SOCIAL MEDIA

Sunday, January 5, 2020

Hotel Kuretakeso, Hotel ala Jepang di Jakarta



Salah satu channel televisi favorit saya dan Yaya Indro adalah Waku Waku Japan. Mulai dari serial, games show, sampai reality show-nya ada beberapa yang kami ikuti. Nah, salah satu program yang selalu membuat Bubu Dita betah duduk berlama-lama di sofa untuk menikmati suguhan acara di televisi tersebut adalah program acara Before & After.


Ini seperti acara Bedah Rumah di salah satu tv nasional Indonesia, tapi dengan konsep yang lebih wow dan hasil yang lebih wow pula!

Bahkan gara-gara sering menonton Before & After, rasanya pingin banget punya tempat berendam di kamar mandi. Kebiasaan orang Jepang berendam sepertinya memang sudah mendarah daging, ya. Kamar mandi sekecil apapun tetap ada bathtub mini untuk berendam. Itu yang saya perhatikan selama menonton acara Before & After.

Tidak perlu jauh ke Jepang, tempat wisata ala Jepang sudah hadir di berbagai tempat di Indonesia. Tapi baru kali ini, Bubu Dita tahu tentang hotel bergaya Jepang! Ya, ternyata di Jakarta ada hotel yang konsep dan nuasanya Jepang banget, Hotel Kuretakeso!


Baca Juga: Review Hotel De Braga Bandung


Bubu Dita sempat melihat keberadaan hotel ini di salah satu online travel agent langganan. Pertama kali melihatnya sudah terpesona, tapi terus lupa. Diingatkan kembali oleh Yaya Indro yang tiba-tiba mengirim WA dan mengajak liburan akhir tahun untuk staycation di hotel tersebut. Nggak pakai mikir lagi, langsunglah Bubu iyakan. :D

Rencana awal hanya menginap satu hari akhirnya kami extend  satu malam lagi. Apa pasal? Yaya Indro yang mengajak liburan ternyata masih harus masuk kantor... Hahahaha Liburan
sambil kerja... :D Tapi nggak apa-apa, ya, karena bisa lebih lama merasakan leyeh-leyeh di hotel ini. :)

Begitu memasuki Kuretakeso, atmosfer Jepangnya memang langsung terasa. Di lobby, terdapat gambar ilustrasi The Great Wave off Kanagawa, sebuah gambar gelombang besar yang aslinya
dibuat oleh Katsushika Hokusai. Gambar ombak ini sepertinya jadi gambar khas Jepang yang paling menonjol dan sangat mendunia.

Tak hanya di bagian lobby, begitu membuka pintu kamar di lantai empat yang kami tempati, Gelombang Besar Kanagawa juga terpampang jelas di hadapan mata. Gambar
tersebut menjadi background indah di dinding kamar kami.



Di Kuretakeso, Kamar Compact Sangat Fungsional!

Kamar 402 yang menjadi rumah kami dua hari kedepan memang tidak terlalu besar. Malah bisa dibilang kecil, mungkin hanya sekitar 4x5 meter atau kurang. Tapi ukuran tersebut ternyata nggak mengurangi rasa nyaman yang Bubu Dita rasakan. Persis seperti bayangan saya saat menonton Before & After, furnitur di dalam kamar dibuat compact dan sangat fungsional.

Biasanya jika menginap di hotel, berantakannya ampun! Tapi begitu menginap di hotel ini, barang-barang bisa dengan rapinya tersimpan.  Di bawah meja kerja, koper dan tas besar bisa disimpan rapi tanpa terlihat. Di sebelah meja kerja, terdapat tempat yang bisa dipakai untuk menaruh segala macam. Ada pula tempat penyimpanan sepatu, brankas, hingga hair dryer. Di sebelahnya lagi ada lemari yang cukup besar untuk meletakkan tas dan baju-baju. Tepat di bawah lemari juga ada kulkas mini.

Nah, yang paling Bubu Dita suka adalah dibawah kasur ada lagi laci-laci serbaguna! Waw, pas banget untuk menaruh baju, mukena, sarung, plastik-plastik, dan barang-barang lain. Senangnya! Semua barang jadi dapat diletakan ditempatnya dan kelihatan rapi, enak dipandang.



Bagaimana dengan kamar mandinya Bubu? Dengan ukuran kamar yang agak mini, luas kamar mandi pun jadi terbatas. Tapi sekali lagi, ukuran tersebut nggak lantas membuat kamar mandi di hotel ini punya nilai minus. Di dalam kamar mandi terdapat bathtub yang cukup lega. Boo dan Mika happy banget berendam berlama-lama di dalam bathtub. Bahkan sepulangnya dari sana, Boo punya satu permintaan, "Bubu, ayo bikin tempat berendem di belakang rumah!" Ampun... :D

Jepang juga terkenal, kan, ya, dengan toiletnya yang canggih. Banyak tombol dan banyak fungsi! Itu juga yang Bubu Dita rasakan saat menginap di Kuretakeso. Meski tombol dan fungsi nggak sebanyak yang pernah Bubu Dita baca, tapi tetap aja tombol-tombol yang ada di toiletnya nggak ada di rumah dan mesti saya baca baik-baik... :D


Baca Juga: Hotel Bintang 5 di Yogyakarta


Jika ingin merasakan nuansa kamar khas Jepang yang lebih kental lagi, Manteman Rumika bisa booking di kamar tatami. Kamar ini terletak di lantai bawah dan rate-nya pun lebih mahal dibandingkan kamar tipe double atau twin bed. Tapi masih affordable banget, apalagi lokasi hotel ini pun cukup strategis.

Saat kami menginap di Kuretakeso, kami menemptai kamar twin bed (yang seperti biasa, disatukan hingga menjadi seperti double bed yang lebih lebar) Hehe... Nah, untuk kamar tipe-tipe ini ada di lantai agak ke atas. Yaya Indro memang menulis permintaan khusus untuk kamar di lantai atas sehingga bisa mendapat view yang bagus.

Ya, meski pada akhirnya view yang kami lihat dari jendela kamar adalah tower Telkom, sih, karena hotel ini memang berada tepat disebelah kantor Telkom. Tapi ada juga bangunan apartemen di kejauhan yang menjadi pemandangan kami dari dalam kamar. Semburat warna langit sore dan kelap-kelip lampu dari tower apartemen tersebut saat malam juga menjadi pemandangan indah tersendiri.


Di Kuretakeso, Akhirnya Merasakan Onsen!

Siapa bilang onsen hanya ada di Jepang. Di Jakarta pun ada, kok! Iya, Hotel Kuretakeso menyediakan satu fasilitas berupa pemandian umum air hangat (air panas) atau onsen. Fasilitas ini bisa dinikmati oleh semua tamu hotel pada pukul 05.30-11.00 dan 17.00-00.00 (weekday) dan 14.00-00.00 (weekend).

Bubu Dita sempat mencoba fasilitas onsen Kuretakeso saat pagi hari sebelum Mika bangun. Ini pengalaman pertama buat Bubu Dita merasakan onsen itu seperti apa. Dan ternyata, enaaaak ya. Badan jadi rileks banget! Saat itu Bubu Dita menjadi tamu satu-satunya di onsen khusus perempuan. Dan saya sarankan bagi Manteman Rumika yang agak risih berbagi ruang di pemandian umum dengan orang lain, cobalah fasilitas ini di pagi hari banget atau malam banget.

Yaya Indro saja sampai nggak jadi berendam di onsen karena saat menjelang siang dan sore di bagian onsen laki-laki sudah ada beberapa orang pengunjung. Ya, gimana namanya juga pemandian umum, ya. Apalagi pengunjung juga berani banget tanpa busana alias bugil!



Untuk mencoba onsen di Kuretakeso memang tidak diperkenankan memakai handuk atau pakaian dalam pribadi, tapi diperbolehkan memakai disposable pakaian dalam. Di ruang ganti onsen perempuan, terdapat disposable bra dan celana dalam. Jadi mau tak mau ya Bubu Dita memakai itu. Kalau ada pengunjung lain pun rasanya Bubu Dita bakal malu dan risih. Tapi karena hanya sendiri jadinya biasa aja... :D

Di tempat ganti juga disediakan handuk, bahkan ada mesin cuci dan detergen gratis. Jika Manteman menginap beberapa hari di hotel ini, amanlah untuk laundry-nya bisa hemat karena bisa mencucinya sendiri, kan.

Tenang, hair dryer, sampo, bahkan vitamin rambut juga tersedia lengkap di ruang ganti onsen. :D Ini fasilitas wah banget sih menurut Bubu. Jadi pingin menginap lagi di Kuetakeso, ya, karena onsen ini. :D Dan nggak heran kalau banyak juga orang Jepang yang tinggal di Jakarta juga menginap di hotel ini untuk menikmati fasilitas onsen-nya.

Baca Juga: Grand Inna Samuedera Beach Hotel, Palabuhanratu Sukabumi

Di Kuretakeso, Bisa Baca Komik Sampai Puas!   

Banyak budaya Jepang yang diterima dengan baik di negara lain, termasuk Indonesia, salah satunya adalah manga atau komik Jepang. Bubu Dita, terutama Yaya Indro juga penggemar manga. Koleksi di rumah ada lumayan banyak dan akan terus bertambah lagi... :D

Salah satu fasilitas di Hotel Kuretakeso dan (mungkin) tidak ada di hotel lainnya adalah keberadaan Manga Corner di lantai mezzanine. Sudah lihat foto utama di artikel ini, kan. Boo lagi asyik baca komik di sana. Satu rak penuh berisi komik Jepang, baik dengan bahasa asli Jepang maupun terbitan Indonesia, siap memanjakan para pencinta manga.

