Belajar Bisnis dengan Bermain Game Simulasi

by - September 08, 2023

game-simulasi-bisnis


Tepat satu tahun setelah resign dari kantor, kini Bubu jadi berpikir untuk memiliki bisnis rumahan yang bisa menambah penghasilan rumah tangga. 

Rasanya masih banyak mimpi-mimpi Bubu dan keluarga yang belum kesampaian. Tentunya semua mimpi tersebut butuh waktu, usaha, dan tentu saja, pundi-pundi uang! :D 

Karena itulah, semoga Bubu tahun ini bisa memulai usaha rumahan dengan serius dan hasilnya pun juga dapat diandalkan. Aamiin aamiin… 

Nah, sejak beberapa waktu lalu, Bubu pun jadi rajin melihat konten-konten terkait bisnis rumahan. Dari konten-konten tersebut ada beberapa tips bisnis rumahan yang Bubu catat dan bisa jadi pelajaran buat Bubu. 


Tips Memulai Bisnis Rumahan

Adakah Buibu yang juga punya rencana untuk membangun bisnis rumahan?  Berikut tips-tips untuk memulai bisnis rumahan yang bisa Buibu lakukan, yaa… 

- Bisnis Sesuai Passion dan Keahlian

Buibu bisa memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian. Ini akan membuat lebih termotivasi untuk bekerja dan berkembang dalam bisnis. Namun meski nggak terlalu sesuai dengan passion pun sebenarnya nggak apa-apa, asalkan Buibu enjoy melakukannya. 


- Lakukan Riset  

Lakukan riset pasar untuk memahami apakah ada permintaan untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Buibu juga bisa pelajari pesaing dan temukan celah pasar yang mungkin ada.


- Tentukan Model Bisnis & Rencana Bisnis

Pilih model bisnis yang sesuai, seperti menjual produk fisik, layanan online, jasa konsultasi atau bahkan bisnis afiliasi. Pastikan Buibu memahami bagaimana model bisnis tersebut akan menghasilkan pendapatan.

Selain itu buat juga rencana bisnis sederhana yang mencakup tujuan, strategi, anggaran, dan rencana pemasaran. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan mengukur kemajuan bisnis.

game-simulasi-bisnis


- Pisah Keuangan Pribadi & Bisnis

Coba atur keuangan dengan baik dan pastinya pisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Buat anggaran dan catat semua pengeluaran dan pemasukan dengan rapi. Dengan pemisahan keuangan ini bisa membuat keuangan bisnis jadi lebih jelas. 


- Manfaatkan Teknologi untuk Promosi

Nah, ini, nih, strategi yang penting di saat ini. Bubu banyak banget lihat entrepreneur sukses yang menjalankan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi untuk promosi. Kita bisa menggunakan platform e-commerce, media sosial, dan perangkat lunak manajemen bisnis. Pelajari strategi pemasaran online dan offline yang efektif. Manfaatkan media sosial, blog, email marketing, dan kolaborasi dengan sesama pemilik bisnis kecil juga bisa membantu.


- Tempat Kerja dan Jadwal yang Teratur

 Meski di rumah, tetap tentukan ruang kerja yang nyaman dan tertata rapi. Ini akan membantu kita menjaga fokus dan produktivitas. Selain itu, buat jadwal kerja yang teratur dan disiplin. Ini akan membantu menghindari gangguan dan memastikan kita memiliki waktu untuk keluarga.


Kesuksesan bisnis rumahan pastinya juga memerlukan waktu dan usaha. Sabar dan tekun jadi kuncinya.

Tentunya  menjaga keseimbangan antara bisnis dan kehidupan pribadi juga jadi hal yang penting. Prioritaskan waktu bersama keluarga dan diri sendiri untuk mencegah kelelahan dan kejenuhan, ya… :D 


Rekomendasi Game Online Simulasi Bisnis

Biar nggak jenuh juga Bubu selain cari tahu soal tips-tips membangun bisnis, Bubu pun menyempatkan diri untuk main game online yang berkaitan sama bisnis, nih! 

Main game online ini tentunya bisa di laptop maupun di handphone. Untuk Bubu sendiri lebih suka main di handphone karena bisa main sambil santai dan rebahan… :) 

Dan asiknya lagi, main game online di Money Games Bubu nggak perlu download aplikasi. Cukup buka website-nya aja, langsung, deh, ada banyak game online simulasi bisnis yang bisa kita mainkan. Bubu coba rekomendasiin beberapa game yang Bubu suka mainkan, yaa…  


FLOWER SHOP

Begitu melihat ada game simulasi tentang toko bunga, tanpa pikir panjang Bubu langsung mainin, dong, Ya, Bubu tertarik banget sama bisnis toko bunga. Bahkan waktu itu sempat ikut meeting soal gimana memulai bisnis toko bunga dari nol. :) 

Game simulasi Flower Shop ini terdiri dari 10 level dan sebenarnya mudah dimainkan. Tiap level permainan ada target yang harus dicapai untuk bisa lanjut ke tahap berikutnya. 

game-simulasi-bisnis-flower-shop

game-simulasi-bisnis-flower-shop

Caranya kita tinggal melihat pesanan pelanggan yang datang ke toko, kita ambil pesanannya dan langsung diberikan ke pelanggan. 

Nah, serunya di game simulasi ini, kita juga belajar soal bagaimana menyetok barang jualan. Jadi, stok bunga di toko terbatas. Alhasil kita harus segera menyetok supaya jika pelanggan berikutnya menginginkan bunga tersebut, stoknya sudah tersedia.


COOKING STREET

Awalnya begitu melihat nama game simulasi ini, Bubu pikir ini tentang jajanan kali lima. Ternyata game Cooking Street kita diminta untuk membuat STEAK! Mantap, ya! :D 

Nah, cara permainannya juga nggak sulit, kok. Pemain diminta untuk menyiapkan steak, minuman, dan juga snack atau side dish-nya. Tiap pelanggan memiliki pesanan yang bisa berbeda. 

game-simulasi-bisnis-cooking-street

game-simulasi-bisnis-cooking-street

Kecepatan dan ketepatan tentu saja menjadi kunci utama dalam menuntaskan game simulasi bisnis ini! Hayooo, ada nggak, nih, Buibu yang pingin punya bisnis kuliner??? Belajar dari game simulasi ini juga bisa, lho, termasuk belajar responsif dengan pesanan yang datang bertubi-tubi… :) 


JEWEL SHOP

Nah, Jewel Shop merupakan permainan simulasi toko perhiasan yang sederhana. Perhiasan yang dijual ada beberapa jenis, dari kalung, cincin, hingga permata. 

Cara memainkannya mirip dengan Flower Shop. Kita diminta untuk memberi pesanan customer sesuai yang mereka inginkan. 

Setelah pelanggan membayar, jangan lupa untuk mengumpulkan uangnya sesuai target untuk maju ke level permainan berikutnya. 

game-simulasi-bisnis-jewel-shop

game-simulasi-bisnis-jewel-shop

Di Jewel Shop juga terdapat sistem stok barang. Jadi karena stok sangat terbatas, begitu barang habis, kita sebagai penjual harus segera mengisi stoknya kembali. Nah, agak tricky-nya adalah untuk penyetokan ini membutuhkan waktu. 

Makanya, meski kelihatannya mudah, Bubu sempat beberapa kali kehilangan pelanggan karena stok barang habis dan harus diisi kembali namun tidak keburu waktu… :) 


IDLE PET BUSINESS

Selain game simulasi bisnis makanan, bunga, dan perhiasan, ada satu lagi game simulasi yang Bubu suka di web ini, yaitu bisnis pet shop… :) 

Di sini kita bisa mengoperasikan toko hewan peliharaan dan mengembangkannya, lho. Jadi bermula dari hamster, bisa menambah hewan peliharaan lainnya, seperti kucing, anjing, kelinci, hingga burung beo. 

Cara memainkannya juga mudah dan menyenangkan. Klik gambar hewan peliharaan dan dapatkan penghasilan yang bisa digunakan untuk berinvestasi dan meningkatkan keuntungan. 

Di game ini kita juga belajar untuk mengembangkan bisnis seperti dengan memasarkannya di social media untuk memperoleh penghasilan lebih cepat dan lebih banyak. 

game-simulasi-bisnis-pet-shop

game-simulasi-bisnis-pet-shop

Baca Juga: Rekomendasi Game Online Anti Bosan


Selain game simulasi yang Bubu sebutkan di atas, masih banyaaaak lagi jenis game lainnya yang ada di web ini. :) Oiya, game simulasi ini pun bisa banget dimainkan anak-anak, ya. Bahkan di website-nya tertulis Free Online Financial Video Games For Kids... :)

Artinya, anak-anak sedari dini pun bisa mulai belajar mengenai bisnis dan keuangan dari game ini. Asalkan saat bermainnya tetap didampingi, ya, Buibu... 

Nah, dari game online yang Bubu mainkan ini, hal yang sangat terasa adalah kecepatan respon dalam melayani customer. 

Ya, ternyata responsif kepada pelanggan juga jadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis. Bayangkan, berapa banyak pelanggan yang akan kecewa jika kita sebagai pemilik usaha tidak responsif dan tidak bersikap baik dan ramah. 

Apalagi, ya, sekarang apa-apa bisa dikontenin. Rasa kecewa tersebut bisa dilampiaskan di social media dan bisa saja menghancurkan bisnis yang sudah dirintis. 

Selain itu Bubu jadi belajar juga kalau stok barang itu penting. mengembangkan bisnis lewat social media juga bisa jadi cara ampuh untuk mempercepat kemajuan usaha. ;) 

Gimana, tertarik juga buat bikin bisnis rumahan dan belajar salah satunya dari game simulasi? Yuk, dicoba aja Buibu. Semoga kita bisa sukses menjalankan bisnis impian, yaa…



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Beberapa permainan di website ini pernah aku coba bareng anak2. Tapi yg mba tulis belum nih. Anak2ku Skr JD suka tiap diajak main begini. Krn mereka bisa ikut belajar, sambil main games.

    Anak Skr mah, kalo diajak belajar teori doang ga bakal masuk mba 🤣. Butuh ada interaksinya, biar paham 😄. Coba yaa zaman kita dulu udh ada yg begini 😁.

    ReplyDelete