Serunya Aktivitas Outbound di Taman Budaya Sentul!

by - October 08, 2023


Satu lagi tempat outbound yang bisa jadi pilihan untuk liburan keluarga di akhir pekan. Ya, Manteman bisa mengajak keluarga outbound sampai puas di Taman Budaya Sentul! 

Asli, Bubu baru tau di Taman Budaya Sentul ternyata ada tempat untuk aktivitas outbound yang luassss banget! Bubu pikir selama ini Taman Budaya Sentul cuma ada tempat tenant-tenant makanan aja… :D 

Ternyata Taman Budaya Sentul seluas itu, ya! Selain banyak tenant kuliner, Taman Budaya Sentul juga memiliki lapangan rumput yang sangat luas yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. 

Tidak jauh dari lapangan tersebut barulah ada area outbound dengan berbagai permainannya. Selain itu Taman Budaya Sentul juga menyediakan aktivitas lain seperti hiking, gathering, outing, team building, trekking, wedding, dan lainnya! 

Untuk masuk ke area Taman Budaya Sentul tidak dikenakan biaya, ya. Hanya biaya parkir kendaraan saja. Tapi kalau melakukan berbagai aktivitas di tempat ini tentu ada biayanya tersendiri. 

Kami sekeluarga main ke Taman Budaya Sentul dengan tujuan untuk menghadiri birthday party teman Boo yang bernama Aqila. 

Acara ulang tahunnya beda dengan acara ulang tahun kebanyakan. Ya, ulang tahun Aqila dirayakan dengan mengajak teman-teman sekolahnya main outbound! Terima kasih ya Aqila dan keluarga untuk acara outbound-nya.. :)

Gimana, ada juga yang tertarik buat konsep birthday party seperti ini? Seru banget! :D 


Lokasi Outbound di Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul City berlokasi di Jalan Siliwangi Nomor 1, Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gak jauh dari Jakarta dan Depok. 

Untuk menuju lokasi outbound yang bertempat di Taman Budaya Sentul, Bubu sekeluarga dari Depok berangkat pukul setengah 8 pagi melewati Jalan Tol Jagorawi. 

Keluar Tol Sentul Selatan, perjalanan menuju Taman Budaya Sentul masih sekitar 6-7 km lagi. 

Sesampainya di Taman Budaya Sentul, kita bisa memarkirkan mobil di tempat parkir khusus. Area parkir di Taman Budaya Sentul juga cukup luas dan bisa memuat banyak mobil. Dari area parkir, jalan ke arah gerbang masuk Taman Budaya Sentul.



Nah, lokasi outbound ini memang nggak terlalu terlihat dari luar. Kita harus masuk ke bangunan utama Taman Budaya Sentul sampai melihat lapangan rumput besar. Sebelum lapangan besar, belok ke arah kiri, luruuuusss aja, dan barulah akan terlihat area outbound dengan aula di bagian depannya. 

Karena ini acara private, aula di outbound pun digunakan untuk acara. Orangtua yang mengantar anak-anak bisa menunggu di dalam aula semi outdoor ini. :) 

Semoga yang belum pernah ke Taman Budaya Sentul sebelumnya udah ada bayangan, ya, mengenai lokasi area outbound anak-anak di dalam Taman Budaya Sentul ini… :D  

Baca Juga: Trekking di Sentul


Permainan Outbound  di Taman Budaya Sentul

Aktivitas outbound berlangsung sekitar pukul 09.30 sampai 11.30. Durasi outbound kira-kira dua jam untuk semua permainan yang masuk ke dalam paket.

Sebelum memulai permainan, semua anak-anak yang datang diajak untuk ice breaking dan games dulu oleh fasilitatornya. Kalau Bubu lihat ada beberapa fasilitator yang memberi instruksi, memakaikan peralatan, dan menjaga anak-anak. 


Setelah selesai, barulah anak-anak dibagi menjadi dua tim, laki-laki dan perempuan. 

Nah, berikut untuk peta permainan outbound di Taman Budaya Sentul City yang Bubu dapatkan dari website-nya langsung, ya. 


   

Dari peta ini, kita jadi tahu kalau permainan outbound dibagi ke dalam tiga zona, yaitu zona anak, zona remaja, dan zona dewasa. Pembagian zona ini tentunya dilihat dari bentuk permainan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. 

Dan berikut Bubu list permainan yang ada di zona anak dan zona remaja yang beberapa permainannya sempat dimainkan saat aktivitas outbound, ya. 


  • Permainan di Kids Zone

Log step

Balance beam

Top foot step

Diagonal cargo net

Wind tunnel wood

Jembatan gantung

Cargo net bridge

Slider kids

Jaring merayap

Tarzan swing

Papan goyang

Disk swing

Clater bridge

X-cross

Net bridge

Big slider

Climbing wall

Flying fox


  • Permainan di Teenagers Zone

Top foot step

Diagonal cargo net

Wind tunnel wood

Jembatan gantung

Sangkar burung

Jaring merayap

Tarzan swing

Papan goyang

Snake bridge

Burma bucket

Clater bridge

Heeble jeblee

Tyre swing

Flying fox


Untuk orang dewasa juga bisa bermain outbound di Taman Budaya Sentul, ya. Dan berikut ini beberapa permainan outbound yang bisa dicoba!

  • Permainan di Adult Zone

Multiline Traverse

Posman walk

Burma bridge

Tyred two line

Island in the sky

Hour Glass

Wobbly bridge

Bosun chairs

Log bridge

Snake bridge

Wind tunnel wood

Vertical cargo net

Flying fox


Wah, asli, sih, lihat anak-anak yang semangat main high rope outbound di Taman Budaya Sentul, Bubu juga jadi pingin nyobain tapiiiii, kok, ya, takut… :D 

Menurut Bubu permainan high rope-nya sangat beragam dan letaknya juga lumayan tinggi buat anak-anak. Meski begitu, seru banget. Anak-anak juga happy saat main di sana dan nggak lupa walaupun sudah berhari-hari, berminggu-minggu main outbound di Taman Budaya Sentul. 

Ketika anak-anak bermain, Bubu juga sempat melihatnya dari dekat. Memang nggak sepanjang waktu, sih, hanya beberapa permainan saja. 

Yang paling seru menurut Bubu permainan Tyre Swing! Wah, ini level kesulitannya tinggi! Bahkan Mika pas mencobanya sempet mau nangis juga karena bingung di tengah-tengah sulit menjangkaunya. :) Ternyata memang bukan hanya Mika aja, tapi banyak anak-anak yang tampak kesulitan juga dengan wahana ini…  :D 



Bubu pun sempat bertanya ke anak-anak setelah beberapa hari kemudian, mana permainan di outbound yang paling mereka sukai. 

Kalau Mika paling suka dengan flying fox. Sedangkan Boo paling suka dengan beberapa wahana rintangan high rope  yang ada di atas. :D 



Saat tahu akan bermain outdoor, Bubu sudah menyiapkan baju ganti untuk anak-anak. Siapa tahu, kan, kotor atau basah. Tapi setelah bermain ternyata aman-aman aja. Baju nggak kotor dan nggak terlalu keringetan juga… :D 

Satu hal aja, sih, yang Bubu concern di tempat ini adalah fasilitas toiletnya. Pas Bubu mau ke toilet sayang banget air flush-nya nggak ada. Air di keran wastafel juga nggak ada. Akhirnya Bubu ke toilet yang ada di bangunan yang ada di bagian depan area outbound. 

Nah, di toilet itu air memadai dan kondisinya juga bersih. ;) 

Baca Juga: Puas Main di Playtopia Margo City Depok

 

Harga Outbound Taman Budaya Sentul

Untuk bisa bermain outbound di Taman Budaya Sentul, berikut harganya, ya:

- Tiket Masuk 10K

- Outbound 160K

- Pendamping Outbound 10K

- Flying Fox 40K

- Shooting Target 35K

- Panahan 55K

- Trampolin 30K

- Paintball (dewasa) 160K

Daftar harga ini terpampang di bagian registrasi yang ada di aula area outbound. 

Selain outbound, ada juga fasilitas paintball, panahan, menembak, hingga trampolin dan flying fox yang bisa dimainkan.

Di website Taman Budaya Sentul ada juga penjelasan mengenai paket outbound/high rope hingga kids army! Berikut untuk harganya, ya: 




Yuk, buat Manteman di Jabodetabek yang lagi cari kegiatan buat sekeluarga, outbound di Taman Budaya Sentul bisa banget buat dicoba. :D 



Bubu Dita

@rumikasjourney 



-  


Related Posts

1 komentar

  1. Waa.. Aku juga taunya taman budaya tuh tenant tenant makanan ajaa lhoo, ahaha.

    Dulu banget pernah ke sini tapi belum jadi kayak sekarang, makanya pas masuk dan cuma ketemu tempat makan, kok jadinya tempat makan doank yaa? Ternyata bener ada aktivitasnya lagi 😃

    ReplyDelete