Masjid At Thohir, Destinasi Wisata Religi di Depok

by - December 24, 2023

masjid-at-thohir

Sudah sejak tahun 2022 lalu diresmikan, dan sejak itu pula Bubu pingin banget mengunjungi Masjid At Thohir. 

Lokasi masjid ini ada di Depok, tepatnya masuk ke dalam perumahan Podomoro Golf View. Namun meskipun berlokasi di Depok, namun jaraknya lumayan jauh juga dari rumah Bubu yang sama-sama berada di Depok. :) 

Nah, akhirnya baru-baru ini Bubu sekeluarga berkesempatan untuk ke Masjid At Thohir untuk sholat Subuh berjamaah di sana.  Berangkat dari rumah sekitar jam 03.35, Bubu sekeluarga alhamdulillah bisa tepat waktu untuk sholat Subuh berjamaah di Masjid At Thohir. :) 

Gimana pengalaman Bubu saat di MAsjid At Thohir? Apa saja fasilitas yang ada di masjid yang kini jadi destinasi wisata religi di Depok??  


Proses Pembangunan Masjid At Thohir

Masjid At Thohir menjadi salah satu masjid megah yang berada di Depok, selain Masjid Kubah Mas.

Masjid At Thuhir  dibangun oleh keluarga Thohir, termasuk di antaranya Erick Thohir dan Garibaldi Thohir. Masjid ini dibuat untuk mewujudkan salah satu cita-cita sang ayah, yaitu Mochamad Thohir,  yang sudah wafat pada 1 November 2016.

Proses pembangunan Masjid At Thohir sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2016. Namun untuk peletakan batu pertamanya sendiri dilakukan pada 31 Maret 2018 oleh Jusuf Kalla.

Masjid ini dirancang oleh arsitek Ridwan Kamil dan dibangun dengan gaya arsitektur klasik modern dengan nuansa putih yang dominan.

masjid-at-thohir


Kalau melihat dari jauh, Masjid At Thohir ini memang punya ciri khas di warnanya yang dominan putih bersih. Dengan pintu-pintu dan jendela-jendela besar bermotif juga menjadi ciri khas tersendiri di masjid ini.

Pembangunan Masjid At Thohir memakan waktu selama enam tahun. Hingga pada akhirnya masjid ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 9 Maret 2022.

Masjid At Thohir diperkirakan mampu menampung  sekitar 3.371 jemaah dengan luas kompleks masjid mencapai 9000 meter persegi. Dengan luasnya ini, nggak heran kalau Masjid At Thohir terlihat megah dan indah. 

Masjid At Thohir merupakan salah satu destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Masjid ini tidak hanya indah, tetapi juga memiliki fasilitas yang lengkap. Masjid ini juga menjadi simbol kerukunan umat beragama di Indonesia.

Baca Juga: Masjid Universitas Indonesia Depok 


Fasilitas di Masjid At Thohir

Dengan luasnya ini, Masjid At Thohir bukan hanya menyediakan ruang ibadah saja. Di MAsjid At Thohir juga terdapat berbagai fasilitas yang mendukung peribadatan. 

Selain ruang ibadah utama, di bagian belakang juga terdapat ruang ibadah khusus perempuan. Di bagian ini Bubu melihat deretan rak yang berisi Al Quran hingga buku Yasin. 


bagian-dalam-masjid-at-thohir

bagian-dalam-masjid-at-thohir


Ada pula beberapa mukena dan sajadah yang bisa dipakai oleh jamaah. Kebetulan saat Bubu ke Masjid At Thohir Bubu sudah membawa mukena sendiri sehingga hanya memakai sajadah masjid saja. 

Nah, sebelum masuk ke area utama untuk sholat, Bubu turun ke bawah terlebih dahulu untuk ke ruang wudhu. 

Ruang wudhu perempuan cukup luas dan wangi juga. Di dekatnya ada kaca besar dan wastafel yang berjajar. 

tempat-wudhu-masjid-at-thohir


Jika mau ke toilet juga ada sekitar 5 pintu toilet, ya. Namun saat pagi itu hanya dibuka dua pintu toilet saja. Kondisi toilet bersih dan tisu juga sudah disediakan.  

Di dekat area wudhu ini Bubu juga melihat ada nursing room. Pas Bubu mau buka ruangannya sepertinya sih masih dikunci, ya. Tapi lumayan banget, kan, untuk yang membawa bayi bisa menyusui di ruangan ini. 

Nah, kalau yang Bubu baca di beberapa sumber juga menyebut kalau Masjid At Thohir juga dilengkapi dengan perpustakaan dan ruang serba guna. Hanya saja pas Bubu ke sana, bubu nggak sempat melihatnya. 


Baca Juga: Masjid Agung Jawa Tengah


Fasilitas lainnya yang sempat Bubu lihat adalah adanya kursi roda yang ditaruh di dekat pintu masuk masjid. 

Masjid At Thohir  juga dilengkapi fasilitas amphitheater untuk tempat pertunjukan atau acara pengajian. Fasilitas amphitheater ini Bubu lihat ada di bagian depan masjid.  

Selain itu Masjid At Thohir juga memiliki taman yang tertata dan juga lahan parkir kendaraan.

Sayangnya saat Bubu ke sana kondisi bagian luar masih agak gelap jadi keindahan Masjid At Thohir dan sekelilingnya nggak terlalu tampak. Nah, makanya Bubu pun berharap bisa ke Masjid At Thohir lagi di waktu siang atau sore hari. :) 

masjid-at-thohir



Masjid At Thohir

Podomoro Golf View

Jl. Mochamad Thohir, Tapos, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16457


Bubu Dita

@rumikasjourney

Related Posts

0 komentar