Jumat, 04 Agustus 2017

Goesar Coffee House, Tempat Ngopi Asyik Sambil Mengenal Kopi-kopi Terbaik Indonesia






“Kamu coba ini, deh! Enak...” kata Yaya Indro sambil menyodorkan cangkir kopinya ke saya.

Ada kopi Toraja di dalam cangkir itu. Saya menyeruput sedikit demi sedikit. Saya memang bukan penggemar kopi tapi dari pengalaman pertama mencicipi salah satu kopi khas Indonesia tersebut, saya pun jadi tahu, “oh, jadi ini, toh, yang dirasakan para pecinta kopi."


Saat mencobanya, saya memang merasakan sensasi nikmatnya menyeruput kopi asli Indonesia. Ya, kopi yang benar-benar kopi, bukan kopi sachetan dengan rasa gula yang lebih kentara dibandingkan rasa kopinya sendiri... :D Petualangan saya dengan kopi memang masih hijau. Namun, saya selalu suka untuk mencoba hal baru, termasuk bertualang rasa melalui kopi. 

Kini semakin banyak gerai kopi yang menyajikan kopi-kopi asli Indonesia, salah satunya adalah Goesar Coffee House yang terletak di Kalimalang, Jakarta. Saya beruntung banget karena menjadi bagian dari acara peresmian kedai kopi ini pada 2 Agustus 2017 lalu dan merupakan salah satu orang pertama yang mencicipi kopi dan camilan enak di tempat ini bersama teman-teman dari Blogger Crony Community (BCC)! Yeeaaaay!








DARI PRODUKSI KOPI HINGGA MEMILIKI COFFEE HOUSE
Indonesia boleh dibilang salah satu surganya kopi. Dari ujung Sumatera hingga ujung timur Indonesia, terdapat berbagai macam kopi dengan kualitas nomor satu. Dan setiap kopi pun memiliki rasa dengan karakter yang berbeda.  Misalnya kopi Lintong dari Sumatera Utara rasanya ringan (light). Akan berbeda sensasinya jika kita mencoba kopi Aceh Gayo atau Mandheling yang terasa lebih berat.

Namun, sayangnya, kopi terbaik itu justru lebih dikenal oleh orang luar negeri. Masyarakat luar sangat tertarik dan menyukai kopi-kopi Indonesia. Karena itulah, untuk lebih mengenalkan kopi-kopi terbaik di Indonesia kepada masyarakat Indonesia sendiri, berdirilah Goesar Coffee House.

“Kebanyakan orang indonesia cuma mencoba kopi yang grade dua sampai empat. Itulah mengapa kami ingin mengenalkan kepada masyarakat Indonesia kopi terbaik, grade satu,” ujar Ibu Lina Patricia Goesar Ritonga selaku Direktur Goesar Coffee.

Di Goesar Coffee House terdapat enam varian kopi specialty asli Indonesia, yaitu kopi Lintong, Kopi Mandheling, kopi Aceh Gayo, kopi Toraja, kopi Flores Manggarai, dan kopi Java Preanger. Biji kopi langsung didapat dari para petani kopi di daerahnya masing-masing. Pada kesempatan itu Ibu Lina juga sempat menjelaskan bagaimana proses biji kopi dari dipetik, mengalami proses pengeringan hingga pada akhirnya menjadi biji-biji kopi berkualitas.






“Kami pun mengirim que grader untuk pemilihan kopinya yang diperiksa satu per satu. Kami jamin kopi ini adalah kopi dengan grade pertama,” ungkap Ibu Lina.

Saya sempat berkenalan dengan Mas Yudha. Usianya muda, masih 21 tahun tapi ia sudah menggenggam sertifikat Coffee Quality Institute (CQI) yang dikeluarkan oleh Amerika. Mas Yudha sudah memasuki dunia perkopian selama 3-4 tahun. “Saya sangat cinta kopi dan saya pun ingin ikut meningkatkan perekonomian para petani kopi di indonesia,” kata Mas Yudha.

Sebelum Goesar Coffe House ini berdiri, pada tahun 2016 lalu PT. Goesar Global Pariwisata (GGP) telah mengembangkan Goesar Coffee yang memproduksi kopi- kopi specialty Indonesia tersebut. Berbagai pameran di mancanegara, seperti di Taiwan serta Korea Selatan telah diikuti oleh Goesar Coffee sebagai perwakilan dari Indonesia.  Bahkan baru-baru ini Goesar Coffee juga berpartisipasi dalam World of Coffee 2017 di Budapest, Hungaria.

