Alun-Alun Kidul Yogyakarta Saat Malam

by - October 01, 2023

alun-alun-kidul-yogyakarta

Salah satu tempat wisata yang bisa jadi pilihan saat liburan ke Yogyakarta apa lagi kalau bukan berkunjung ke Alun-Alun Kidul! 

Kota Yogyakarta memiliki dua alun-alun, yaitu Alun-Alun Lor (utara) yang letaknya di depan keraton dan Alun-Alun Kidul (selatan) yang berada di belakang keraton. Kedua alun-alun tersebut memiliki ciri khas adanya dua pohon beringin besar yang ada di tengah-tengahnya. 

Saat liburan ke Yogyakarta beberapa waktu lalu, Bubu sekeluarga pun menyempatkan diri sejenak ke salah satu alun-alunnya, yaitu Alun-Alun Kidul saat malam hari. 

Dari hotel yang terletak di Malioboro, Bubu dan anak-anak menaiki becak motor. Jaraknya memang nggak terlalu jauh sekitar 2 km tapi kalau jalan kaki, ya, gempor juga. Jadi kami naik becak motor saja… :D 

Naik becak motor dari hotel ke Alun-Alun Kidul Yogyakarta tampaknya jadi pilihan tepat! Anak-anak seneng banget, apalagi saat malam sudah banyak lampu menyala di jalanan. Selain itu karena saat itu pun sedang libur sekolah, suasana Kota Yogyakarta pun juga sangat meriah!

Sesampainya di Alun-Alun Kidul Yogyakarta, Bubu langsung terpana. Waw, ada banyak banget manusia di sini! :D

Alun-Alun Kidul sepertinya memang jadi tempat favorit bagi warga Yogya di sore hingga malam hari untuk menikmati suasana dan beraktivitas. 

Apa aja hal yang bisa dilakukan di Alun-Alun Kidul Yogyakarta?


Piknik Bareng Keluarga & Teman

Ada banyak orang yang duduk-duduk santai di rerumputan Alun-Alun Kidul. Kalau Manteman ke Alun-Alun Kidul Yogyakarta bisa juga hal ini jadi inspirasi. 

Kita bisa membawa tikar dan siapkan bekal lalu piknik santai di Alun-Alun Kidul. Tentunya jika hal ini dilakukan saat weekend atau masa liburan, bisa dipastikan tempat ini akan ramai. 

Tapi karena luas, ya, jadi masih ada spot-spot kosong yang Bubu lihat dan bisa banget kalau Bubu sekeluarga piknik di sini. Tapi karena nggak bawa perlengkapan piknik dan masih mau mengeksplor tempat ini kami jadinya hanya berkeliling Alun-Alun Kidul saja. 

Baca Juga: Review Hotel Khas Malioboro


Wisata Kuliner

Nah, ini dia hal yang nggak boleh dilewatkan kalau ke Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Banyaaaaak banget penjaja makanan dan minuman di sekitar Alun-Alun Kidul. 

Tentunya juga bukan hanya makanan khas Yogya aja, ya. Tapi segala jenis makanan kayaknya ada, deh, yang jualan di sana. :D  Anak-anak membeli sosis bakar dan makanan favorit mereka lainnya!

Bisa juga, nih, setelah beli makanan kita masuk lagi ke dalam lapangan Alun-Alun Kidul dan makan sambil piknik di sana, Seru, yaa! :D 

Nah, tapi karena saat itu Bubu merasa riweuh karena banyak orang dan jalanan juga macet, akhirnya setelah beli makanan di sekitar Alun-Alun Kidul, kami langsung balik lagi ke hotel… 


Naik Becak Lampu

Di sekitar ALun-Alun Kidul juga ada banyak becak-becakan kelap-kelip. Wah, pasti anak-anak bakal tertarik buat naik dan keliling Alun-Alun Kidul dengan becak lampu warna-warni ini. 

Ada nggak Manteman yang pernah coba naik becak lampu di Alun-Alun Kidul? 

Baca Juga: Bunker Kaliadem Yogyakarta


Berjalan di antara Dua Pohon

Ini dia aktivitas paling menarik yang ada di Alun-Alun Kidul Yogyakarta! Dengan mata yang tertutup ditantang untuk melewati jalan diantara dua pohon beringin kembar. Aktivitas ini biasa disebut dengan istilah masangin. 

Ada beberapa mitos mengenai hal ini. Katanya jika ada yang berhasil berjalan lurus di antara kedua pohon tersebut niscaya ia adalah orang yang lurus hatinya. 

Ada juga yang menyebut kalau pasangan yang melewati pohon tersebut dan gagal maka akan putus cintanya. Manteman percaya, nggak? 

Namanya juga mitos, ya, tentu aja nggak bisa dipercaya juga. Menurut Bubu kalau mau melakukan masangin untuk seru-seruan aja tanpa maksud apa pun kenapa nggak? Hehe… :D 

alun-alun-kidul-yogyakarta

Anak-anak juga penasaran dan mencoba-coba jalan tertutup di antara pohon itu. Kelihatannya mudah, tapi ternyata nggak semudah yang dipikirkan… :D

Manteman pernah juga nggak melakukan masangin ini? Atau ada aktivitas seru lainnya di Alun-Alun Kidul yang pernah Manteman lakukan? Yuk, share di kolom komentar! 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

3 komentar

  1. Dah lama gak ke Yogya next agendain ke alun alun kidul

    ReplyDelete
  2. Aku sering ke Jogja, tapi ga pernah khusus ke alun2 Mbaaa 🤣. Lewat doang gitu. Padahal tau mitos ttg pohon beringin ya. Cuma memang blm sempet utk ngerasain sendiri 😄.

    Nanti kalo ke Jogja lagi deh.

    Biasanya lewatin alun2 ini pas siang, jadi vibe nya beda pasti. Kayaknya aku ga pernah lewatin waktu malam deh.

    ReplyDelete
  3. Sekarang ramai banget di alun-alun kidul Jogja, macet juga kalo malam

    ReplyDelete