Minggu, 27 Maret 2016

Penginapan: Hotel Dana Solo


Don’t judge a book by its cover. Yes, pepatah itu juga berlaku untuk saya saat pertama kali mengetahui kami sekeluarga akan menginap di hotel ini saat liburan di Solo. Hotel Dana, hotel yang kerap kali jadi tempat resepsi pernikahan.

Saya termasuk yang menyukai bermalam di hotel yang relatif baru, terkesan clean dan minimalis serta moderen. Hotel Dana jauh dari kesan itu. Hotel Dana termasuk hotel tua di Solo. Bangunannya lama, tidak bertingkat, serta memiliki aksen rumah joglo yang kental.


Tapi tak disangka, di hotel inilah saya malah betah berlama-lama! Apalagi Boo, dia senaaaaaaang sekali menginap di hotel ini!. Kok bisa? Inilah beberapa hal yang kami suka dari Hotel Dana Solo.   

Kamar Luas, Kasur Besar
Saat kami menginap di sana, kami menempati tipe kamar Junior Suite. Kamarnya sangat luas, bahkan terdapat ruang tamu begitu kami memasuki kamar ini. Untuk menginap bersama keluarga, saya menyarankan untuk menginap di tipe kamar ini. Kasurnya pun besar sekali. Saya, Yaya Indro, Boo, dan Mika tidur di satu kasur besar itu dan saya masih merasa agak lega, lho! Oya, apalagi di dalam kamar masih bisa ditambah dua extra bed lagi! Nah, kebayang, kan, betapa besarnya kamar ini. Hehehe… Oya, di depan kamar pun ada tempat parkir mobilnya!









Harga Relatif Terjangkau
Untuk mendapat kamar sebesar itu dengan fasilitas ruang tamu pribadi, berapa biayanya? Kamar Junior Suite ini dibanderal Rp 400 ribuan per malam! Padahal kami menginap di sana saat long weekend. Dengan fasilitas kamar seperti yang saya ceritakan sebelumnya, harga ini menurut saya termasuk relatif terjangkau dan lebih murah dibanding hotel ternama yang ada di Solo.
                                                                                               

Paling Favorit: Ada Taman Bermain Anak!
Ini dia spot favorit kami di Hotel Dana. Ada playground di taman yang lokasinya tepat di depan kamar hotel yang kami tempati! Berbagai permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, sampai odong-odong Doraemon ada di taman ini! Selain itu juga terdapat kolam ikan dengan patung gajah di tengahnya. Wah, kolam dan patung gajah ini bikin Boo happy berat! Masih ada berbagai jenis burung dalam sangkar yang terkadang mengeluarkan suara nyaringnya. Seru! Ditambah dengan bangku-bangku besi putih, taman ini sempurna banget untuk melepas rasa penat. Gara-gara kesenangan bermain di taman ini, Boo bahkan sempat tidak mau diajak pulang! “Mau di hotey ajaaaa.” Nah, lho! Hihi…

















Lokasi Strategis
Berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, jalan besar di Solo, hotel ini strategis banget, deh! Setiap hari Minggu ada car free day di depan hotel! Di sebelahnya persis ada toko buku Gramedia. Mau ke berbagai lokasi wisata di kota Solo pun mudah dijangkau dari hotel ini.

Nilai Historis
Presiden pertama RI, Soekarno, pernah menginap di hotel ini! Tercatat dua kali Soekarno menginap di hotel ini, yaitu tahun 1945 dan saat perayaan Hari Pahlawan November 1952. Hingga kini kamar bernomor 45 dan memiliki luas 9x15 meter ini (huuaahh, luas banget!) sering kali full booked!

Itulah lima alasan mengapa hotel ini saya rekomendasikan bagi keluarga yang ingin mencari alternatif tempat menginap di kota Solo. Weits, kenapa tidak ada soal makanan di list ini? Menginap dua malam di hotel ini dan mencoba dua kali breakfast, saya rasa hotel ini perlu meningkatkan kualitas menu breakfast-nya dan bisa lebih bervariasi. Meski demikian, saya tetap senaaaang sekali menginap di hotel ini karena nyaman, seperti di rumah sendiri... : ))












-Bubu Dita- 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar