9 Wahana Ekstrem di Dufan!

by - August 03, 2023

wahana-dufan

“Pokoknya aku mau coba naik Halilintar!” Begitulah yang diucapkan anakku, Birru, saat tahu kami sekeluarga ada rencana untuk main ke Dufan… :D 

Tapi begitu melihat antriannya yang sangat panjang dan panassss, akhirnya Birru mengurungkan niatnya untuk naik wahana Halilintar di Dufan. Dan kami pun memutuskan untuk naik wahana lainnya. :) 

Dufan atau Dunia Fantasi jadi salah satu tempat rekreasi keluarga yang selalu ramai dikunjungi, terutama saat weekend dan musim liburan. 

Bagi para pencinta wahana-wahana ekstrem, sudah pasti Dufan ada di list atas tempat yang wajib dikunjungi. Ya, ada banyak wahana ekstrem di Dufan yang bisa dicoba untuk Manteman yang punya nyali!

Nah, berikut ini Bubu list 9 wahana ekstrem di Dufan. Apa aja? Cekidot, yaaa…!


HALILINTAR

Ini dia wahana yang menurut Bubu paling ikonik di Dufan. Ya, apalagi kalau bukan Halilintar atau roller coaster. 

Wahana ini memang sudah ada sejak lama di Dufan. Saat ini pun ada beberapa wahana ekstrem yang baru dan lebih menguji nyali di theme park ini. Namun demikian, wahana Halilintar tetap jadi favorit banyak pengunjung!

Terbukti, sih, pas liburan lalu ke Dufan, antriannya super duper panjang. Sedangkan waktu bermainnya hanya 1 menit 45 detik aja. Nah, hal ini juga yang membuat Birru nggak jadi naik Halilintar. :D 

Meskipun durasi bermainnya sebentar, tapi rasa deg-degan dan ekstrem-nya kalau menurut Bubu tetap berasa. 

Apalagi saat kereta naik perlahan ke atas lalu langsung terjun ke bawah. Kereta meluncur di loop 360 derajat juga seru banget rasanya! :D 


KERETA MISTERI

Masih rada asing sama nama wahana ini? Ya, wahana Kereta Misteri memang termasuk wahana baru yang ada di Dufan. 

Tipe permainannya hampir mirip seperti roller coaster. Bedanya, Kereta Misteri berada di dalam ruangan! 

Kebayang, kan, ya, gimana deg-degannya naik roller coaster dengan suasana yang gelap. :D 

Jujur Bubu belum sempat naik wahana Kereta Misteri ini saat ke Dufan. Tapi kalau mendengar cerita teman-teman yang sudah pernah mencobanya, saat naik Kereta Misteri ada banyak kejutan!

Nah, wajib banget, nih, dicoba buat Manteman yang suka wahana ekstrem yang bikin penasaran dengan apa yang akan dialami. Karena gelap, kan, jadi memang pengunjung wahana nggak bisa melihat gimana jalur dan gerakan keretanya. 

FYI, wahana Kereta Misteri ini ada di area tema Amerika, ya. Cukup dekat dengan Rumah Miring.

Wahana Kereta Misteri ini dirancang dengan suasana khas Amerika di abad ke-19. Wahana ini memiliki tiga rangkaian kereta dimana satu kereta bisa memuat 20 orang. 

Ada yang sudah pernah naik Kereta Misteri? Yuk, share pengalaman kamu di komentar di bawah… :)

Baca Juga: Tempat Wisata di Ancol dan Harga Tiketnya


TORNADO

Seperti namanya, wahana Dufan yang ekstrem ini memang bisa membuat orang-orang yang menaikinya berputar-putar di atas seperti halnya angin tornado! 

Wahana ini memiliki desain tempat duduk berderetan memanjang dan saling membelakangi. Kapasitasnya bisa mencapai 40 orang. 

Awal-awalnya wahana  akan naik ke atas perlahan, lalu secara tiba-tiba akan berputar terus-menerus hingga 360 derajat! 

Wih, mantap banget, kan! :D


HYSTERIA

Dijamin, sih, kalau naik wahana ekstrem yang satu ini memang akan teriak histeris seperti namanya, Hysteria!

Hysteria akan membawa pengunjung Dufan yang naik ke wahana ini naik hingga ketinggian 60 meter dalam waktu super cepat. Lalu wahana ini akan turun secara tiba-tiba dalam waktu cepat juga! 

Asli, pasti bakalan kaget dan teriak, sih! :D 

Wahana Hysteria bisa mengangkut hingga 24 orang dalam sekali naik turun. 

Di area Dunia Kartun Dufan yang kebanyakan wahana untuk anak-anak juga terdapat wahana yang mirip dengan Hysteria. Namanya Turbo Drop. 

Karena didesain untuk dewasa dan anak-anak, ketinggiannya hanya mencapai 8 meter saja. Ini jadi salah satu wahana favorit anak-anak juga, lho. 


KORA-KORA

Bentuknya seperti perahu yang akan mengayun-ayunkan penumpangnya naik dan turun! 

Kora-Kora juga bisa dibilang termasuk wahana Dufan yang sudah lama, seperti Halilintar. 