Kopi yang diproduksi juga menjadi bahan baku di berbagai gerai coffee shop. Nah, kali ini barulah Goesar Coffee memiliki gerai kopinya sendiri yang menghadirkan racikan kopi berkualitas oleh para barista yang sudah berpengalaman.

Ada berbagai varian menu minuman racikan kopi yang ditawarkan oleh Goesar Coffee House, yaitu  Classic Hot, Signature Hot, manual Brewing, Classic Ice, Signature Ice serta House Blended Coffee. Saat di sana saya sempat mencoba segelas Affogato Matcha Latte Ice. Wiiiwww, rasanya mantap! Kalau ke Goesar Coffee Shop bersama anak-anak saya, Boo dan Mika pun, saya enggak akan khawatir karena ada Blended Cream rasa White Chocolate, Matcha Tea, dan Choco peanut yang memang khusus disajikan untuk anak-anak. Asyik!

Yes, jika kamu bukan penggemar kopi tapi mau nongkrong asyik di sini juga bisa banget, kok. Ada minuman selain kopi, seperti Hot/Iced Tea, Juice, Shaken Yakult Lychee, dan masih banyak lagi. Minum-minum tanpa makanan atau camilan pasti terasa hampa, deh, ya... :D Nah, di Goesar Coffee House ini juga menyediakan banyak banget camilan, seperti pastry dan cake.  Bahkan ada sampai 14 varian, lho! Saya sempat mencoba chocolate cake-nya dan langsung jatuh cinta! Enaaaaakkkkk banget, sumpah!  :D Duh, kan, pas nulis ini saya jadi ngebayangin cake itu lagi dan jadi pingin lagi... :D






Masih kurang kenyang kalau cuma nyemil aja? Tenaaaang! Tempat ini bahkan menyiapkan set menu ala Indonesia, Asia, dan Amerika bagi perut-perut yang keroncongan. :D Mau burger, nachos, pasta, omelet sampai nasi goreng juga ada! Bener, deh, perut kita bakal dimanjakan banget saat ada di sini! Makin asyik lagi karena harga minuman dan makanannya pun terjangkau! Oiya, dan yang pasti semua yang disajikan di Goesar Coffee House halal, yaa...









LEBIH MENGENAL INDONESIA DI GOESAR COFFEE HOUSE
Memasuki Goesar Coffee House, saya pun sempat terpana melihat dekorasi di dalamnya. Pada bagian atas dinding bata terdapat hiasan tradisional, yang kemudian baru saya tahu dari Ibu Lina  bahwa hiasan tersebut bernama Kepala Singa Jabu Bolon yang dimodif dengan motif Gorga. Hiasan tersebut merupakan khas Sumatera Utara.

Tak hanya itu saja, lampu-lampu yang menerangi para barista bekerja terpasang di sebuah ornamen berupa kayu panjang yang disebut Lesung Opung. Lagi-lagi, dekorasi yang berasal dari Sumatera Utara. Lesung Opung kerap digunakan oleh masyarakat adat Batak untuk menumbuk kopi.






Desain interior yang diusung oleh Goesar Coffe House ini memang erat kaitannya dengan Sumatera Utara di mana kopi Lintong berasal. Di bagian bawah coffee bar, saya juga melihat ada ukiran khas perpaduan warna hitam merah yang bagus sekali. Apron yang dipakai para barista pun memiliki motif tradisional dengan benang emas. Keren!

“Untuk dekorasi kami mempunyai tim desan interior sendiri. Kami pun bekerjasama dengan pengrajin lokal. Dekorasi yang ada ini memang asli dari daerah,” ujar Ibu Lina yang saat Grand Opening Goesar Coffee House juga ditemani oleh suaminya, Bapak Christman Desanto Goesar selaku komisaris PT GGP.

Rencananya Goesar Coffee House tak hanya ada di Kalimalang saja, tapi juga di beberapa tempat di Jakarta serta akan melebarkan sayap ke daerah lainnya, seperti Bali. Jika nanti ada cabang lainnya, Goesar Coffee House tetap akan mempertahankan standar rasa. Tentunya desain interior pada setiap cabangnya pun akan berbeda satu sama lain. Seru, ya, kita bisa diajak mengenal Indonesia dari desain interior yang ditampilkan di Goesar Coffee House.

