SOCIAL MEDIA

Thursday, July 4, 2019

Ide Aktivitas untuk Mengisi Liburan Sekolah Anak (Tanpa Ke Mal, Keluar Kota, Apalagi Keluar Negeri!)

ide-aktivitas-menghabiskan-waktu-liburan-sekolah-anak


Pas liburan panjang sekolah, nggak jarang deh Bubu Dita mendengar curhatan emak-emak yang kebingungan. Iya, bingung anaknya yang lagi pada libur mau ngapain lagi, ya, sambil nunggu sekolah dimulai.

Main sudah, ke mal sering, trus ngapain lagi? Jika di rumah saja pun pasti bisa bosan setengah mati, apalagi nggak ada kegiatan yang dilakukan. Ujung-ujungnya banyak, deh, yang akhirnya hanya menghabiskan waktu di rumah untuk nonton tv dan main gadget.

Yassss, Bubu Dita ngerti banget, nih, apa yang dirasain para emak-emak ini. Rasanya mendingan anak-anak sekolah aja, deh, daripada liburan panjang. Rasanya nggak sabar pingin sekolah kembali dimulai. Hihihi...

Coba, Manteman Rumika yang emak-emak, nih, sependapat nggak, ya? Ayo, acungkan tangan yang merasa senasib dengan Bubu Dita dan yang lainnya! :D

Saat liburan sekolah dan nggak ada rencana plesiran keluar kota atau luar negeri, waktunya untuk jadi kreatif dengan membuat rencana untuk bersenang-senang di kota sendiri. Kira-kira apa aja ide aktivitas untuk menghabiskan waktu liburan sekolah dan bisa bikin anak-anak nggak mati gaya di rumah?

Bubu Dita coba bikin beberapa alternatif yang bisa dilakukan, ya. Mumpung masih ada waktu libur sekolah sebentar lagi, siapa tahu ide-ide ini bisa bermanfaat, terutama untuk anak-anak.


Ikut Kegiatan Program Liburan

Bubu Dita perhatikan, sekarang ini banyak banget, lho, tempat atau lembaga yang membuat kegiatan program liburan sekolah. Beberapa waktu lalu, Boo dan Mika sempat ikut program liburan di Kalananti. Manteman bisa cek kegiatan apa saja yang dilakukan di sana lewat akun Instagram @Kalananti.

Biasanya Kalananti bikin program di weekend, tapi khusus liburan sekolah mereka pun membuka kelas di hari biasa.

Ada beberapa program yang ditawarkan di sana, seperti Future Jobs (Dokter, Engineer, Farmer, dan lainnya) serta Ultimate Creatures (Dinosaurus, Superheroes, Robot, dan lainnya). Nah, Bubu Dita, Boo, dan Mika memilih untuk ikut kelas Ultimate Superheroes!

Seru nggak programnya? Seru bangeeeet! Boo dan Mika happy mengikuti program yang berlangsung selama dua jam lebih di sana. Bubu Dita aja kalo boleh ikutan bakal ikut main juga kali... :D

program-liburan-sekolah


program-liburan-kalananti


Saat berlangsung kegiatan, Bubu dan beberapa wali anak yang mengantar mendapat penjelasan singkat tentang apa itu Kalananti, seperti apa programnya, serta apa sih yang mau didapat dari program yang dibuat.

Singkatnya, di Kalananti itu anak-anak dipersiapkan untuk menjadi creator dan juga problem solver. Kita, kan, nggak bisa, ya, menghindari segala macam teknologi dan perubahan di luar sana. Hal yang bisa kita lakukan adalah membekali diri sendiri dengan berpikir kritis, kreatif bagaimana bisa menghadapinya.

Nah, seperti itulah nanti yang diharapkan ke anak-anak. Dengan adanya program ini mereka bisa menambah “power” diri mereka sendiri untuk menghadapi perubahan.