Peraturan di Manga Corner ini sangat jelas, komik hanya bisa dibaca ditempat, tidak boleh dibawa ke kamar apalagi dibawa pulang... :D Selama dua hari di Kuretakeso, Boo dan Mika dua kali ke Manga Corner. Meski nggak benar-benar membaca komik, Boo cukup tertarik juga dengan keberadaan tempat ini. Apalagi disediakan beberapa kursi yang amat nyaman.

Bubu Dita pun melihat koleksi komik-komik di sini dalam kondisi baik dan teratur penempatannya.
Ada One Piece, 20th Century Boys, Kobochan, Fairy Tail, Conan, Eyeshield 21, dan masih banyak lagi. Puas banget jika punya waktu luang dan hanya staycation di hotel untuk membaca komik-komik ini. :)

Kuretakeso juga dilengkapi fasilitas lain, seperti fitness center. Ruangannya cukup besar dan memiliki beberapa unit peralatan fitness.  Selain itu, saat ingin bersantai, tamu juga bisa duduk-duduk manis di taman belakang hotel. Taman ini dilengkapi beberapa bangku dengan dua toilet yang cukup unik.




Di Kuretakeso, Sempatkan untuk Menikmati Rooftop-nya!

Salah satu cita-cita Bubu Dita juga adalah punya rooftop di rumah. Meski hanya jadi tempat jemuran, pingin banget di atas rumah dibikin kece semacam rooftop di hotel gitu. Hahaha... Ini halu tapi yakin bisa, sih! :D

Nah, Hotel Kuretakeso juga memiliki rooftop, lho. Meski nggak terlalu besar tapi cukup banget untuk bisa menikmati daerah Kemang dan sekitarnya dari ketinggian gedung delapan lantai. Di lantai teratai itu pula terdapat Kuretake Resto & Bar. Breakfast untuk para tamu setiap harinya disiapkan di tempat ini.

Gimana dengan makanannya Bubu? Menu yang Bubu Dita makan sesuai selera! Ayam pedasnya enak, sup misonya enak, dan cukup variatif juga menunya. Ada satu hal yang Bubu Dita sayangkan, sih, sebenarnya. Karena ini hotel ala-ala Jepang, jadi berharap banget ada sushi sesuai ekspektasi. Namun ternyata sushi yang disediakan oleh hotel ini hanya satu jenis saja.



Satu menu yang jadi favorit anak-anak, selain sereal ternyata tamago! Nah, tamagonya ini hanya telurnya aja dan nggak dibentuk jadi sushi gitu. Kayaknya sih enak karena Boo sampai nambah berapa kali karena doyan (atau laper) Hehehe... :D

Alhamdulillah, pengalaman yang menyenangkan menginap di Hotel Kuretakeso dengan hawa Jepang yang cukup terasa!


Hotel Kuretakeso
Jl. Bangka Raya No. 7A Pela Mampang
Jakarta Selatan
Telp. (021) 22715111

-Bubu Dita-





6 comments :

  1. Ade juga cita2nya bangun rumah ada rooftopnya. Seru yaa punya saung2an trus memandang dr ketinggian tanpa harus ke puncak bogor.. xixixi.. Btw, ini hotel deket banget sama rumah mertua, nih. Kapan2 boleh lah dijajal aah staycation disana pas lagi main ke mertua.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya sebelum ke Jepang harus nginap di sini deh. Hahaham Nyaman banget bubu. Dan lokasinya juga mudah di akses. Makasih yaa :)

    ReplyDelete
  3. Mbaaaaa, aku lgs fix laah bakal stay di sini :D. Dr awal pas liat di IG mba Dita, aku udh seneng, apalagi segala yg berbau Jepang aku memang cintaaa :D.

    Sampe ada Onsen segala yaaa. Kalo ke Jepang aja aku blm prnh cobain Onsen Krn risih naked nya sih. Tp sbnrnya pgn coba. Nah kalo disini bisa pake panties disposable, Yo wislaaah kayaknya aku bakal mau :D.

    ReplyDelete
  4. yang paling bikin tertarik adalah nyobain onsennyaa,, tapi pede ngga ya bugil sama banyak orang lain disana wkwk.. keknya kalau di kita ngga terbiasa kecuali masih anak2 dulu sering mandi di sungai bugil rame2 hehe..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  5. Pengen coba kakak. . moga minggu depan suamiku udah lenggang kerjaanya.,. tak mau bulan madu kesana. . thnks review singkatnya kaka

    ReplyDelete
  6. Aaahhh menarik sekali onsennya dan manga corner. Ok masukin ke list dah!

    ReplyDelete