Istana Oleh-Oleh Brawijaya, Surga Belanja Oleh-Oleh di Kota Batu

by - March 24, 2024


Istana Oleh-Oleh Brawijaya merupakan salah satu toko oleh-oleh terbesar dan terlengkap di Kota Batu, Malang. Berdiri dengan megah di Jalan Diponegoro No. 86, toko ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang ingin membawa pulang buah tangan khas Kota Batu dan Malang.

Saat liburan di Batu beberapa waktu lalu, tempat oleh-oleh yang populer di Kota Batu ini juga tak luput dari Bubu. Yap, alhamdulillah banget Bubu sempat ke Istana Oleh-Oleh Brawijaya sebelum check out hotel. 

Bubu ke tempat ini hanya sendiri saja tanpa Yaya dan anak-anak. Jadi, saat mereka masih main di The Onsen Hot Spring Resort, Bubu menyempatkan diri naik gojek ke Istana Oleh-Oleh Brawijaya. 

Kenapa nggak setelah check out aja Bubu? Nah, karena waktu yang mepet dan setelah check out memang langsung ke Stasiun Malang, akhirnya Bubu aja yang belanja oleh-oleh buat keluarga di Depok dan Sawangan… :D 

Jaraknya juga nggak terlalu jauh dari penginapan dan yang pastinya bisa cepat karena naik Gojek hehe.. 

Kenapa Bubu memilih belanja oleh-oleh di Istana Oleh-Oleh Brawijaya bukan di tempat lainnya? 


Istana Oleh-Oleh Brawijaya, Pusat Oleh-Oleh Lengkap di Kota Batu

Sebelumnya Bubu memang sudah browsing terlebih dahulu di mana tempat oleh-oleh yang recomended di Kota Batu. 

Saat menanyakan ke staf penginapan juga Bubu diinfokan untuk ke Istana Oleh-Oleh Brawijaya. Dan setelah sampai di tempat oleh-oleh Bubu pun jadi paham kenapa tempat ini sangat direkomendasikan. 

Istana Oleh-Oleh Brawijaya bertempat di gedung yang sangat luas dan menawarkan berbagai macam oleh-oleh, mulai dari makanan ringan, keripik buah, hingga aneka kerupuk.

 Asli, sih begitu masuk ke tempat oleh-oleh ini sepanjang mata memandang ada banyaaaak banget makanan ringan di beberapa raknya.

Mata Bubu juga tertuju pada beberapa oleh-oleh khas Malang seperti strudel apel, swizzler apel, pie apel, dan lainnya dengan cita rasa apel. :D   


Tak hanya itu, Bubu juga baru tahu kalau ada kopi khas Jawa Timur, baik dari Kota Batu maupun Malang yang dijual di sini. Bagi pecinta kopi, kayaknya sih wajib, deh, buat mencoba cita rasa kopi Kota Batu. 

Bubu pun membelinya untuk dicoba di rumah karena Yaya suka banget, kan, minum kopi. Nah, di dekat area kopi ada juga beberapa merk teh yang bisa jadi pilihan oleh-oleh. 

Bubu membeli teh celup dengan cita rasa apel dan juga Teh Naga, teh khas dari Malang. Rasanya enak juga, lho. :) 



Nggak salah kalau Istana Oleh-Oleh Brawijaya disebut “surganya belanja oleh-oleh di Kota Batu.” Pasalnya nggak hanya makanan khas aja yang ada di sini, tapi juga Istana Oleh-Oleh Brawijaya menyediakan berbagai macam souvenir seperti kaos, topi, gantungan kunci, hingga aksesoris khas Kota Batu.

Istana Oleh-Oleh Brawijaya terdiri dari dua lantai. Untuk lantai pertama khusus makanan dan sedikit spot tempat kaos dan kain. Sedangkan berbagai macam souvenir ada di lantai dua.


Baca Juga:  Tempat Wisata di Bromo


Fasilitas yang Ada di Istana Oleh-Oleh Brawijaya

Sebagai tempat oleh-oleh yang besar, di Istana Oleh-Oleh Brawijaya juga terdapat beberapa fasilitas penunjang bagi para pengunjungnya.

  • Tempat parkir luas: Istana Oleh-Oleh Brawijaya menyediakan tempat parkir yang luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir. Saking luasnya kalau ada rombongan dengan beberapa bis muat, sih, parkir di tempat ini.
  • Toilet: Lagi belanja tiba-tiba pingin ke toilet? Di sini juga ada fasilitas toilet yang cukup bersih dan dapat digunakan oleh pengunjung. 
  • Mushola: Nah, bagi wisatawan muslim, di Istana Oleh-Oleh Brawijaya juga terdapat mushola yang nyaman untuk beribadah.
  • ATM: Bagi yang butuh uang tunai di Istana Oleh-Oleh Brawijaya juga ada ATM, ya. 
  • Packing: Kalau belanja dalam jumlah banyak dan butuh kardus, di tempat oleh-oleh ini juga menyediakan fasilitas packing, ya. Ada biaya kardus dan pengepakannya. Kalau nggak salah waktu itu Bubu bayar sekitar Rp 12 ribu untuk kardus ukuran agak besar dan servis pengepakannya. 


Kalau untuk harga, boleh dibilang harga yang ditawarkan di Istana Oleh-Oleh Brawijaya cukup bersaing dengan toko oleh-oleh lainnya. 

Karena Bubu juga datang ke Istana Oleh-Oleh Brawijaya saat masih pagi sekitar jam 08.30 jadi suasana belum terlalu ramai. Bubu pun bisa dengan nyaman berbelanja dan memilih produk yang Bubu inginkan. 


Istana Oleh-Oleh Brawijaya

Jalan Diponegoro No. 86, Kota Batu, Malang

07.00 - 16.00 WIB

+62 341 2990911

https://brawijayaoleholeh.com/


Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar