7 Rekomendasi Sushi Halal

by - April 11, 2023

 

rekomendasi-sushi-halal

Sushi, makanan khas Jepang yang satu ini jadi salah satu makanan favorit Bubu sekeluarga. Dalam satu bulan pasti ada aja kami makan di restoran sushi atau memesan sushi via aplikasi online. 

Nah, karena Bubu saat ini juga sudah mulai concern dengan kehalalan produk makanan, sushi pun tentunya nggak luput dari pengamatan Bubu, nih. Memilih sushi halal saat makan bersama keluarga dan teman jadi hal yang penting.

Sushi memang kebanyakan menggunakan bahan ikan dan boga bahari. Untuk beberapa restoran sushi di Indonesia, apalagi yang berlokasi di mal biasanya tidak menggunakan daging babi dan juga minyak babi.

Namun titik kritis kehalalan pada sushi juga terletak pada pemakaian mirin dan sake yang mengandung alkohol.

Kedua bahan tersebut kerap masih digunakan pada beberapa restoran sushi. Biasanya di titik kritis ini, nih, restoran sushi karena masih menggunakannya sehingga tidak mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. 

Untungnya sekarang sudah cukup banyak restoran sushi halal yang bisa kita jumpai. Jadi nggak perlu ragu lagi untuk menyantap sushi karena sushi halal sudah ada di mana-mana, terutama kawasan Jabodetabek.  

Berikut 7 rekomendasi sushi halal yang sudah memiliki sertifikat halal.


1. Sushi Tei

Sushi Tei sudah pasti jadi pilihan utama sushi halal saat Bubu sekeluarga mau makan sushi. Di Depok, Sushi Tei berada di Mal Margo City, nggak terlalu jauh dari rumah Bubu. 

Selain di Margo City, Sushi Tei di Depok juga ada di Trans Studio Mal Cibubur. 

Sushi Tei menghadirkan banyak banget menu sushi halal yang bisa kita coba. Biasanya kalau ke Sushi Tei, menu sushi yang Bubu pilih, antara lain Aburi Salmon Belly, Salmon Mentai, Tamago, Chuka Idako, dan lainnya. 

Kalau anak-anak lebih sering mengambil sushi yang berjalan mengelilingi pengunjung daripada memesannya melalui menu.

Selain menu sushi, di Sushi Tei juga tersedia ramen, udon, tempura, don, sashimi, chawanmushi, soup, hingga salad. 

Nah, untuk menu favorit Bubu di Sushi Tei adalah Wakame Salad! :D Salad dengan berbagai sayuran dan rumput laut lalu diberi dressing saus wijen. Waaah, semangkuk besar bisa Bubu habiskan sendiri… :D 

Untuk menu dessert-nya juga ada banyak pilihan dari cake, dango, es krim, dan mousse. Waktu terakhir ke Sushi Tei, Bubu memesan Mikan Cake, cake dengan rasa jeruk. Enak, deh! :)  


2. Baiza Sushi

Ini dia sushi halal yang outlet-nya cuma ada satu di daerah Kemang, Jakarta Selatan. 

Bubu pertama kali tahu tentang Baiza Sushi dari Instagram Bang Anca (@anca.id), seorang halal lifestyle enthusiast. 

Saat ke Baiza Sushi, Bubu sekeluarga memesan ruang vip untuk merayakan ulang tahun Boo dan Mika… :D 

Seru, deh, dalam satu paket ulang tahun terdapat sushi cake, sushi train (sushi yang ditaruh di mainan kereta yang berjalan), minuman, dan nggak ketinggalan dekorasi ruangan. 

Selain sushi halal, Baiza Sushi juga menyediakan banyak menu pilihan lainnya, seperti donburi, ramen, salad, sampai berbagai camilan dan minuman segar.

Menu yang khas dan sempat viral di Baiza Sushi, yaitu Sushi Boba dan Sushi Donut! Unik banget, ya, sushi dikasih bobsa sama sushi dibentuk jadi seperti donat. :D  


3. Tom Sushi

Anak-anak seneng bangeeeet kalau diajak ke Tom Sushi. Gimana nggak? Sushi halal yang satu ini konsepnya memang semua table akan dilewati oleh sushi yang berjalan. 

Nah, anak-anak seneng banget bisa bebas memilih sushi yang mereka mau. Tapi, memang kalau ke Tom Sushi bareng Boo dan Mika harus agak direm, sih. Kalau nggak, waaah, ngambilnya nggak kira-kira, bisa kalap banyak banget! :D :D 

Sebenarnya harga per piringnya cukup affordable. Untuk piring kuning Rp 10K, piring merah Rp 15K, dan piring biru Rp 20K. Tapi kalau ngambil banyak banget, ya jadi banyak juga bayarnya… Wkwkwkwk… :D 

Pilihan menu sushi halal di Tom Sushi juga banyaaaak banget. Tapi yang sealu jadi favorit Bubu sekeluarga tentunya varian sushi dengan salmonnya. 

Di wilayah Depok, Tom Sushi berada di Depok Mal. Di bagian depan restonya juga bubu lihat terpampang logo halal. 


4. Ichiban Sushi

Nah, ini dia resto sushi yang sempat viral di social media. Penyebabnya kalau nggak salah karena pegawainya menyebut halal, tapi ternyata masih memakai mirin. CMIIW, ya, Manteman. 

