Tempat Syuting Film Petualangan Sherina 2

by - September 30, 2023


Siapa, nih, yang sudah nonton film Petualangan Sherina 2??? :D Bagi penggemar film sebelumnya, Petualangan Sherina, yang tayang 23 tahun lalu rasnaya pasti nostalgia banget, ya, melihat kembali aksi Sherina dan Sadam. 

Banyak hal menarik yang ada di film sekuel Petualangan Sherina kali ini. Salah satunya tentu saja tempat pengambilan gambar atau lokasi syuting film.

Jika di film pertamanya lokasi syuting berlangsung di Bandung, Jawa Barat, di film Petualangan Sherina 2 penonton disuguhkan dengan keindahan bumi Kalimantan. 

Inti cerita film Petualangan Sherina 2 mengangkat kisah tentang Sherina yang menjadi jurnalis stasiun televisi. Ia ditugaskan meliput proses pelepasan induk dan anak orangutan ke alamnya. 

Di sanalah Sherina akhirnya bisa berjumpa kembali dengan Sadam yang menjadi project manager  lembaga OUKAL (Orang Utan Kalimantan) yang bertugas melakukan konservasi hingga pelepasan orangutan tersebut.

Namun ditengah tugas liputannya, anak orangutan yang dilepas ternyata diambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk dijadikan koleksi. 

Nah, di film ini kita bisa melihat beberapa tempat di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Tengah yang menjadi latarnya. Selain itu ada juga lokasi syuting tempat bersejarah di Jakarta yang baguuuus banget!

Ini dia beberapa tempat syuting film Petualangan Sherina 2 yang Bubu rangkum dari berbagai sumber, ya… 


Jembatan Kahayan, Palangkaraya

Jembatan Kahayan yang berlokasi di ibukota Kalimantan Tengah, Palangkaraya, ini sempat beberapa kali muncul di adegan film. Pertama saat Sherina sampai pertama kali di Kalimantan dan juga saat adegan bertarung dengan tokoh antagonis di film ini. 

Jembatan ini bisa dibilang menjadi icon Kota Palangkaraya. Dengan adanya Jembatan Kahayan, pusat ibu kota Palangkaraya bisa terhubung dengan Kelurahan Pahandut Seberang, Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas, Barito Selatan, Barito Utara, dan lainnya.

Dok: Banjarmasinpost.co.id / Faturahman


Jembatan yang berada di atas Sungai Kahayan ini memiliki panjang 640 meter dan lebar 9 meter. Terdapat 12 bentang dengan bentang khusus sepanjang 150 meter. 

Jembatan Kahayan sudah lama berdiri. Dibangun sejak 1995, jembatan ini selesai dibangun pada 2001 dan diresmikan pada 2002. 

Selain menjadi jalur penghubung, keberadaan Jembatan Kahayan juga bisa menjadi tempat wisata bagi warga masyarakat. 

Baca Juga: Wisata Edukatif ke Tugu Khatulistiwa Pontianak


Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF)

Tempat Sadam bekerja, yaitu OUKAL ternyata benar-benar berupa kantor lembaga yang concern terhadap kelestarian orangutan. 

Aslinya tempat tersebut merupakan kantor lembaga swadaya masyarakat nirlaba Indonesia, yaitu Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) yang berlokasi di Komplek Arboretum Nyaru Menteng, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya. 

Dok: orangutan.or.id


Tempat ini merupakan konservasi untuk orangutan Kalimantan yang terancam punah karena adanya pembakaran dan penebangan hutan. Jika dirasa orangutan yang melalui tahapan-tahapan konservasi sudah siap mereka akan dilepas kembali ke alam yang masih lestari. 

Letaknya agak jauh dari pusat kota Palangkaraya. Jaraknya hampir 30 km. 

Dari referensi yang Bubu baca, ternyata tempat konservasi ini boleh dikunjungi oleh wisatawan juga, lho. Hanya saja memang pengunjung tidak bisa berdekatan dengan orangutan yang dijaga di sana. 


Desa Tumbang Manggu & Desa Tumbang Kaman, Katingan, Kalimantan Tengah

Bagi Manteman yang sudah menonton film Petualangan Sherina 2 pasti nggak asing dengan scene saat Sayu dan ibunya, Hilda, akan dikembalikan ke alamnya. 

Sherina, Sadam, dan petugas konservasi melakukan perjalanan yang cukup panjang. Bahkan mobil yang mereka naiki juga menyeberangi sungai dengan memakai kapal. 

Perjalanan tersebut berlangsung di Desa Tumbang Manggu yang terletak di Katingan, Kalimantan Tengah. 

Sedangkan scene saat Sherina dan Sadam menyusuri sungai dengan perahu mengejar para penjahat berlangsung di Desa Tumbang Kaman, Katingan, Kalimantan Tengah. 

Dok: Base Entertainment


Pulau Kelor, Kepulauan Seribu Jakarta

Di akhir cerita, Sherina dan Sadam melakukan perjalanan ke sebuah pulau dengan bangunan bersejarah. 

Pulau tersebut merupakan Pulau Kelor yang berada di Kepulauan Seribu, Jakarta! Ya, nggak jauh dari ibu kota kita bisa berkunjung ke pulau ini dan melihat bangunan bersejarah Benteng Martello.

Dok: TribunJakarta.com / Satrio Sarwo Trengginas

 

Benteng ini dibangun pada masa Belanda oleh Gubernur Jenderal Jan Jacob Rochussen pada 1849-1850. Benteng Martello dibuat sebagai sistem pertahan pulau. 

Selain di Pulau Kelor, benteng ini juga dibangun di pulau sekitar, yaitu Pulau Onrust, Pulau Bidadari, dan Pulau Cipir. Namun hanya di Pulau Kelor dan Pulau Bidadarilah yang masih tersisa bangunan benteng ini dan menjadi tempat wisata. 

Baca Juga: Wisata di Kota Lama Semarang


Gimana, tertarik nggak buat mengunjungi beberapa lokasi syuting film Petualangan Sherina 2 yang Bubu sebut di atas??? :D Kalau Bubu pingin banget eksplorasi Kalimantan Tengah dna ke tempat orangutan juga… :D 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

24 komentar

  1. Waah..aku sudah lama penasaran dg keindahan alam Kalimantan dan makin penasaran setelah baca tulisan ini! Mudah2an kelak aku berkesempatan menikmati langsung keindahannya.

    ReplyDelete
  2. Wahh keren banget, boleh jadi destinasi wisata kalo lagi ke Bandung.

    ReplyDelete
  3. Aku tuh dari duluuuuu pengen banget bisa gendong orang utan mba . Gendong aja, ga mau pelihara, karena tahu ga boleh juga 😄. Ntah kenapa liat foto2 mereka, atau film yg memakai orang utan sebagai karakter cerita, gemees liat mereka pinter gitu.

    Blm nonton sih Sherina, pengenny nunggu masuk Netflix atau streaming film yg lain 😄. Kalo film Indonesia, aku memang prefer nonton di rumah, makanya selalu nungguin kalo udh masuk ntah prime video, iflix, Disney Hotstar atau netflix.

    Tapi kalo bicara spot lokasi filmnya, aku pun kalo suka bgt Ama suatu film, pasti tertarik utk datangin langsung lokasi.

    Ada beberapa film fav yg aku masukin dlm bucket list utk didatangin suatu saat nanti ☺️😄

    ReplyDelete
  4. wahhh, jujur saya belum nonton filmnya sih, dan memang gak ngikutin serial petualangan sherina semenjak awal. Cuma memang lokasi-lokasi di Indonesia itu banyak yang bagus memang untuk keperluan syuting, hanya saja karena kebanyakan film terbentur budget, jadi latarnya banyak yang mirip mirip, karena syutingnya diperkotaan.

    ReplyDelete
  5. dari jakarta sampe kalimantan, hehe pas ya sama ibu kota yang mau pindah. tapi dari film sherina sebelumnya emang visual pemandangannya cakep-cakep, jadi berasa ikut berpetualang

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke Kalimantan. Hanya tahu kalau Kalimantan itu paru-paru dunia dan tempat tinggalnya org utan. Apakah sekarang masih sama? Mengingat beberapa hari lalu terjadi kebakaran besar di sana.

