Kuliner Legendaris, Es Masuk 2 Grogol Sukoharjo

by - May 19, 2024

 


Beberapa waktu lalu Bubu sekeluarga mudik ke Solo. Nggak hanya di Kota Solo saja, tapi ada juga saudara mertua yang tinggal di Sukoharjo. Jarak antara Solo dan Sukoharjo pun terbilang sangat dekat, ya. 

Nah, begitu sampai di Sukoharjo saat sore hari, Bubu bersama Boo, Mika, Bapak dan Ibu mertua, serta Mbah Uyutnya anak-anak langsung menuju ke rumah saudara. 

Rumahnya dekat sekali dengan Pakuwon Mall yang dulunya bernama Hartono Mall. Nggak terlalu lama di rumah saudara, kami pun langsung meluncur ke sebuah tempat makan yang ternyata termasuk legendaris di sana.

Bagi para pecinta kuliner di Sukoharjo, khususnya di daerah Grogol, nama Es Masuk 2 mungkin sudah nggak asing lagi. Tempat makan ini terkenal dengan berbagai sajian kuliner yang memanjakan lidah.

Meski sudah berkali-kali ke Solo dan juga melewati Sukoharjo, Bubu baru kali pertama ini makan di Es MAsuk 2 Grogol Sukoharjo. Ada menu apa saja di sana? 


Terdapat Banyak Cabang Es Masuk

Sebenarnya Bubu penasaran banget sama nama restoran ini. Unik, ya, namanya Es Masuk 2. Entah apa arti dari Es Masuk. 

Di menu memang ada berbagai jenis minuman es. Apa mungkin nama Es Masuk ini seperti mempersilakan pengunjung untuk masuk mencoba sajian minuman es? Atau menurut Manteman apa kira-kira artinya? :D Soalnya Bubu sempat browsing juga belum ketemu maksud dari nama restoran ini apa… :D

Kalau dilihat dari namanya, ini merupakan restoran ke-2. Setelah Bubu cari tahu, ternyata memang Es Masuk ini ada beberapa cabang. 


Es Masuk 1 di Kratonan Solo

Es Masuk 2 di Grogol Sukoharjo

Es Masuk 3 di Mojolaban Sukoharjo

Es Masuk 4 di Gajahan Solo

Es Masuk 5 di Ndalem Sukoharjo



Salah satu hal menarik dari tempat makan Es Masuk ini adalah telah berdiri sejak tahun 1959. Berarti sampai tahun 2024 ini, Es Masuk sudah berusia 65 tahun! Nggak heran, kan, kalau disebut sebagai kuliner legendaris. 


Suasana di Es Masuk 2 Grogol Sukoharjo

Jujur saja, begitu mobil yang Bubu naiki parkir di depan Es MAsuk 2 ini Bubu nggak ngeh kalau itu adalah sebuah restoran. Dari luar tempat ini agak gelap. Apalagi sore itu juga cuaca mendung. 

Setelah mobil terparkir, kami semua pun mulai memasuki restoran yang bagian depannya sangat terbuka. 

Begitu masuk, mata langsung tertuju ke berbagai menu pelengkap, seperti sate telur, sate paru, tahu dan tempe goreng, baceman, sosis Solo, sampai puding! 

Rasanya pingin, deh, ngambil semua dan mencobanya Hehehe… 


Kami pun memilih beberapa menu pelengkap ini dan langsung menuju kasir untuk dihitung. Nggak langsung bayar, ya, karena bayarnya nanti setelah kami memesan menu makanan dan minuman. Jadi bayarnya sekalian setelah kami selesai makan. 

Bagian dalam Es Masuk 2 khas dengan meja kursi dari kayu. Banyak juga dekorasi di restoran ini yang memakai ornamen kayu. Makanya nggak heran kalau bagian dalam restoran juga cenderung agak gelap, ya. 

Meski demikian gaya khas Jawa di tempat ini dapat memberi kesan hangat dan otentik. Rasanya memang beneran lagi mudik di “Jawa.” :D Apalagi di dalam restoran ini juga terpajang banyak foto-foto dari masa lalu. Seperti lagi berkunjung ke rumah saudara saja rasanya. 



Saat kami tiba di sana, suasana restoran agak sepi. Hanya beberapa meja saja yang terisi. Bisa jadi karena kami memang makan di jam tanggung, sekitar pukul 5 sore. Belum masuk waktu makan malam. 

Oiya, di sini meja dan kursinya memanjang, ya. Jadi memang cocok banget jika makan di sini bersama keluarga atau teman dalam jumlah banyak. 


Menu & Harga di Es Masuk 2 Grogol Sukoharjo

Kalau menurut mertua yang sudah beberapa kali makan di sini, menu Timlo jadi salah satu menu andalan di Es Masuk 2. 

Timlo merupakan kuliner khas Solo yang mirip seperti sup ayam bening. Makanan ini cocok banget dinikmati saat malam hari atau sebagai menu sarapan. 

Nah, pas di Es Masuk 2 ini Bubu memesan Selat Solo. Makanan ini termasuk salah satu makanan favorit Bubu dari Bubu kecil. 

Selat Solo di Es Masuk 2 Grogolan Sukoharjo isinya komplit. Ada kentang goreng, sayuran, telur pindang, galantin kemudian disiram dengan kuah pekat dengan rasa manis dan sedikit gurih. Wah, segeeeer banget! 

Dan begitu melihat harganya juga affordable banget, lho. Menu Selat Solo ini dibandrol 19 ribu saja! :D 

Untuk minumnya Bubu memesan Es Melon. Nah, Es Melon ini beneran ada buah melon serutnya, ya, dengan sirup melon juga. 



Kalau anak-anak kompak memesan Soto bersama dengan nasi. Untuk minumnya karena Mika suka banget durian, ia pun memesan Es Durian. Tapi ternyata Mika nggak terlalu suka karena buah durian yang ada di minuman ini masih ada bijinya! 

Bapak dan Ibu mertua juga kompak memesan Timlo. Sedangkan kalau Mbah Uyut memesan Nasi Gudeg. 

Es Masuk 2 Grogol Sukoharjo memiliki pilihan menu yang buanyaaaak, termasuk menu minumannya!


Wah, Manteman kalau makan di sini bisa bingung, deh, mau pilih makanan dan minuman apa. Bubu juga awalnya sempat bingung. Namun karena melihat ada Selat Solo langsunglah memesan itu saja. Apalagi harganya pun termasuk terjangkau, nggak kayak harga di Depok dan Jakarta. :D 

Untuk menu makanan dan minuman lengkap beserta harganya bisa dilihat di bawah ini, ya.




Mau coba makan di sini juga saat lagi ke Solo atau Sukoharjo? Cek di sini untuk alamat dan lokasinya:


Es Masuk 2

Jl. Raya Grogol No. 60, Dusun I, Grogol, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552

Telepon: 0812 3490 5654

Jam operasional: Senin - Minggu 08.00 - 19.00 



Bubu Dita

@rumikasjourney


Related Posts

0 komentar