Itinerary Bromo dan Kota Batu 4 Hari 3 Malam

by - May 26, 2024


Kota Batu menurut Bubu bisa jadi pilihan untuk liburan seru bersama keluarga. Asli, deh, rasanya menginap tiga malam di kota ini aja sama sekali nggak cukup! :D Usai liburan, anak-anak saja sampai pingin balik lagi ke Batu untuk liburan berikutnya… :D  

Ada banyak banget tempat wisata di Kota Batu yang bisa didatangi, mulai dari wisata alam, wisata theme park, hingga wisata kulinernya. 

Nah, karena jarak dari Kota Batu ke Gunung Bromo juga masih terjangkau, akhirnya Bubu sekeluarga pun juga nggak melewatkan kesempatan untuk wisata ke Bromo. Malahan memang wisata ke Bromo ini jadi wisata utama yang jadi prioritas kami. :) 

Kira-kira gimana itinerary selama kami sekeluarga liburan ke Bromo dan Kota Batu? Yuk, cek di bawah ini! Siapa tahu bisa jadi inspirasi Manteman juga yang ingin liburan ke sana. 


Day 1 (Jumat)

Pagi
Predator Fun Park

Sebenarnya kami sekeluarga berangkat di hari Kamis malam dengan menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir. Sampai di Kota Malang sekitar pukul 6 pagi. 

Saat browsing-browsing untuk mencari tempat mandi dan bersih-bersih karena belum memungkinkan untuk check in di hotel, Bubu pun mengetahui kalau tempat wisata Predator Fun Park sudah buka dari pukul 7 pagi! 

Nah, di Predator Fun Park juga ada wisata waterpark-nya. Dan sudah tentu ada kamar mandi yang bisa digunakan. 

Alhasil, tujuan tempat wisata saat ke Kota Batu adalah Predator Fun Park. Selain karena memang mau melihat hewan-hewan di sana, tujuan lainnya adalah untuk mandi pagi! :D 

Hal ini bisa Manteman ikuti juga kalau semisal Manteman sampai di Malang atau Batu saat pagi hari dan belum bisa ke hotel, yaa…


Menurut Bubu ini jadi keputusan tepat! Selain karena bisa mandi pagi, ternyata Predator Fun Park juga merupakan tempat wisata yang lengkap banget. 

Ada edukasi soal hewan-hewan, seperti buaya dan hewan lainnya, hingga ada juga, dong playground yang besar hingga outbound serta waterpark yang tadi sempat Bubu sebut di awal. 

Pas kami sekeluarga datang tempat wisata ini masih sepiiiii. Wah, enak banget ternyata bisa wisata di tempat yang nggak ramai. Mencoba berbagai permainan dan wahana juga nggak pakai antri! :D 



Siang
Sholat Jumat

Karena hari Jumat, selepas puas main di Predator Fun Park, Bubu dan keluarga langsung menuju tempat makan yang dekat dengan masjid. Selagi Yaya, Boo, dan Mika sholat Jumat, Bubu menunggu di restoran. 

Makan Siang di Sate Hotplet

Nah, kami makan siang di Sate Hotplet Batu. Bubu tahu tempat ini dari browsing juga dan sepertinya cukup recomended. 

Untuk sate kambingnya memang enak, lho, dagingnya juga empuk dan nggak bau prengus. Sate disajikan diatas hotplet, makanya nama restonya Sate Hotplet, ya. Selain sate juga banyak menu lainnya. Bubu memesan Rawon, kakak dan adik memesan Nasi Goreng. 

Restoran ini juga ramai pengunjung. Hanya satu saja sih menurut Bubu kurangnya restoran ini. Ada banyak lalat beterbangan! Butuh lilin supaya meja tetap terjaga. 

Check in Hotel

Selesai makan, kami langsung menuju hotel untuk menaruh barang dan beristirahat. Bubu mem-booking Hotel Batu Wonderland untuk 2 malam. Hotel ini sangat strategis. Dekat tempat wisata, tempat makan, dan juga dekat mal! 