Di salah satu sudut coffee shop ini, saya melihat deretan tumblr unik dengan berbagai gambar yang menarik.  Ada 12 tema tumblr dengan gambar khas Indnesia yang bisa dikoleksi, seperti  seri Manado, Sumatera Utara, Wakatobi, Raja Ampat, Belitung, Jakarta, Mandalika, dan lainnya. Keren bangeeet! Jadi makin bangga sama negeri sendiri, kan. Oiya, jika kamu sudah punya tumblr Goesar seharga Rp 72 ribu ini dan membawanya ke Goesar Coffee House, kamu bisa mendapatkan potongan harga minuman sebesar Rp 2500,-. Lumayan, kan! :D  Sssst , saya pun membawa pulang tumblr dengan tema Sumatera Utara yang menampilkan beberapa landmark yang ada di sana. Aaaaakk, ini bikin saya pingin ke sana sama keluarga! Kabulkanlah, ya, Allah...  Aaamiiin....  :D








---------

Kopi memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Ada banyak orang yang ketika lidahnya tidak mengecap kopi seharian bisa jadi urung-uringan...  :) Tapi, kopi tak hanya sekedar menyeruput saja. Dari kopi kita bisa belajar banyak hal. Entah itu proses hingga kita minum atau malah kita belajar untuk makin cinta Indonesia karena jenis kopinya yang beragam. Indonesia kaya!

Saya suka dengan misi yang diemban Goesar Coffee House. Mengenalkan kopi Indonesia ke masyarakat Indonesia sendiri yang mungkin masih banyak yang awam tentang betapa banyaknya kopi khas negeri ini yang bisa dieksplorasi. Dan seperti “Goesar” yang berarti “sempurna,” kita bisa mendapatkan kesempurnaan rasa kopi di Goesar Coffee House dengan suasana yang sempurna juga, diiringi musik light jazz, soul, dan pop sambil menyeruput kopi favorit. Hmmmm.... nikmatlah!


Terima kasih Blogger Crony dan Goesar Coffee House atas kesempatannya... :)


Goesar Coffee House
Ruko Green Terrace No. 8B (Transmart Kalimalang)
Jl. Raya Kalimalang Pondok Kelapa
Duren Sawit Jakarta 13450

IG: @goesarcoffeehouse



-Bubu Dita-

14 komentar:

  1. Keren ya Coffee shopnya sekalian jadi tempat edukasi ttg kopi Nusantara.

    BalasHapus
  2. adikku klo pulang dinas luar kota suka bawa oleh2 kopi, pernah nyicipin kopi toraja, iyya beda, aroma sebelum kena air itu yg bikin nyusss

    goesar coffee semoga buka cabang di margonda

    BalasHapus
  3. Goesar ini kyknya konsen dgn bisnis yg menonjolkan budaya2 Indonesia ya? Ini perusahaan yg sama yg punya Goesar Tourist Souvenir kan ya? :D

    BalasHapus
  4. saya bukan pencinta kopi sih, tapi minum kopi + donat/cake = surga dunia hihi

    BalasHapus
  5. Goesar kyknya kudu melebarkan sayap sampe Ambon.. disnaa banyak penggila kofee hahaa

    BalasHapus
  6. Keren konsepnyaaa.. Moga2 bisa bersaing dengan starbuck nantinya :) . Mendingan koleksi tumbler begini deh drpd yg punya franchise asing itu :D. Kalimalang ya tempatnya mba.. Kapan2 mau mampir ah.. Ga jauh2 amat jg nih. Akupun sbnrnya bukan pecinta kopi. Tp slalu seneng nyicipin kopi2 kalo sdg ke kafe kopi gt..

    BalasHapus
  7. Aku suka kopi Lintong dan kopi Gayo tapi favoritnya sih tetap kopi susu wkwkwk. Ngopi itu paling nikmat sambil curcol bareng yayank trus ditempat yg cozy. Hasyeeek banget dah

    BalasHapus
  8. Kapan kita ngopi syantek dit? 😊😊

    BalasHapus
  9. Kopinya menggoda bangeeetttt
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  10. Aku sukaa kopi dan cakenya Goesar 😍😍😍 enakkk, kapan kapan kongkow lagi yum disni 😁😁

    BalasHapus
  11. tempat yg nyaman bagi penggemar kopi ya

    BalasHapus
  12. Aku lebih suka minum white coffee sama mochaccino daripada black coffee. Aku tipe orang yang nggak pernah minum kopi dan aku biasa minum hot chocolate sama green tea.

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Jd gak cuman minum kopi yah tapi juga tau betul ttg kopi

    BalasHapus
  14. Semoga Goesar Coffee ada di Depok

    BalasHapus