Pengalaman Menggunakan Kosmetik Halal

7 comments
kosmetik halal

[Ad] Kini label halal tak hanya melekat pada produk makanan semata. Berbagai produk lain yang biasa digunakan sehari-hari pun sudah mulai menyertakan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), salah satunya adalah produk kosmetik. Brand yang mengusung dirinya sebagai kosmetik halal semakin banyak beredar di masyarakat.
 


Sebagai negara dengan jumlah umat muslim terbesar sedunia, label halal yang melekat pada suatu produk sebenarnya membantu masyarakat untuk semakin jeli dalam memilih produk sesuai tuntunan agama.

Sebagai seorang muslim, pada akhirnya Bubu Dita pun juga melihat kehalalan suatu produk untuk memutuskan akan membeli produk itu atau tidak.

Hal ini pun berlaku saat saya membeli produk kosmetik. Sebisa mungkin kosmetik halal menjadi pilihan yang paling utama.

Pengalaman Menggunakan Kosmetik Halal

Sebenarnya untuk urusan per-make up-an, Bubu Dita rada cupuuuu... :D Ya, gimana, enggak, nama istilah buat produk kosmetik aja suka salah sebut. Iya, saya, tuh bahkan masih suka kebalik antara menyebut eye liner dan maskara! Hahaha...

Suami sendiri pun enggak masalah dengan Bubu yang rada cuek sama dandan. Malah kadang kalau Bubu Dita make up kece eh dibilang kemenoran. Errrr.... Ada yang senasibkah sama Bubu Ditaaaa? :D

Ya, meskipun enggak terlalu memperhatikan make up, untuk sehari-hari, muka Bubu Dita enggak polos-polos amatlah. :D Setiap hari pasti selalu memakai bedak dan lipen. Paling enggak dua produk kosmetik itu selalu ada di dalam tas. Bubu Dita juga pingin sesekali tampil syantiiiikkk... :D

Diantara banyaknya brand kosmetik, Bubu Dita memang selalu memilih kosmetik halal. Kenapa?

Dulu Bubu Dita enggak begitu peduli tentang masalah ini. Tapi suatu hari pernah mendengar seorang teman berucap, “kosmetik itu menempel langsung di tubuh kita, jadi sebaiknya memang pakai kosmetik yang aman dan halal saja.”

Baca Juga: Dear Moms, Ini Rahasia Jalan-jalan Nyaman Saat Sedang Berhalangan

Ucapan teman itu ada benarnya juga. Kosmetik memang melekat langsung di kulit. Dan itu berlangsung berjam-jam lamanya dan setiap hari!

Iyes, menggunakan produk kosmetik halal bisa menghindarkan diri dari tidak diterimanya ibadah.

Saya juga tadinya enggak ngeh tentang masalah ini. Jangan sampai sebagai muslim menggunakan produk kosmetik yang ternyata mengandung najis atau yang diharamkan, sehingga sholat yang dikerjakan menjadi tidak sah.

Saat memakai kosmetik halal, saya jadi merasa lebih aman. Meski produk yang saya pakai langsung menempel di kulit, insya Allah mah enggak akan membatalkan ibadah saya. :)

Nah, kan, ternyata urusan make up halal sangat amat penting, terutama bagi muslimah. Bubu Dita jadi percaya bahwa produk yang baik itu belum tentu halal, tapi produk yang halal sudah jelas aman dan bagi bagi kita... :)


Hal yang Harus Diketahui Tentang Kosmetik Halal

Perbedaan halal dan haram itu bukan hanya perkara ada kandungan babi atau tidak di dalamnya atau tidak.  Ternyata ada banyak kandungan yang bisa membuat suatu produk kosmetik bisa dikategorikan haram dipakai. Apa saja?

Berikut ini adalah unsur haram yang tidak boleh ada di dalam kosmetik:
-    Ada unsur dari babi dan anjing.
-    Ada unsur hewan buas
-    Ada unsur tubuh manusia.
-    Ada darah.
-    Ada unsur bangkai.
-    Ada unsur hewan halal yang penyembelihannya tidak sesuai syariat Islam.
-    Ada unsur khamar (alkohol). Alkohol biasa digunakan sebagai pelarut pada produk perawatan kulit. Jika mengandung khamar inilah yang diharamkan.

Selain unsur haram, ada juga unsur syubat atau yang meragukan dan sebaiknya dihindari. Unsur syubat dalam kosmetik antara lain: plasenta, gliserin, kolagen, lactic acid, maupun hormon.

Sebelum membeli produk kosmetik, hendaklah kita selalu memerhatikan apa yang tertera di kemasannya. Jika sudah ada label halal, segala unsur haram dan yang meragukan saya rasa sudah teruji tidak ada di dalam produk kosmetik itu.

Di tahun 2019 nanti pun semua produk kosmetik sudah harus bersertifikasi halal. Jika tidak ada sertifikasinya maka akan masuk ke dalam golongan non-halal. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2017 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) pada 2019.



Amalia, Alternatif Kosmetik Halal

Nah, salah satu kosmetik halal yang bisa jadi alterntif pilihan untuk para perempuan muslimah adalah Amalia. Hmm, masih ada yang belum familiar dengan brand yang satu ini? Gakpapa, kok, Bubu Dita juga baru kenal dengan Amalia beberapa minggu lalu... :)

Kosmetik halal Amalia merupakan produk kosmetik lokal  yang terinspirasi dari keindahan alam dan budaya Moroko yang kental dengan gaya elegan khas Perancis, sehingga tercipta produk kosmetik halal global yang moderen.