    ReplyDelete
  7. Film yang penuh kenangan ya kak semoga bisa nonton juga

    ReplyDelete
  8. Jujur aku bukan orang yang ngikutin film petualangan sherina yang dari zaman bocah wkwk tapi memang tau kalau petualangan sherina ini udah hype dari lama bangettt. Baca artikel ini aku baru tau kalau ternyata digarapnya untuk petualangan sherina 2 dengan totall. Aku jadi penasarann

    ReplyDelete
  9. Menurut saya film ini seperti pengingat bahwa kalimantan itu salah satu daerah yang harus benar2 dijaga, mengingat kalimantan merupakan paru-parunya negara kita Indonesia

    ReplyDelete
  10. bagus-bagus bangettt, ikonik. Saya mau ke kalimantan kaya nya seruu juga ke sana karena banyak tempat yang menarik.

    ReplyDelete
  11. hehee.. film petualangan sherina merupakan remake nostalgia yang seru, dan kebetulan lokasi2 syuting nya ada di kota sya, kota palangka raya.. trims udah berbagi cerita dan ulasannya

    ReplyDelete
  12. Waaah blog jalan-jalan, jadi penasaran apa kakak pernah singgah juga ke Kalsel heheh ~.~

    ReplyDelete
  13. Belum nonton filmnya sih, nanti coba nonton deh. Penasaran juga sama pulau kelor, padahal Deket si tp blum pernah kesitu.

    ReplyDelete
  14. Wah, jadi makin ga sabar buat nonton film Petualangan Sherina 2 ini. Pasti bakal seru ditontong bareng keluarga. Makasih, Kak. Bikin diri ini maiin semangta huat nonton segera

    ReplyDelete
  15. Ahh, penasaran sama film ini. Hahaa.. itu kebanyakan syutingnya di kalimantan ya. Dulu gara² film ini pertama kali, merengek pengen ke boscha. Hehehe... ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  16. Waah, serunya.. Saya belum sempat menonton Petualangan Sherina 2 ini, tapi melihat latar lokasinya, duh daya tarik alam Indonesia memang juara. Film ini salah satu film yang mengedukasi ya untuk anak.

    ReplyDelete
  17. Hutan Kalimantan memang yang masih paling asri. Wajar jika shooting fim petualangan diambil disana.
    Bagi orang kota, mungkin suasana hutan terlihat indah, tapi percayalah jika Anda disana, itu bukan tempat yang nyaman. Karena ada begitu banyak nyamuk malaria yang siap membuat anda demam berhari2 hingga kehilangan kesadaran, ada banyak lintah yang siap menghisab darah anda, bahkan orang utan yang terlihat lucu dan menggemaskan, aslinya dalam kondisi liar sangatlah buas, mereka bisa menyakiti hingga membunuh manusia jika mereka marah.

    ReplyDelete
  18. Aku jadi makin penasaran deh sama film ini,
    padahal tadinya aku ga tertarik sama si petualang sherina ini, padahal hype banget dari kecil dulu. Hmmmm

    ReplyDelete
  19. Menarik ya mbak lokasi2 syutingnya. Secara tdk langsung jd mengenalkan kpd masyarkat daerah lain di Indonesia di luar Jawa. Aku mau bgt bs ke Palangkaraya.

    ReplyDelete
  20. Wah, belum kesampaian nih nonton petualangan Sherina 2 ini. Seru banget kayanya nih. Berasa nostalgia. Ternyata tempat syutingnya di Kalimantan dan Kep Seribu. Jadi pengen nonton deh

    ReplyDelete
  21. Aku udah lama banget pengen ke pulau kelor tp belom kesampaian sampai skrg. Pas kmrn ini nonton film sherina, langsung bangettt aku bilang ke suami "aku mau kesituuu nanti pas gajian" hahaha seru yaa latarnya bagus2

    ReplyDelete
  22. Nggak nyangka sih film nostalgia ini akan mengangkat isu perlindungan orangutan. Keren sekali

    ReplyDelete
  23. Tadi siang daku nonton Petser2 ini. Seru, dan bagian segernya memang pas adegan melihat hutan Kalimantan yang disorot dari atas, semoga terjaga selalu hutan kita ya

    ReplyDelete
  24. Temenku kemarin happy banget karena abis nonton film Petualangan Sherina 2.
    Katanya, membangunkan inner child-nya dan jadi kangen sama film Petualangan Sherina 1. Kangen banget memang film Indonesia yang bisa ditonton semua usia.

    ReplyDelete