Saya tahu tentang Kalananti ini dari Mamih Mira @miramiut, seorang blogger Depok yang concern banget sama kegiatan anaknya, Babam. Pas melihat IG Storiesnya dimana Babam ikut kelas Future Doctor, Bubu jadi langsung tertarik. Dan saat bertanya ke anak-anak merekapun antusias untuk bisa ikutan program di Kalananti. :D

program-liburan-sekolah-kalananti-superheroes


Selain Kalananti, Manteman Rumika bisa browsing di sosial media, program-program liburan yang tempatnya terjangkau dari tempat tinggal.

Bubu Dita juga pernah mengajak Boo ikut kegiatan playdate bersama @tamanmainid. Nah, komunitas ini juga kerap melakukan kegiatan ke berbagai tempat seru untuk anak-anak. Dengan ikut kegiatan seperti ini sisi edukatifnya dapat, dan anak-anak pun juga bisa merasa terhibur.

Manteman Rumika juga bisa cek di sekolah, tempat kursus atau tempat belajar mengaji anak-anak apakah selama liburan ada kegiatan yang dilakukan. Bubu Dita juga sempat dengar cerita seru dari Mama @angelinavoni, mama Thariq teman Boo di sekolah.

Tempat pengajian anaknya membuat program liburan yang asyik banget selama 3 hari. Anak-anak diajak membuat art and craft dan aktivitas-aktivitaas lainnya. Lumayan banget, kan, selama 3 hari anak-anak jadi bisa punya kegiatan positif dan nggak bosan aja di rumah.

Pastinya setiap kegiatan yang Buu Dita sebutkan di atas ada biayanya. Itu dia, sebelum liburan memang sebisa mungkin kita menyiapkan budget khusus untuk program-program seperti ini. :)


Asyiknya Staycation di Hotel

Jika punya budget lebih tapi nggalk liburan ke luar kota atau luar negeri, ya, syudah staycation di hotel jadi solusi banget, nih, biar anak-anak punya pengalaman berkesan saat liburan.

Ternyata nggak hanya Boo dan Mika aja yang ngerasain asyiknya menginap di hotel dan akhirnya minta lagi dan lagi buat nginap di sana. Banyak juga Bubu dengar cerita yang sama, anak-anak teman Bubu suka bangeeet sama hotel. :D


Baca Juga: Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu Sukabumi


Nggak masalah nginap di hotel kota sendiri. Suasananya, kan, pasti beda dengan di rumah sehari-hari. Pilih juga hotel yang punya fasilitas kids-friendly sehingga anak-anak bisa sekalian menikmatinya.

liburan-sekolah-anak-staycation-di-hotel
Ruang Kids Club di salah satu hotel di kota Solo


Hotel seperti apa yang kids-friendly? Biasanya hotel yang mempunyai tipe kamar family room, terdapat kids club, menyediakan kolam renang khusus anak, dan juga memiliki program kegiatan yang bisa diikuti anak-anak, seperti cooking class dan lainnya.

Jika memungkinkan, minta juga ke pihak hotel untuk menginap di kamar dengan posisi lantai tertinggi. Wah, view kota sendiri jadi terlihat jelas dan bisa jadi menambah kesan ke anak-anak.


Eksplorasi Museum

Yuk, list ada museum apa saja yang ada di kota Manteman Rumika. Jika ada beberapa, museum bisa jadi destinasi yang mengasyikkan juga untuk anak-anak.

Bubu Dita merasa beruntung tinggal di Depok yang jaraknya nggak terlalu jauh dari Jakarta. Di ibu kota memang banyaaaak banget  museum yang bisa dijelajahi. Nggak ada habisnya, deh, rasanya jika mengeksplorasi museum di Jakarta.

liburan-sekolah-anak-main-ke-museum
Helikopter Basarnas di Museum Transportasi TMII


Satu hal juga yang Bubu suka jika berkunjung ke musuem adalah biayanya yang relatif murah. Tiket masuk museum ada, lho, yang hanya Rp 5.000,- saja, bahkan ada yang Rp 2.000,-! Meski murah tapi nilai edukasinya tinggi.