Alhamdulillah belum lama ini Ichiban Sushi akhirnya memperoleh sertifikat halal. Yeaaay… :D 

Siapa hayo yang udah nungguin sertifikasi halal Ichiban Sushi?? :D 

Jujurly, Bubu dan keluarga juga pernah makan beberapa kali di Ichiban Sushi saat belum mendapat sertifikasi halal. Karena dulu memang belum begitu concern juga dengan kehalalan makanan, kan.  

Ichiban Sushi juga punya maskot yang lucu. Anak-anak tertarik banget buat makan di resto sushi ini. Di Depok, Ichiban Sushi ada di dalam Depok Mal.

Saat makan di Ichiban Sushi, kami memesan Chicken Mentai Roll dan California Roll. Untuk harganya juga masih termasuk affordable, ya. Porsinya yang agak banyak jadi bisa dimakan bersama-sama.

Pilihan menu di Ichiban Sushi juga banyak banget, termasuk ada teppanyaki juga, lho. 

Wah, setelah halal gini, jadi makin nggak sabar buat makan di Ichiban Sushi. :D 


5. Shigeru

Bubu sebenarnya agak lupa-lupa ingat apa pernah makan di Shigeru atau nggak, ya… :D 

Seingat Bubu waktu itu Yaya pernah beli Shigeru tapi di-take away jadi kami sekeluarga makannya di rumah. 

Shigeru juga sudah mengantongi sertifikat halal. Jadi no worries kalau mau makan sushi di sini, ya. 

Pilihan menunya ada banyaaaak, dan kita bisa pilih per satuan, bisa juga memesan per paket. 

Selain pilihan menu sushi, di Shigeru juga terdapat menu katsu, karaage, serta tempura. Dan ada juga robatayaki atau sate-satean yang dibakar. Duh, asli ini bikin ngiler banget, sih… :D

Oiya, untuk kawasan Depok, Shigeru ada di Depok Town Square dan Margo City. 


6. Genki Sushi

Nah, seingat Bubu, kayaknya Bubu belum pernah nih makan di Genki Sushi. Tapi pas Bubu cek di halal MUI, Genki Sushi memang sudah mendapat sertifikasi halal, ya. 

Sushi halal yang satu ini ternyata juga bisnisnya bukan hanya menyajikan berbagai menu khas Jepang di restonya, tapi juga ada program cooking class untuk anak-anak dan menyediakan catering service.

Kedua hal ini Bubu lihat di website Genki Sushi. Wah, menarik juga, ya, programnya! :D 

Untuk menunya sendiri juga beragam banget. Dari jenis sushi roll-nya aja ada banyak. Sushi nigiri juga tersedia dari salmon, tuna, udang, telur ddengan berbagai variasi topping. 

Makin pingin nyoba makan Genki Sushi, nih. Kalau Manteman yang sudah pernah makan di Genki Sushi gimana pendapat kamu soal sushi halal yang satu ini???


7. Sushi Rakyat

Sushi Rakyat termasuk tempat makan sushi halal yang belum pernah Bubu coba juga. Waktu itu pertama kali tahu Sushi Rakyat saat melihat di Instagram tentang sushi cake untuk ulang tahun.

Berbagai jenis sushi dibentuk sedemikian rupa sehingga pas untuk jadi sajian saat ulang tahun atau acara lainnya menggantikan cake. :) 

Selain sushi cake, di Sushi Rakyat juga ada banyak menu sushi porsian yang bisa dipesan. Menu sushi tersebut antara lain Kani Cheesy Roll, Sosis BBQ Roll, Crispy Skin Salmon, Tuna Roll, Sushi Telur Asin, Rendang Tofu, dan lainnya. 

Kalau lihat beberapa menunya menarik juga ya. Ada perpaduan gaya fusion Jepang dan menu khas Indonesia dalam sajian sushinya.

Oiya, untuk lokasinya, Sushi Rakyat ada di Tangerang dan Bandung. Tapi bisa juda dipesan lewat aplikasi online. 


Nah, dari 7 rekomendasi sushi halal di atas, mana nih yang jadi favorit Manteman atau yang pingin banget Manteman cobain? Yuk, share di komentar, ya… :)


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

3 komentar

  1. Aku tuh sbnrnya suka sushi yang original, seperti yg ada di jepang. Kalo yg di Indonesia ini mostly udh fusion, Krn di jeoang sendiri ga ada yg model sushi kayak di kita 😅. Tapi memang mau cari yg original kadang susahnya blm halal. Untungnya sushi Tei fav ku udah halal. Genki udah juga Yaa? Dulu sempet ga soalnya.

    Dari Bbrp pilihan di atas, ichiban aku paling ga cocok rasanya 🤣. Sempet pesen yg ada sashiminya, amis bangettt. Sejak itu kapok.

    Sushi rakyat blm coba, tapi blm terlalu pengin, Krn fusionnya terlalu banyak hahahahahah.

    Yg udh masuk dalam list ku GURESU mba. Itu MUI certified juga. Dan penasaran Ama omakase nya..

    ReplyDelete
  2. Sushie Tei halal jadi nggak perlu ragu lagi ya Bubu buat mencobannya. Aku pengen Suhi Rakyat juga. Asik kalau makin banyak rekomendasi sushi halal. Kebetulan anakku juga suka sushi, Bubu

    ReplyDelete
  3. Favorit aku sushie tei, itu halal kan ya? Aku penggemar sushi khikhikhi tapi orang rumah gada yang begitu suka, katanya kurang nendang wkwkwk. Buat aku enak banget

    ReplyDelete