Aloha Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tempat Wisata Pantai Tema Hawai

by - May 12, 2024

aloha-pik-pantai-indah-kapuk


Kabar baik buat warga Jakarta dan sekitarnya, nih. Sekarang kita bisa mengajak keluarga buat wisata pantai nggak cuma di Ancol aja! :D 

Ada lagi spot wisata pantai di kawasan utara Jakarta atau lebih tepatnya masuk ke kawasan Kabupaten Tangerang. Yes, wisata pantai yang sampai sekarang masih banyak peminatnya apalagi kalau bukan wisata pantai di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. 

Nggak hanya ada satu tempat wisata pantai aja, lho. Salah satunya sudah pernah Bubu tulis di blog ini, yaitu Land’s End. Ada satu lagi wisata tema pantai yang menarik juga buat dikunjungi. Ini dia Aloha! 

Aloha termasuk tempat wisata di kawasan PIK yang naik daun. Kalau dari namanya sudah tampak kalau wisata ini berhubungan dengan Hawaii. Bubu mengutip dari Wikipedia, arti Aloha itu sendiri adalah sebagai berikut:

“Aloha dalam bahasa Hawaii berarti cinta, rasa kasih, perdamaian, perasaan, dan kemurahan hati. Aloha juga dipakai sebagai ucapan salam yang berarti halo atau selamat jalan.” 

Seperti apa wisata pantai Aloha di PIK dan apakah memang worth it untuk dikunjungi??


Pantai Berpasir Putih di Aloha PIK

Jalan-jalan ke Aloha PIK ini sebenarnya nggak direncanakan jauh hari atau dengan persiapan matang. Jadi saat liburan lebaran lalu, tiba-tiba rasanya pingin aja menikmati suasana di PIK. 

Nah, satu tepat di PIK yang belum kami sekeluarga kunjungi adalah Aloha. Sebenarnya duluuu sebelum Aloha benar-benar jadi, kami pernah mampir di White Sand Beach. 

Nah, kalau lihat di maps, lokasi White Sand Beach ini berada di antara Aloha dan Land’s End. Kawasan wisata pantai buatan di PIK berkonsep pasir putih luas dengan dikelilingi pepohonan kelapa. Untuk Aloha ditambah lagi dengan dekorasi bernuansa Hawaii. 

Pengunjung akan disuguhkan pemandangan laut yang indah dan suasana pantai yang tenang, cocok untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Namun, sayangnya saat Bubu sekeluarga ke Aloha saat tanggal libur lebaran, suasananya sangatlah ramaaaaai. 


Baca Juga: Cara ke PIK dengan Transportasi Umum


Wah, sebenarnya nggak heran sih kalau tempat ini bakal seramai itu. Untuk masuk ke kawasan aloha PIK nggak dikenakan biaya. Lain halnya, kan, kalau ke Ancol yang masuk gerbangnya aja sudah pasti harus bayar per orang dan biaya kendaraan. 

Nah, kalau di Aloha nggak dikenakan biaya masuk sama sekali, ya. Tapi di Aloha ini memang pengunjung nggak bisa bermain pasir, seperti membuat istana pasir atau anak-anak membentuk pasir menjadi sesuatu. Ada tali pembatas sehingga kawasan pasir memang nggak bisa dimasuki oleh pengunjung. 

Hal ini berbeda dengan Land’s End di mana pengunjung bisa banget untuk bermain pasir. 

Jadi suasana pantai hanya bisa dinikmati dari pinggirnya saja dan dari tenant-tenant kuliner yang ada di lokasi wisata ini. 

aloha-pik-pantai-indah-kapuk


Tenant Kuliner Aloha PIK

Ya, meskipun nggak bisa bermain pasir secara langsung, satu hal yang menjadi kelebihan Aloha PIK ini adalah adanya tenant-tenant kuliner yang banyak dan beragam. 

Berbagai pilihan kuliner tersedia di Aloha PIK, mulai dari makanan khas Indonesia, Western, Jepang, hingga seafood. Ada juga stand khusus minuman yang menjajakan produknya di sini. Pengunjung dapat menikmati hidangan lezat sambil bersantai di tepi pantai.

aloha-pik-pantai-indah-kapuk


Ada tenant kuliner yang berbentuk restoran pada umumnya dengan meja dan kursi di dalam bangunan, ada juga yang berkonsep meja kursi berada di outdoor beratapkan payung. 

Karena saat kami ke Aloha kondisinya memang ramai dan panas (meskipun sudah jam 3 sore), akhirnya Bubu sekeluarga pun memutuskan untuk berkeliling saja sambil mengambil beberapa foto bersama dan langsung balik ke mobil lagi. 

Mungkin kalau nggak terlalu ramai atau nggak terlalu panas, kami bisa stay lebih lama di sini… :D 

Baca Juga: Indonesia Design District PIK


Aktivitas di Aloha PIK

Selain menikmati kuliner tepi pantai, pengunjung di Aloha PIK juga bisa berfoto di beberapa spot instagramable. 

Aloha PIK memiliki banyak spot foto menarik dengan dekorasi bernuansa Hawaii. Pengunjung dapat berfoto di di depan papan nama Aloha yang ikonik, di depan patung besar berbentuk perempuan Hawai atau di berbagai spot foto lainnya yang disediakan.

aloha-pik-pantai-indah-kapuk

aloha-pik-pantai-indah-kapuk

Selain itu, Bubu juga sempat melihat pengunjung yang menyewa kuda dan berkeliling di sepanjang tepi pantai. Di sana juga Bubu melihat ada feeding animal domba yang ada di pinggir pantai.

Nah, meski nggak bisa bermain pasir tepat di tepi pantai, tapi ada juga ternyata spot berpasir yang nggak terlalu luas di dekat beberapa tenant kuliner. Nah, di area berpasir inilah Bubu melihat beberapa anak sibuk bermain pasir… ;)  


Tips Berkunjung ke Aloha PIK

Kalau ada rencana ke Aloha PIK, berikut beberapa tips untuk membantu Manteman dalam  merencanakan kunjungan ke Aloha PIK, ya:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Aloha PIK adalah pada pagi hari atau sore hari untuk menghindari panas matahari yang terik.
  • Bawalah topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Bawalah juga uang tunai secukupnya untuk membeli makanan, minuman, dan souvenir.
  • Jika ingin menikmati suasana pantai yang lebih tenang dapat berkunjung pada hari kerja dan di pagi hari. Bubu pun sebenarnya pingin lagi ke Aloha PIK di pagi hari supaya nggak ramai dan bisa lebih menikmati suasana di sana. 

Oiya, Aloha PIK juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti toilet dan juga mushola. Jadi bagi Manteman Muslim jika berkunjung ke Aloha PIK saat jam sholat bisa menggunakan fasilitas mushola tersebut, ya. 

Baca Juga: Land's End PIK 2


Jam Operasional Aloha PIK

Ingin berkunjung ke Aloha PIK juga? Bubu melihat jadwal operasional berbeda di hari-hari tertentu. Berikut jadwal operasional Aloha PIK menurut info yang Bubu dapatkan di akun instagram resminya, ya:

Senin - Kamis 10.00 - 22.00

Jumat 10.00 - 24.00

Sabtu 07.00 - 24.00

Minggu 07.00 - 22.00


Dengan keindahan alamnya, berbagai aktivitas, bermacam kuliner yang bisa dicoba, dan suasana ala Hawaii yang ikonik, Aloha PIK bisa menjadi pilihan destinasi liburan keluarga. 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar