Tren Wisata Halal yang Semakin Populer

by - September 10, 2023

wisata-halal


Wisata halal telah menjadi tren yang semakin populer di berbagai belahan dunia, terutama di negara-negara dengan populasi muslim yang besar. 

Banyak destinasi wisata, hotel, dan perusahaan perjalanan kini menawarkan paket wisata halal untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi wisatawan muslim. 

Tentu saja hal ini dapat membantu para muslim untuk memastikan kalau perjalanan mereka sesuai dengan keyakinan agama yang dianut. Sebenarnya seperti apa, sih, wisata halal atau halal tourism itu???


Pengertian Wisata Halal

Wisata halal merupakan jenis perjalanan atau liburan yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. 

Tujuan utama dari wisata halal itu sendiri adalah memastikan kalau aktivitas selama perjalanan tidak melanggar hukum Islam dan memenuhi persyaratan etika dan moral yang ditetapkan oleh agama.


Karakteristik Wisata Halal

Kalau menurut Bubu, wisata halal memiliki beberapa karakteristik atau hal-hal yang dapat membuat wisata disebut sebagai wisata halal. 

Berikut beberapa karakteristik utama dari wisata halal:

- Kuliner Halal

Nah, ini dia salah satu karakteristik utama dari wisata halal. Wisatawan muslim biasanya  akan mencari restoran dan makanan yang disiapkan sesuai dengan aturan makanan halal Islam. Ini berarti makanan harus dipersiapkan tanpa menggunakan bahan-bahan haram dan diolah sesuai syariat. 

Bukan hanya daging babi atau minuman beralkohol saja, bahan seperti rhum, angciu, mirin yang merupakan turunan alkohol juga tidak diperkenankan untuk dikonsumsi. Selain itu penyembelihan dan pengolahan daging sapi, ayam atau daging lainnya yang halal juga harus mengikuti syariat. 

wisata-halal

Baca Juga: Steak Halal Urban Wagyu Steakhouse


- Sholat dan Ibadah

Wisatawan muslim yang concern dengan ibadahnya tentu akan membutuhkan fasilitas untuk sholat dan menjalankan ibadah mereka selama perjalanan wisata. Hotel-hotel dan tempat wisata halal biasanya menyediakan fasilitas sholat yang memadai.

Untuk waktu pelaksanaan ibadah sholatnya sendiri dan juga arah kiblat juga diakomodir dengan baik oleh wisata halal.


- Kegiatan yang Sesuai Prinsip Islam

Aktivitas wisata halal juga sudah sepatutnya sesuai dengan nilai-nilai Islam. Ini berarti dalam wisata halal menghindari aktivitas yang dapat dianggap tidak bermoral atau tidak sesuai dengan ajaran agama, seperti perjudian, perzinahan, konsumsi alkohol, dan lainnya.


- Kebudayaan dan Sejarah Islam

Wisata halal seringkali mencakup kunjungan ke tempat-tempat bersejarah dan budaya yang terkait dengan Islam, seperti masjid-masjid bersejarah, situs-situs bersejarah, dan kota-kota yang kaya dengan warisan Islam masa lampau.

wisata-halal

Baca Juga: Rekomendasi Sushi Halal


Destinasi Populer Wisata Halal di Dunia

1. Indonesia 

Dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, negara kita masuk dalam destinasi wisata halal paling populer diantara negara lainnya. Bagi Manteman muslim pasti juga merasakan, ya, bagaimana dengan mudahnya dapat beribadah dan menemukan makanan halal di sini. :) 

Beberapa daerah di Indonesia, seperti Aceh, Sumatera Barat, juga Riau dan Kepulauan Riau kental akan nuansa Islaminya. 

Sedangkan di sebagian besar pulau Jawa, dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur juga dapat menjadi destinasi halal tourism. Sedangkan di bagian timur Indonesia, ada Makassar juga Lombok yang populer sebagai destinasi wisata halal. 


2. Malaysia

Baru ada rencana keluar negeri? Malaysia termasuk negara yang ramah dengan Muslim karena negaranya sendiri juga kebanyakan orang Melayu dan beragama Islam. 

Tentunya mudah menemukan kuliner halal dan tempat ibadah di berbagai kota di Malaysia, seperti Kuala Lumpur, Melaka, dan kota lainnya. 


3. Arab Saudi

Sebagai destinasi umroh dan haji, negara Arab Saudi menyiapkan fasilitas terbaiknya bagi para jamaah. Mulai dari hotel, makanan, hingga wisata belanja. Selain beribadah, di Arab Saudi juga banyak tour untuk berziarah ke tempat-tempat bersejarah Islam. 


4. Uni Emirat Arab

Siapa yang mau ke Dubai??? Dubai menjadi kota terpadat di Uni Emirat Arab dan jadi kota wisata populer bagi banyak masyarakat dunia. 

Biasanya ada paket umroh yang juga menyertakan wisata ke Dubai sebagai daya tariknya. Dikelilingi dengan gedung-gedung tinggi, Burj Khalifa, Burj Al Arab, dan gedung lainnya, Dubai juga concern dengan fasilitas bagi para muslim traveler. 


5. Turki

Turki memiliki banyak tempat bersejarah yang erat kaitannya dengan perkembangan Islam. Blue Mosque dan Hagia Sophia adalah dua diantaranya. Wisata ke Turki pun dianggap ramah bagi para muslim karena banyaknya restoran halal dan kemudahan dalam beribadah. 


Selain lima negara di atas yang memang populasi muslimnya banyak, ada juga negara-negara lain, seperti Jepang dan Korea yang mulai ramah dengan muslim traveler. 

Wisata halal ke negara dengan penduduk muslim bukan mayoritas pun kini semakin mudah. Kuncinya adalah riset sebanyak-banyaknya dan kita bisa tetap merasa nyaman berwisata sambil menjalankan aturan agama.


Bubu Dita

@rumikasjourney



Related Posts

2 komentar

  1. saya taunya indonesia sama malaysia aja sih
    yang cukup oke

    ReplyDelete
  2. Aku pribadi Krn sering traveling ke Negara2 non muslim, ngerasain kok skr cari kuliner halal gampang. Di Amerika kemarin lumayan banyak malah.

    Kalo negara Islam, udh pastilah yaa, jauh lebih gampang lagi. Walopun masih ada bbrp restoran yg ttp jual alkohol walopun makanannya halal 😅. Tapi jujur, aku ga masalahin soal begitu. Toh aku ga minum. Jadi buatku kalo memang restorannya masih jual alkohol tapi makanan aman, aku masih makan di situ.

    ReplyDelete