Fun Trekking di Mulyaharja Bogor

by - August 06, 2023

fun-trekking-mulyaharja-bogor

Lagi bingung weekend nanti mau beraktivitas apa? Buat Manteman yang suka trekking, bisa banget, nih, coba fun trekking di Mulyaharja, Bogor! 

Beberapa waktu lalu, Bubu bersama teman-teman Parent Support Group (PSG) SDI Al Fauzien seru-seruan bareng trekking di Bogor. :D

Karena fun trekking, jadi meskipun jaraknya lumayan jauh, tapi jalurnya enak, nih. Nggak bikin ngos-ngosan banget. Cocok banget buat buibu seperti Bubu yang jarang olahraga… :D 

Seperti apa jalurnya? Melewati apa saja? Berapa biayanya?  Yuk, cek di tulisan Bubu berikut ini… :)

Jalur Trekking Mulyaharja Bogor

Bubu dan rombongan ibu-ibu PSG berangkat dari Depok sekitar pukul 06.30 pagi. Nggak butuh waktu lama, kendaraan yang kami naiki pun sampai di titik kumpul Green Forest Bogor sekitar pukul 07.30 pagi. 

Di Hotel Green Forest Bogor inilah kami bertemu dengan guide dan fotografer sebanyak tiga orang yang merupakan tim dari Kampung Wisata Mulyaharja Bogor. 

Menurut Bubu dengan jumlah rombongan termasuk Bubu sejumlah 15 orang, dengan adanya tiga orang pemandu dan tim dokumentasi termasuk cukup memadai, ya.

Fun trekking pun dimulai dari titik kumpul ini menuju finish di Kampung Wisata Mulyaharja Bogor. Sebelum memulai trekking, kami melakukan pemanasan dan tentunya juga berdoa bersama. 

Keluar dari area Green Forest Bogor, kami menuju perbukitan dengan jalanan tanah dan bebatuan. 

Jalur trekking cukup beragam, mulai dari mendatar, menanjak, dan turunan. Untuk tanjakan ada juga yang agak curam sehingga dibantu dengan menggunakan tali sebagai pegangan.

Apalagi semalam sebelumnya juga sempat turun hujan. Jadi walaupun jalur trekking nggak terlalu advanced, tapi tetap terasa licin, ya. 

Fun trekking yang kami lakukan kira-kira berjarak sekitar 4 km saja. meski bukan jarak jauh, namun kami melewati berbagai medan, baik jalanan tanah, berbatu, ilalang, kebun singkong, hingga sempat melewati sungai kecil juga, lho. Seru! :D 

trekking-mulyaharja-bogor

trekking-mulyaharja-bogor

trekking-visit-mulyaharja-bogor

Memang, sih, nggak sampai nyebur, ya. Sungai yang kami lewati ini mempunyai beberapa batu sebagai pijakannya, sehingga sandal gunung dan bagian bawah celana legging yang Bubu pakai pun nggak terlalu basah.

Di fun trekking ini memang nggak ada agenda nyebur sungai, ya. Jadi aman, deh, nggak bakal basah-basahan. api tetap saja harus tetap mempersiapkan baju ganti. :) 

Butuh waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam sampai akhirnya kami sampai di Kampung Wisata Mulyaharja Bogor sebagai titik finish trekking. 

Baca Juga: Serunya Trekking di Sentul!


Kampung Wisata Mulyaharja

Asli, Bubu baru pertama kali mendengar mengenai Kampung Wisata Mulyaharja ini saat ada rencana trekking ini. 

Lokasinya yang nggak jauh dari Depok dan Bogor Kota, membuat tempat rekreasi dan edukasi ini bisa jadi alternatif untuk healing! :D 

Untuk masuk ke Kampung Wisata Mulyaharja tiketnya pun cukup terjangkau, cukup Rp 10 ribu saja. Nah, ada apa aja di Kampung Wisata Mulyaharja? 

Sepanjang mata memandang, ada hamparan sawah hijau kekuningan. Baguuuss banget! Apalagi kalau sudah mau menjelang panen, ya. Tanaman padi sudah mulai meninggi dan warnanya pun jadi kelihatan kontras dengan langit yang biru… 

Pastinya tempat ini sangat instagramable dengan banyak spot foto yang bisa dicoba. :D 

visit-mulyaharja-bogor

Namun nggak hanya bisa foto-foto aja, lho. Di tempat yang juga disebut sebagai Agro Eduwisata Organik Mulyaharja ini ada banyak hal yang bisa dilakukan juga oleh pengunjung.

Sebagai tempat destinasi eduwisata, Kampung Wisata Mulyaharja Bogor menyediakan berbagai kegiatan, seperti bertani, berkebun, menangkap ikan, hingga mewarnai caping. 

Setiap kegiatan berbiaya ini tentunya bisa diikuti oleh pengunjung Mulyaharja. 

Nah, di tempat ini pun juga ada beberapa saung yang siap menjadi tempat kita untuk bersantap. 