Sore dan Malam
Dino Mall

Awalnya setelah istirahat di hotel, Bubu sekelaurga mau langsung ke Dino Park. Tapi ternyata berhubung hujan, dan kayaknya sayang kalau ke sana dari sore sehingga nggak bisa eksplor lama, akhirnya kami hanya berada di dalam Dino Mal saja. 

Meski demikian, ada banyaaaak hal yang bisa kami lakukan di dalam mal ini. Di Dino Mal, Bubu sempat masuk ke Museum Musik Dunia. Kami sekeluarga juga sempat mencoba keseruan di berbagai tempat, seperti Infinite World,  Jurassic Action, Circus Magic, 6D Cinema, hingga House of Zombie. 


Makan Malam di Resto Bu Atik

Seusai dari Dino Mal, kami pun makan malam di Restoran Bu Atik. Lokasinya dekat dengan hotel tempat kami menginap. Menu makanannya beragam, tempatnya juga sangat luas. 

Kelihatannya restoran ini biasa jadi tempat makan rombongan besar yang memakai bis, deh. Soalnya di bagian dalam restoran ini ada menu prasmanan dan meja panjang berjajaran. 



Day 2 (Sabtu)

Dini Hari
Perjalanan ke Bromo

Hari kedua di Batu, kami langsung wisata ke Bromo. Dijemput oleh travel pada dini hari sekitar jam 1 pagi. 

Alhamdulillah banget anak-anak kooperatif dan bisa bangun lalu melanjutkan tidur di perjalan menuju meeting point. 


Pagi
Menikmati Bromo

Niatnya ingin melihat sunrise di Bromo. Tujuan pertama adalah Bukit Pananjakan. Namun karena ternyata kawasan ini padaaat sekali karena masuk musim liburan sekolah, akhirnya kami nggak bisa sampai ke atas bukit. 

Namun meski demikian kami tetap bisa melihat pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok, serta menikmati sunrise. Ditambah kabut di bawah, wah keren dan indah banget! 

Dari bukit kami turun menuju tempat makan di dekat Gunung Bromo. Ada banyak warung dan jajanan seperti bakso di sana. Ada juga toilet, ya. Jadi bisa sekalian. Selesai sarapan pagi, kami langsung ke daerah Pasir Berbisik. Areanya luaaasss dan anak-anak seneng banget di sini karena bisa lari-larian. :D 


Nah, berikutnya kami sekeluarga ke savana dan Bukit Teletubbies. Saat kami datang kondisinya sangat hijau sejauh mata memandang. Di sini juga ada sewa kuda untuk ditunggangi berkeliling atau disewa hanya untuk sekedar foto saja, ya. :) 

Dari Bukit Teletubbies inilah wisata Bromo pun usai dan kami langsung menuju Kota Batu lagi. Buat Manteman yang mau wisata ke Bromo, Bubu waktu itu menggunakan jasa @dolan_gunungbromo. Paket privat termasuk dokumentasi. Recomended banget! 


Sore
Main di Waterpark dan Playground Hotel

Nggak ada kata capek, sore harinya setelah siang istirahat, anak-anak langsung main air di waterpark dan playground hotel. 

Waterpark-nya nggak kaleng-kaleng karena memang dibuka untuk umum juga dan cukup besar. :D Ada banyak seluncuran dan juga ada ember tumpah. Kebayang seneng banget anak-anak main air di sini. Dan baru berhenti setelah tempat ini memang akan tutup sekitar jam 17.00… :D 


Setelah main di waterpark, Boo dan Mika juga mencoba main di playground hotel. Playground-nya pun dibuka untuk umum. Ukurannya memang tidak terlalu besar, tapi tetap seru juga karena ada kolam mandi bola, seluncuran, hingga bisa pretend play. :D 


Malam
Alun-Alun Kota Batu

Malam harinya, kami sekeluarga berkeliling di Alun-Alun Kota Batu. Wah, suasananya ramai sekali! Apalagi kami datang di musim liburan dan malam Minggu pula! 