Baca Juga: Menjelajah Museum Transportasi TMII


Ya, memang sih masih banyak juga museum yang kurang “kekinian” sehingga rasanya membosankan. Namun suatu tempat baru yang dikunjungi oleh anak-anak meskipun isi di dalamnya kurang menyentuh tetap saja akan memberi pengalaman berharga buat mereka.


Main di Perpustakaan Kota

Sudah pernah belum ke perpustakaan di kotamu? Bubu Dita baru banget kemarin baca info menarik di akun Perpustakaan Nasional @perpusnas.go.id. Negara kita ternyata ada di peringkat dua di dunia dengan jumlah perpustakaan terbanyak!

Dari keseluruhan jumlah perpustakaan di Indonesia, ada lebih dari 25% perpustakaan yang berjenis perpustakaan umum.

Nah, mumpung lagi libur sekolah ajak juga anak-anak untuk bermain dan membaca di perpustakaan? Hah, bermain? Yas, di banyak perpustakaan kini menyediakan ruangan khusus untuk anak-anak.


liburan-sekolah-anak-ke-perpustakaan


Nggak hanya buku aja yang disediakan bagi pengunjung kecilnya, perpustakaan juga menyiapkan berbagai mainan yang edukatif. Apa pula perpustakaan yang juga menyiapkan playground untuk anak-anak. Keren, ya! Makin betah, deh, anak-anak main ke perpustakaan.

Di Perpustakaan Umum Kota Depok yng sering Bubu kunjungi, saat liburan sekolah ini Bubu perhatikan memang jumlah pengunjung anak-anaknya lebih ramai. Perpustakaan Depok mempunyai ruang baca dengan koleksi buku anak yang lumayan banyak di lantai dua.

Di ruangan itu pun ada berbagai alat peraga dan mainan kayu. Mau main perosotan juga ada tempat playground di dekat pintu masuk di lantai satu. Lumayan banget menghabiskan waktu di sini bersama anak-anak.


Main di Taman dan Tempat Wisata Gratisan

Siapa sukanya sama yang gratisaaaan? Bubu juga dong! Hihihi... Nah, untuk menikmati liburan bersama anak-anak, kita juga bisa, kok, tanpa keluar biaya besar bahkan free (ya, paling biaya buat transportasi saja).

Coba cek lagi di tempat tinggal Manteman Rumika adakah taman kota yang kece, alun-alun, desa wisata atau tempat wisata gratisan lainnya yang bisa dikunjungi. Bisa banget googling siapa tahu ada yang terlewatkan selama ini dan malah jaraknya dekat dengan rumah.


liburan-sekolah-anak-main-ke-taman
Hutan Kota GBK, oase di tengah ibukota


Baca Juga: Serunya Bermain di Taman Lapangan Banteng Jakarta


Bener, lho, browsing itu membantu banget. Bubu Dita pun suka mencari tempat mana lagi di Depok yang bisa didatangi sama anak-anak. Syukur-syukur ketemu tempat yang gratisan. Sampai-sampai saya pernah menulis Tempat Wisata Gratis di Depok supaya saya ingat dan sekaligus memberi informasi buat Mnateman Rumika di Depok juga.

Meskipun gratis, tapi anak-anak kadang nggak terlalu peduli. Kadar rasa senang yang mereka dapat bisa sama saja jika liburan ke tempat wisata gratisan atau yang berbayar. Yang penting, mah, anak-anak seneng, ya, buibuuuuk! :D


Keliling Menikmati Transportasi Umum

Bubu Ditaaaa, ngapain juga menikmati transportasi umum dimasukin ke daftar ini, sih? Lha, ya, iya, tho. Naik transportasi umum juga salah satu cara untuk menghabiskan waktu liburan. Saat anak-anak sekolah mana sempat, kan.

