Cara ke Melaka dari Kuala Lumpur

by - October 14, 2023


Ingin wisata kuliner dan sejarah di Melaka, Malaysia? Yuk, cek di sini gimana cara ke Melaka dari Kuala Lumpur!

Memang, sih, di Melaka ada Bandara Udara International Melaka. Tapi sampai saat Bubu Dita menulis ini belum ada penerbangan langsung dari Jakarta langsung ke Melaka. 

Cek di OTA pun belum ada jadwal pesawat dari Jakarta yang direct ke Melaka. Jadi paling memungkinkan untuk ke Melaka memang naik pesawat dulu menuju Kuala Lumpur. Setelah itu baru lanjut lagi perjalanan darat ke Melaka. 


Ke Melaka Langsung dari KLIA2

Saat solo traveling beberapa tahun lalu ke Melaka, Bubu berangkat pagi dari Soekarno Hatta menuju Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dengan Air Asia. 

Setibanya di KLIA2, Bubu langsung menuju Transportation Hub yang ada di Level 1. Di sini ada banyak bis yang melayani berbagai rute di Malaysia, salah satunya ke Melaka. 

Dari KLIA2 ke Melaka, Bubu menggunakan bis Transnasional, ya. 

Sebelum naik bis, Bubu membeli tiketnya langsung di loket. Ada beberapa loket yang melayani pembelian bis Transnasional. Di dekat loket juga banyak disediakan kursi untuk menunggu.



Sebenarnya bisa juga beli tiket via online. Tapi kalau belum punya tiket online beli langsung pun bisa dan tempat duduknya juga masih banyak tersedia. 

Nggak menunggu terlalu lama, bis pun datang dan Bubu langsung naik ke dalamnya. Benar saja, begitu masuk, bis masih kosong dan ketika sudah berangkat dari KLIA2 pun penumpang di dalam bis juga sedikit. 

Bis Transnasional dari KLIA2 Kuala Lumpur ke Melaka yang Bubu naiki terasa nyaman dengan kursi penumpang empuk dan kondisi bis yang juga bersih. Untuk jumlah seat penumpang bisa memuat sekitar 35 orang. 




Jarak antara KLIA2 - Melaka sekitar 135 km. Durasi perjalanan biasanya 2-3 jam melalui jalan tol. Seingat Bubu perjalanan lancar-lancar aja dan nggak kena macet… :D 

Baca Juga: 10 Hal Menarik di Melaka


Jadwal Bis Transnasional dari KLIA dan KLIA2 ke Melaka

Nah, buat Manteman yang udah ada rencana ke Melaka dari Kuala Lumpur, bisa cek di sini jadwal bis Transnasionalnya, ya. Jadwal ini Bubu dapatkan dari website klia2.info.

Oiya, selain dari KLIA2, bis Transnasional ke Melaka juga ada dari KLIA, ya. Jadi tergantung nanti pesawat Manteman mendarat di KLIA atau KLIA2, bis tersebut pasti tersedia. 

Jadwal Bis Transnasional KLIA - Melaka


Jadwal Bis Transnasional KLIA2 - Melaka


Harga Tiket Bis Transnasional 

untuk harga tiket bis Transnasional dari KLIA/KLIA2 ke Melaka dibedakan antara tiket dewasa dan tiket anak-anak. Berikut ini harga tiketnya:


Dewasa: RM 24,10 (sekitar Rp 80 ribu) 

Anak-anak: RM 18,10 (sekitar Rp 60 ribu)


Gimana menurut Manteman, harga tiketnya mahal, pas atau murah??? 

Kalau menurut Bubu dengan durasi perjalanan yang lumayan juga , ya, 2-3 jam dan kondisi bis yang nyaman harga tiket bisnya termasuk pas. Nggak jauh beda sama bis Hiba yang pernah Bubu gunakan dari Soekarno Hatta ke Depok… :) 


Melaka Sentral ke Pusat Wisata Melaka

Dari KLIA atau KLIA2, bis Transnasional akan berhenti di pemberhentian terakhir Melaka Sentral. 

Dari terminal Melaka Sentral ini untuk menuju pusat wisata kuliner hingga sejarah di Melaka harus naik bis lokal lagi. Jaraknya nggak jauh, kok, sekitar 5 km aja. 


Bis lokal yang digunakan adalah bis Panorama dengan nomor 17. Inget, ya, nomor 17! Jangan sampai salah naik… :D

Sebenarnya bis ini memiliki tujuan akhir di Ujong Pasir, tapi bis ini juga melewati kawasan bangunan merah (Stadthuys) yang jadi pusat wisata dan ikon di Melaka.

Tiket bisnya sangat terjangkau, cukup membayar sekitar RM 2 aja atau Rp 6 ribuan! 

Namun bis nomor 17 ini memang nggak selalu ada setiap saat. Kita bahkan bisa menunggu lebih dari satu jam untuk bisa naik bis ini. Saat Bubu naik pun kondisinya penuh sampai ada yang berdiri.

Kalau Manteman mau naik transportasi yang lebih nyaman, ada taksi yang langsung siap mengantarkan ke pusat Melaka. Memang harganya lumayan mahal, bisa mencapai sekitar RM 50! 

Gimana, lebih mending naik bis atau langsung naik taksi aja??? 

Bubu pernah juga ngalamin naik taksi ini tapi dengan tujuan sebaliknya. Dari pusat kota melaka ke Melaka Sentral. Mau nggak mau, kan, karena harus naik pesawat jadi ngejar waktu biar lebih cepat sampai ke Kuala Lumpur lagi. :D 

Baca Juga: Pengalaman Aneh Saat Menginap di Melaka 


Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, ya, untuk Manteman yang mau berkunjung ke Melaka dan masih galau ke sana mau naik apa. 

Perjalanan memang agak panjang karena harus berganti transportasi, tapi kalau dinikmati Insya Allah happy-happy aja, sih… :D 



Bubu Dita 

@rumikasjourney


 






Related Posts

1 komentar

  1. Ini juga cara yg aku lakuin waktu itu mba. JD dr jkt-KL naik pesawat. Trus stay semalam di tune hotel klia2 baru besoknya naik bus ke Melaka dari KLIA 2

    Tapi tiket udah aku beli dari easybook. Hrgnya segituan juga lah.

    Murah sih, Krn busnya sendiri seat 2-1 kan. Aku pilih2 kalo bis, ga terlalu suka kalo yg biasa, apalagi ga nyaman. Gampang mabokan kalo naik bis 🤣.

    Dari terminal Melaka tapi kamj kemarin naik grab aja. Cuma 7 rm ke JONKER area. Soalnya stay di sana kan. Taxi memang mahal, jadi mending grab lah. Beda tipis juga Ama bus😁

    ReplyDelete