Jumat, 12 Februari 2016

Belajar Batik di Kampoeng Batik Palbatu Jakarta

Geliat perkembangan batik di negara kita semarak sekali.  Beberapa kali saya ke Pusat Batik di Thamrin City, rasanya enggak mau pulang dan ingin memborong semua produk batik yang saya suka – tapi apa daya  isi dompet tak sampai… hihihi. Bangga, kan, memakai batik. Apalagi batik yang dibuat secara handmade.
 
Indonesia punya beberapa kampung batik. Di Solo ada Kampung Batik Laweyan dan Kauman. Yogyakarta mempunyai Kampung Batik Ngasem. Di Cirebon ada Kampung Batik Trusmi. Sidoarjo terdapat Kampung Batik Jetis. Ada juga Kampung Batik Lasem di Rembang. Bagaimana dengan ibu kota Jakarta?

Ternyata Jakarta pun tak ketinggalan dengan daerah penghasil batik lainnya, lho. Di daerah Tebet, Jakarta Selatan terdapat Kampoeng Batik Palbatu! Kampung batik ini mulai dirintis sejak 2011. Pengrajin-pengrajin batik dari Jawa didatangkan khusus untuk mengajar membatik para warga di Palbatu dan sekitarnya. Tujuannya untuk melestarikan budaya batik di kalangan masyarakat. Beberapa warga pada akhirnya bisa membatik bahkan ada yang membuka usaha batik secara mandiri.



Hingga kini, tujuan itu terus dipupuk dengan mengajak generasi muda, terutama anak-anak untuk gemar membatik. Setiap akhir pekan, Rumah Batik Palbatu yang berada di kawasan Kampoeng Batik mengadakan workshop membatik gratis bagi anak-anak di sekitar Palbatu. Peminatnya lumayan banyak. Saat saya ke sana, ada sekitar 12 orang yang asyik membatik. Mereka semua ternyata sudah beberapa kali mengikuti workshop membatik di tempat ini. Senang sekali saya melihat anak-anak ini begitu antusias membatik. : )



Anak-anak belajar membatik. Seru, deh!


Jika ingin mengajak anak kita membatik pun bisa banget, lho. Biayanya Rp 100.000,- dengan durasi 2 jam untuk belajar batik sederhana dari mulai memindahkan pola batik, menyanting hingga pewarnaan dengan metode colet. Selain itu ada juga workshop dengan metode pewarnaan celup sampai pelorodan malam dari kain yang dikenakan biaya Rp 200.000 dengan durasi yang lebih lama. - Harga per Februari 2016.  



Ini batik bikinan saya... Hehe : )


Ketika saya bersama Ibu Ani (pengajar di Rumah Batik Palbatu) berkeliling Kampoeng Batik ini, mata saya takjub melihat beberapa hiasan tembok rumah warga yang digambar dengan motif-motif batik. Keren, deh! 





Tulisan saya mengenai Kampoeng Batik Palbatu ada di Majalah Disney Junior Indonesia edisi 90. Di feature tersebut, kita bisa melihat bagaimana seriusnya dan asyiknya anak-anak Palbatu belajar membatik… : )   

Kampoeng Batik Palbatu di Majalah Disney Junior Indonesia.



Rumah Batik Palbatu
Jl. Palbatu IV No. 17 Menteng Dalam
Tebet, Jakarta Selatan
www.kampoengbatikpalbatu.com


-BubuDita-


2 komentar:

  1. Mba, ih asli ini seru banget. Aku mau ajak anak-anak kesini ah... Thanks for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruuuu mba... Seneng lihat anak2 membatik di sini :)

      Hapus