Beruntunglah jika kita tinggal di daerah yang transportasi umumnya nyaman dan memadai. Di Jakarta naik Commuterline, MRT, LRT, bis tingkat, Busway, angkot, bahkan bajaj pun bisa jadi pengalaman seru untuk anak-anak.


Baca Juga: Tips Mengajak Anak Naik MRT Jakarta


Saya masih ada PR nih mengajak Boo dan Mika naik busway dan LRT. Khusus untuk Mika ditambah juga naik bis tingkat yang belum pernah dirasakannya. Bubu Dita yakin, sih, mereka berdua seneng banget walau hanya muter-muter dengan transportasi umum, ya tapi transportasi umumnya yang sudah nyaman pastinya... :D

liburan-sekolah-anak-naik-mrt

liburan-sekolah-anak-keliling-naik-transportasi-umum



Gimana, nih, Manteman Rumika punya ide lainnya untuk mengisi liburan sekolah anak-anak?


-Bubu Dita-




10 comments :

  1. Kemarin nonton vlog youtuber juga ada yang antar anaknya ke program holiday yang ternyata ART Class. Baca ini jadi keiingat itu lagi. Menarik banget ya, jadi peluang bisnis untuk orang tua yang nggak bisa ajak anak liburan ke luar kota. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba.. Banyak ortu yang butuh soalnya buat aktivitas anak-anak selama liburan.. :D

      Delete
  2. jadi inget liburan anak lanang hampir habis dan saya belum mengajaknya travelling... syedih

    ReplyDelete
  3. kalau ada komunitas main main gitu, mau donh diajakin bubu dita, aku juga udah habis ide buat liburan, wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Ahhh seru banget nih kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan. Aku sempat ngecek IGnya Kalananti juga, banyak kegiatannya yang bagus bagus juga ya... Sayangnya Resky lagi liburan ke rumah Nenek di Bekasi, nanti kalau pulang aku ajak jalan-jalan deh ke taman taman yang ada di Depok :)

    Thanks for sharing ya Bubu

    ReplyDelete
  5. Yeaay pilihannya mantaap banget. Aku juga senang kalau ajak anak main di taman kota dan juga ke museum. Anak anak ya betah :)

    ReplyDelete
  6. Wah, anak2 main di Kalananti ini bakalan senang dan punya pengalaman baru bareng teman2 baru ya? Kepoin ah kayak apa sih aktivitas2nya. Btw aku juga lebih suka ajak anak2 main di outdoor dan ga mesti yg berbayar juga. Bosan kan di mall dll terus. Yang alami malah lebih bagus. Btw, aku belom kesampaian juga nih ajak anak2 ke Perpustakaan nasional. Kapan ya? hihihi :)

    ReplyDelete
  7. Wah bubu keren nih ide aktivitas pengisi liburannya. Gak mahal tapi tetap berfaedah. Btw Kalananti itu bisa diikuti anak mulai usia berapa ya?

    ReplyDelete
  8. Ide liburannya seru2 mbak. Aku jg tau Kalananti tapi blm pernah nyoba ajak anak main ke sana, kyknya seru yaaa.
    Ini anak2 liburannya yo masih sama emaknya umek2 di rumah, sesekali ngemol haha. Mau staycation bapak msh sok sibuk hehe. Abis ini masuk sekolah gak kerasa yaaa :D

    ReplyDelete
  9. Bubuuu, makasih infonyaa, sebagian tempat yang Bubu ulas di atas sebenarnya aku udah tahu, tapi buat eksekusi datangi satu-satu susahnyaa, waktunya bentrok-bentrok terus. Nah barusan baca ini, jadi pengen banget segerakan ajakin Krucils nih supaya kegiatannya gak itu-itu aja. Kalau ada rencana playdate, ajak-ajak ya Bubuu..

    ReplyDelete