Amalia ingin memberikan rasa percaya diri kepada perempuan muslim dan juga kecantikan islami yang berpadu dalam harmoni. Kece banget ya nilai-nilai yang ingin diangkat Amalia. :)

Baca Juga: Outfit Favorit Untuk Liburan

Dari Amalia inilah Bubu Dita pun jadi mulai percaya diri untuk memakai varian lip cream dengan warna yang wow! Biasanya Bubu Dita selalu pakai warna-warna aman untuk pemoles bibir. Pink, nude, yang muda-mudalah warnanya.

Nah, Bubu Dita akhirnya mencoba untuk keluar dari zona nyaman dan memakai Glossy Lip Cream Amalia dengan warna Marrakech Red yang rada ngejreng!  Amalia Marrekech Glossy Lip Cream ini  memberikan efek bibir yang lembab, segar, dan intens.


kosmetik-halal


Gimana kesan-kesan Bubu Dita setelah mencoba kosmetik halal Amalia?

Pas saat pertama kali melihat kemasan Glossy Lip Cream, Bubu Dita langsung suka. Kemasannya elegan dengan warna silver berpadu dengan motif hitam dan cokelat. Dari kotak kemasannya saja saya rasa Amalia ingin mencirikan sebagai produk kosmetik halal yang premium dan mewah.

Kesan kosmetik premium pun juga terlihat dari harganya. Glossy Lip Cream ini dibanderol dengan harga Rp 125 ribu.

Amalia Glossy Lip Cream menggunakan kotak kaca transparan. Mudah dibuka dan aplikatornya sangat lembut. Sekali ulas, warnanya pun langsung keluar di bibir. Bubu Dita yang biasanya memakai lipstik matte ternyata jadi suka juga memakai lip cream ini.


kosmetik halal amalia lip cream


Karena jenisnya lip cream, jadi hasil saat dipakai dibibir pun memberikan kesan kilau. Lip cream ini juga cukup menyatu dengan bibir. Dan setelah memakainya kesannya jadi mewah banget, apalagi warna yang Bubu Dita pakai adalah warna merah menyala.


Untung Boo sama Mika masih kenal sama Bubunya walau Bubunya tampil beda dengan glossy lip cream ini. Dan bonusnya, Bubu Dita dibilang cantik sama mereka berdua... Nyahahaha... :D

Nah, untuk daya tahannya juga cukup awet, lho, meskipun bukan tipe matte. Tapi jika diselingi makan besar, Bubu Dita sarankan untuk touch up lagi karena warnanya akan memudar.

Satu hal yang Bubu Dita suka juga pada produk kosmetik halal keluaran Amalia ini, yaitu lip cream ini mengandung ekstrak manggis. Manggis dipercaya sebagai antioksidan. Di dalamnya terdapat tiga macam antioksidan, vitamin E, vitamin C, dan Xanthone. 

Dengan ekstrak manggis ini pula dipercaya menjadi satu-satunya antioksidan yang dapat memutihkan, meremajakan, dan melembutkan kulit. Selain itu juga mampu menangkal radikal bebas.

kosmetik halal amalia


Selain Glossy Lip Cream, kosmetik halal Amalia juga mengeluarkan seri Matte Lip Cream dan Satin Lipstick dengan berbagai varian warna. Amalia juga mempunyai bedak two way cake yang bisa digunakan untuk sehari-hari maupun untuk make up ke berbagai acara.

Bubu Dita jadi pingin nyobain produk Amalia lainnya, nih. :D Dan yang pastinya kalau jalan-jalan bakal Bubu Dita bawa juga supaya hasil fotonya nanti jadi makin keceeee... Hihihi...

Mau coba produk Amalia juga? Langsung aja cus ke e-commerce favorit Manteman Rumika dan dapatkan produknya di sana. Bisa juga langsung order di web Amalia. :)

kosmetik halal premium amalia


-Bubu Dita-

7 comments

  1. mengilat ya mba lipstiknya, ada yg nude ga lipstik dr Amalia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba Kania karena ini yang glossy. Untuk yang matte yang enggak mengkilap juga ada. Warnanya yang nude ada tiga pilihan warna mba..

      Delete
  2. Woow.. cetar warna lipatiknya, bubu dita. Hahaha.. seger lihatnya. Yes, memang sesekali keluar dr area nyaman ya, bu. Jadi lebih cerah lihatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaayy, aku mesti lebih pede makenya nih Mba Ade.. Hihihi.. :D

      Delete
  3. memang masalah nyaman di hati itu beda ya mbak. Kalau dengan kosmetik halal bisa lebih nyaman, kenapa gak. Tul?

    ReplyDelete
  4. iya bun, lebih enak pakai yg halal untuk kosmetik.. tapi kadang malah ga cocok, jadi bingung kan wkwkwk XD

    ReplyDelete
  5. Baru tau mba kalo gliserin sama collagen masuk yang meragukan, kan banyak tuh produk skin care yang pake kandungan ini tapi ya lolos2 aja sih hahaha

    ReplyDelete