Saat Bubu dan ibu-ibu PSG sampai di Kampung Wisata Mulyaharja ini, kami pun langsung menempati satu saung bambu yang cukup besar. Di sana sudah disediakan berbagai macam menu masakan khas Sunda, seperti Nasi Tutug, Sayur Asem, Ayam Bakar, Ikan Bakar, hingga gorengan dan rebusan. 

mulyaharja-bogor

menu-makan-kampung-wisata-mulyaharja-bogor

Nggak ketinggalan juga minuman yang disajikan mulai dari air putih, teh hangat, hingga bajigur… :D 

Wah, happy banget rasanya begitu sampai dan langsung bisa menikmati santapan ini. Rasa lelah jadi perlahan menghilang. :)   

Di dekat saung yang kami tempati juga ada deretan warung yang menjual dari mulai pop mie sampai minuman segar. Cocok juga, nih, kalau setelah trekking kita bisa membeli minuman segar di sini. Meskipun nggak ada es krim, gelato atau menu penutup yang dingin, tapi minum air putih, teh atau minuman kemasan dingin dengan suasana persawahan gini bikin mood jadi enak setelah beberapa jam trekking! :D

Oiya, selain warung, ada juga fasilitas beberapa bilik toilet dan tempat bilas di tempat wisata ini. Untuk fasilitasnya cukup lengkap, paling hanya kebersihannya aja mungkin yang perlu ditingkatkan di tempat ini… 

Baca Juga: Aktivitas Seru di Alun-Alun Bogor


Paket Wisata Visit Mulyaharja

Penasaran nggak, sih, berapa biaya fun trekking di Mulyaharja dengan ditambah fasilitas air mineral selama trekking, makan siang, dan dokumentasi serta guide? 

Untuk paket lengkap ini biayanya Rp 160 ribu. Untuk paket lain dan fasilitas yang didapat bisa dicek di gambar ini, ya:

biaya-trekking-mulyaharja-bogor

Nah, sedangkan untuk paket apa saja yang bisa dilakukan langsung di Kampung Wisata Mulyaharja dan biayanya bisa Manteman cek juga di bawah ini:

paket-wisata-edukasi-mulyaharja-bogor


daftar-harga-visit-mulyaharja-bogor


Gimana? Gimana? Mau langsung bikin rencana trekking atau main di Kampung Wisata Mulyaharja Bogor? Yuk, segera direalisasikan… 😀



Agro Eduwisata Organik Mulyaharja

RT.05/RW.01, Mulyaharja, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135

Buka: 07.00 - 17.30 (Setiap Hari)

Instagram: @visitmulyaharja



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

15 komentar

  1. Seruuuu memang trekking itu mba. Aku Bbrp kali nyobain ya suka. Walopun kadang kalo medannya berat, paling berasa capek pas pulang, Krn hrs lewatin rute yg sama 🤣.

    Tapi asik juga paket yg ini Krn dpt makan komplit, menunya menggoda bangettt pula 😍😍. Semua energi kepake langsung kayak di recharge yaa 😅

    ReplyDelete
  2. Baru tahu soal kampung wisata ini. Udah ada sejak tahun berapa, ya?

    ReplyDelete
  3. Seru. PSG semacam komite sekolah gitu ya mbak? Murah juga ya kalau cuma 10 ribu untuk trekking aja. Boleh dicoba nih kapan-kapan. Dekat juga tempatnya 😊

    ReplyDelete
  4. Wah ya bakal aku jabanin nih sama tim arisan aku, secara pada suka trekking & baru kawasan Sentul aja, makasih infonya kak ,sangat bagus ini tracknya

    ReplyDelete
  5. Bubu seru banget teman temannya kompak dan acaranya seru. Lihat pemandangan desa wisatanys benersn ngadem enakeun

    ReplyDelete
  6. Paket yang ada nangkap ikannya menarik nih mbak. Tapi mesti basah-basahan ya... Kulinernya juga menggoda tuh, padahal menu sederhana. Cocok buat edutrip anak sekolah tuh.

    ReplyDelete
  7. Ini nih konsep yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata melalui program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Paket wisata nya juga menarik, harus dicoba buat studi banding pengembangan desa wisata di daerah lain.

    ReplyDelete
  8. Wah trekking ni kesukaanku banget. Apalagi kalau lewat daerah yang masih asri alamnya. Jalan jauh pun nggak bakal kerasa capek euy!

    ReplyDelete
  9. wuah seru ini mba kegiatannya bisa trekking bareng, psg ini sm seperti komite sekolah yah ?, kalau iya jarang banget loh mba aku nemuin kegiatan positif seperti ini dari komite sekolah. seneng juga yah kita tinggal trekking aja karena untuk dokumentasi sudah ada yang sibuk, tinggal pose2 ala-ala aja deh

    ReplyDelete
  10. Yang ijo-ijo begini yang susah dicari kalau udah tinggal di kota 🥲

    ReplyDelete
  11. Daku di Mulyaharja belum sempat trekingnya. Baru menyusuri sawahnya yang menghijau dan makan disaung bareng rekan-rekan komunitas waktu itu hehe

    ReplyDelete
  12. Wah Bubuuuu... selalu di ajak ke tempat baru sama Bubu... ih seru banget yah itu... track nya aman untuk anak anak gak Bu??

    ReplyDelete
  13. Empat kilometer sih lumayan. Tapi ya namanya Fun Trekking, dengan medan yang bermacam-macam, sesuai namanya jadi seru-seru aja.

    Saya tandain dulu, informasi tentang Kampung Wisata Mulyaharjanya. Paket dan aktivitas yang ditawarkan bisa cocok untuk liburan sekolah.

    ReplyDelete
  14. Nah iya nih..
    Asik, seru dan bermanfaat banget ikutan fun trekking kaya gini.
    Kalau ajak anak, minimal usia berapa, kak?

    ReplyDelete
  15. Seru banget ini tempat tracking di Bogor. Apalagi lihat suasana alamnya seger dan adem banget. Iya deh harganya juga lumayan ya kaka. Masuk wishlist healing

    ReplyDelete