wendy’s Tegal berlokasi di Jl. Letjen. Suprapto No.59, Kraton, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah 52112. Jam bukanya antara pukul 08.00-19.00. 

Sate Wendy’s yang Bubu dan keluarga sambangi ini adalah pusatnya, sedangkan untuk cabangnya ada di Jl.  Kapten Ismail, masih di kota Tegal. 

Saat kami tiba di Sate Wendy’s yang di pusat ini masih masuk jam makan siang. Jadi terlihat banyak kursi yang sudah terisi oleh pengunjung. 

Bubu gak nyangka juga kalau dari luar tempatnya terlihat agak kecil tapi begitu masuk, ternyata di bagian belakangnya ada ruangan tempat makan lagi. Di situ ada tempat kosong dan alhamdulillah banget, nih, kami sekeluarga bisa duduk di sana. 

sate kambing favorit di tegal

sate kambing

sate kambing tegal

Sambil menunggu pesanan datang (yang ternyata gak lama datangnya), Bubu dan Mika sempat ke toilet. Secara keseluruhan, restoran sampai toiletnya cukup bersih, ya. 

Bubu juga sempat melihat pas jalan ke toilet ada semacam dapur semi outdoor gitu. Bahan-bahan banyak banget ada di situ, dari mulai cabai, bawang merah. Asli, banyaaaak banget lagi mau diolah. Berember-ember. Kebayang, sih, tiap hari pasti tempat ini ramai pengunjung, ya.\

Baca Juga: Resto Yunani, HaloNiko! Mini


Rasa Satenya Juara! 

Di Sate Mendo Wendy’s ini sudah pasti kami sekeluarga memesan sate kambing, dong, ya. Untuk satu porsi sate kambing berisi 10 tusuk, ya. Ukurannya sedang, gak terlalu besar dan gak sedikit juga. Harganya Rp 55.000,-. Gimana menurut manteman apakah harga ini pas atau terlalu mahal?

Kalau menurut Bubu harganya worth it banget! Karena rasa sate kambingnya memang benar-benar enak, gak ada bau sama sekali, dan tentu saja empuk. Bubu aja yang gak begitu suka sate kambing, bisa suka, lho. (Bahkan pingin pesan lagi! Hehe…). Ditambah pakai bumbu kecap pedas manisnya yang khas. Mantap rasanya!

sate kambing muda

Bukan hanya Bubu, Yaya, dan bapak mertua aja yang suka, anak-anak pun ternyata sukaaa juga makan sate kambing di sini. Lahap makannya... :D

Apa rahasianya, kok, sate kambing di sini bisa uenak buanget? Ternyata daging kambing yang digunakan adalah daging kambing muda. Selain itu, Bubu dapat referensi kalau  kambingnya juga ternak sendiri jadi terjaga kualitas dagingnya, ya. 

sate mendo sate kambing muda

sate kambing empuk tidak bau prengus

Nah, ada hal unik juga nih di penyajiannya. Yap, uniknya dibanding sate lainnya adalah penyajian sate kambing ada di atas hotplate. Jadi suhu sate tetap terjaga panasnya saat kita makan. Ini juga, kali, ya, yang jadi rahasia lain kenapa nikmat banget makan Sate Mendo Wendy’s Tegal ini. 

Selain menu sate kambing, restoran ini juga menyediakan menu lainnya, yaitu Sop Kambing, Gulai Kambing, dan Asem-asem Kambing.

sop kambing sate kambing

Untuk rasa Sop Kambingnya juga juara, deh. Enak! Kuahnya seger. Nah, untuk Asem-asem Kambing ini yang Bubu gak kuat makan. Karena apa? Karena pedaaassss :D FYI, Bubu memang bukan penggemar makanan pedas. Bisa, sih, makan pedas, tapi yang pedasnya level standar aja gitu. Gak yang pedas banget.

Mungkin buat manteman yang suka makanan pedas, bisa cocok makan Asem-asem Kambing di sini. Tapi Bubu gak bisa. Jadi hanya dua atau tiga suap aja, bubu udah nyerah, deh! :D 

Baca Juga: Ramada Suite by Wyndham Solo


Harga Menu di Sate Mendo Wendy’s

Tertarik juga buat nyobain Sate Mendo Wendy’s di Tegal??? Ini Bubu kasih list daftar harganya, ya.

Sate Kambing (10 tusuk) Rp 55.000,-

Sop Kambing Rp 30.000,-

Gulai Kambing Rp 30.000,-

Asem-asem Kambing Rp 30.000,-

Nasi Putih Rp 5.000,-

Es Teh Manis Rp 5.000,-

Jeruk Panas Rp 10.000,-

Nah, ini dia menu-menu yang Bubu pesan dan daftar harganya. Saking puasnya sama rasa sate kambingnya, tentu aja selain makan langsung di restonya, kami juga pesan untuk dibawa pulang. 

Pas banget memang kami mampir ke Tegal dari Solo untuk mampir ke rumah saudaranya bapak mertua dan setelah dari Tegal langsung bablas ke Depok. Sampai Depok setelah beberapa jam perjalanan mobil rasa sate kambingnya juga gak berubah.  

Apakah Bubu dan keluarga bakal balik ke sini lagi? Pastinya kalau ke Tegal, kami bakalan mampir lagi buat nikmatin sate kambingnya! 


Sate Mendo Wendy’s Tegal

Pusat: Jl. Letjen. Suprapto No.59, Kraton, Kec. Tegal Bar., Kota Tegal, Jawa Tengah 52112

Cabang: Jl.  Kapten Ismail No 5, Tegal Sari, Kota Tegal

Jam buka: 08.00-19.00. 


Bubu Dita

@rumikasjourney

Related Posts

1 komentar

  1. Tadi cuma kebaca Wendy's nya doang, dan aku pikir Wendy's fast food ada jual sate kambing 🤣🤣🤣🤣.

    Ternyata Wendy's Tegal 🤭

    Tapi memang daerah Tegal sana banyaak bgt yg jual sate kambing muda mba. Dan enak2. Aku Bbrp kali coba, cuma asal pilih rumah makan, dan blm ada yg failed. Ya ampuuun jadi kangen pengen makan sate kambing muda lagi di sana. Walopun kadang aku kepikiran juga, kasian kambingnya, msh bayi udh dipotong 😣. Tapi kalo kebayang rasanya , masih mau juga 😅

    ReplyDelete