Meski begitu penggemar wahana ini juga banyak. Biasanya yang suka hal ekstrem akan memilih duduk di deretan bangku paling belakang. Yes, karena di bangku deretan paling belakang inilah rasa deg-degannya makin berasa apalagi saat perahu Kora-Kora terjun ke bawah! 

Dalam sekali permainan, Kora-Kora bisa mengangkut hingga 54 orang. Lumayan banyak, ya.

Baca Juga: SeaWorld Ancol


BALING-BALING

Meskipun ada di dalam area Dunia Kartun, tapi wahana Baling-Baling ini termasuk wahana paling ekstrem di Dufan! 

Bentuknya menyerupai baling-baling, ya. Dan akan berputar seperti baling-baling juga. Pusing, nggak, tuh! :D 

Wahana ini bisa naik hingga ketinggian 30 meter dan memutar hingga 360 derajat! Karena ke-ekstrem-annya yang diperbolehkan naik pun remaja dan dewasa, ya. 


NIAGARA-GARA

Kelihatannya wahana Dufan yang satu ini nggak ekstrem-ekstrem amat, ya. Tapi lumayan juga memacu adrenalin apalagi saat perahu yang dinaiki meluncur ke bawah dari ketinggian 20 meter! 

Sebelum meluncur, pengunjung akan diajak keliling santai dulu dengan perahu tersebut, barulah sebelum permainan berakhir akan meluncur. Dan itulah bagian terserunya! :D

Sama seperti wahana Arung Jeram, Saat naik Niagara-gara juga sebaiknya menggunakan jas hujan, ya. Kecuali memang mau niat basah-basahan dan membawa baju ganti… 


ALAP-ALAP

Nah, wahana ini juga termasuk roller coaster tapi bisa dinaiki oleh anak-anak. Keretanya kecil dan jalurnya juga lebih pendek dari Halilintar dan nggak terlalu tinggi. Oiya, Alap-Alap memiliki kapasitas 28 orang, ya.

Meskipun jauh lebih kecil daripada Halilintar, tapiiii tetep aja naik Alap-Alap, tuh, berasa adrenalin kita naik, deh! Karena  kecil goncangan jadi lebih berasa, apalagi kalau keretanya berbelok. :D 


ONTANG-ANTING

Kelihatannya kayak lagi diayun-ayunin dan terbang di udara, ya, kalau naik Ontang-Anting. :D Tapi tetep aja ada rasa serrrrr deg-degan pas dibawa sampai ke atas, lho! :D 

Wahana ini bisa bergerak memutar seperti ayunan namun hingga 360 derajat sesuai arah jarum. 

Di area Dunia Kartun Dufan juga ada, nih, wahana yang mirip Ontang-Anting bernama Paralayang. 

Memang kecil, sih, tapi ternyata saat naik dan memutar juga cukup tinggi dan bikin pusing kepala karena putarannya sangat cepat! Seru, sih, Birru aja sampai nambah mainnya pas di wahana Paralayang ini… :D 

Baca Juga: Dunia Kartun Dufan


Oiya, kalau Manteman mau main ke Dufan coba beli tiketnya di Traveloka Xperience di aplikasi Traveloka. Dan jangan lupa masukin kode voucher XPWITHDITA89 buat dapetin diskon 10-15%. Lumayan banget, lho! :D 

Kalau mau cari rekomendasi tempat wisata edukasi ramah anak di Jakarta, Manteman bisa juga ke blognya Mba Malica di MyWordsJourney. Ada banyak rekomendasi tempat wisata dan kuliner juga, lho, di blognya... :D 

Nah, gimana, dari 9 wahana yang Bubu sebut, mana yang menurut Manteman wahana paling ekstrem di Dufan? Atau masih ada wahana lain yang belum Bubu sebut? Yuk, tulis aja di komentar! :)


Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

1 komentar

  1. Semuanya udh coba, semuanya aku sukaaaa 🤣🤣🤣🤣. Tau kaaaan aku pecinta wahana ekstreme mbaaaa 😄.

    Dufan ini selalu aku bilang tempat belajar utk nyobain wahana ekstreme, sebelum nanti cobain yg LBH serem lagi 😂.

    Anakku yg pertama pecinta wahana ekstreme juga mba. Dan aku mau ajakin dia ke Dufan utk coba halilintar, baling2, tornado, kora2 dan semua yg serem. Untung bdn dia udh pas tingginya.

    Ntr kalo dia udh lulus yg Dufan ini, aku bakal ajak ke Fuji Q dan Nagashima spa land theme park di Jepang. Di situuu baruuu level advance dari semua wahana di Dufan 🤣. Kalo halilintar relnya 360, di Fuji Q selain 360 ada rel yg tegak lurus pas jatuh. Ada yg terpanjang sedunia sampe butuh 4 menitan utk muterin rel.

    Kora2nya berayun 360 derajat dan pas kepala di bawah, bakal berhenti Bbrp detik 😂.

    Anakku harus bisa yg di Dufan dulu. Kalo Dufan aja dia masih takut, berarti aku ga bakal bawa ke Jepang, percuma Krn di sana LBH serem 😄

    Pengennya sih ke Dufan kalo pas weekday, biar ga rame. Tapi masalahnya weekday anak2 sekolah 🤣. Kayaknya memang hrs beli fast track sih biar puas 😂

    ReplyDelete