Setelah berkeliling Alun-Alun dengan mobil warna-warni, kami membeli makan di sekitar Alun-Alun dan menuju hotel kembali. 


Day 3 (Minggu)

Pagi dan Siang
Dino Park & The Legend Star

Selain ke Bromo, tujuan utama ke Batu juga pingin banget ke Dino Park. Anak-anak dari kecil, kan, suka banget sama dinosaurus. Kira-kira dari umur 3 tahun sudah hapal banyak nama-nama dinosaurus. 

Nah, di Jatim Park 3 ada tempat wisata yang recomended banget buat keluarga, yaitu Dino Park ini. 

Selain banyak edukasi soal dinosaurus, di tempat ini juga banyak wahana permainan dan ada playground anak juga. Tempatnya luaaaasss banget! Bubu aja nggak nyangka tempatnya seluas ini! :D 


Selepas puas main di Dino Park dan makan siang, kami lanjut lagi masuk ke The Legend Star. Nah, tempat wisata ini lokasinya di sebelah Dino Park persis, ya. Dan nggak nyangka juga The Legend Star pun luas banget!

Jadi di Legend Star ini ada banyak tema. Ada replika Istana Negara sekaligus patung lilin presiden-presiden Indonesia, patung liling berbagai tokoh dunia, tokoh olahraga, pemain film, musisi, dan masih banyak lagi. 


Di sini juga ada tempat yang bertema Jepang, Korea, Yunani, Tiongkok, Belanda, Amerika, dan lainnya. Beneran berasa keliling dunia! Spot fotonya juga nggak kehitung banyaknya, deh kalau di The Legend Star ini! :D 


Sore & Malam
Pindah Hotel ke The Onsen Hot Spring Resort

Dari The Legend Star, Bubu dan keluarga beranjak ke hotel baru! Ya, kami pindah hotel ke The Onsen Hot Spring Resort. Bukan tanpa sebab ya pindahnya. Yaya memang pingin banget menginap di tempat ini. :D 

Dari namanya sudah tampak, kan, kalau hotel atau penginapan ini bertema Jepang. Dan memang demikian adanya. Bahkan setiap resort disediakan private onsen! Malam terakhir di Kota Batu jadi makin berkesan.

Kami juga makan malam di dalam resort. Jadi bisa ada banyak waktu buat leyeh-leyeh. Dan karena memang capek, ya, seharian mengitari Dino Park dan The Legend Star jadi pas berendam di onsen ini rasanya relaks banget! 


Day 4 (Senin)

Pagi & Siang
Eksplor Hotel dan Beli Oleh-Oleh

Hari keempat atau hari terakhir di Kota Batu hanya kami sekeluarga habiskan dengan menikmati suasana hotel. 

Pagi hari sebelum sarapan, Bubu dan keluarga berkeliling menjelajahi luasnya The Onsen Hot Spring Resort ini. Di sini disediakan jalan setapak dari bebatuan. Dari bunga mekar, burung-burung beterbangan, sampai kolam dengan replika gerbang kuil ada di sini. 


Boo dan Mika bersama Yaya juga sempat mencoba main ATV di sini. Nah, kalau Bubu saat selesai sarapan menyempatkan diri untuk beli oleh-oleh di Istana Oleh-Oleh Brawijaya. 

Jaraknya dari resort memang agak lumayan, tapi untung banget ada Gojek! :D Seneng banget bisa beli oleh-oleh di tempat ini. Banyak sekali pilihan makanan dan juga souvenir khas Batu dan Malang. :) 


Sore - Keesokan Harinya
Perjalanan Pulang ke Depok

Setelah check out, kami sekeluarga menuju stasiun di Kota Malang. Liburan sudah selesai dan saatnya perjalanan pulang ke Depok! 

Sampai di Stasiun Gambir sekitar pukul 3 pagi keesokan harinya dan sampai rumah menjelang Subuh. Alhamdulillah perjalanan lancar dan kami tiba dengan sehat selamat. :) 


Bubu Dita

@rumikasjourney



Related Posts

0 komentar