Wednesday, March 8, 2017

8 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Bantimurung



Memasuki kawasan Bantimurung di Maros, Sulawesi Selatan, kita akan disambut oleh patung kupu-kupu raksasa! Ya, Bantimurung memang terkenal dengan wisata kupu-kupunya. Saat diteliti oleh Alfred Wallace pada tahun 1856, diketahui setidaknya ada 250 jenis kupu-kupu di tempat ini. Jadi, enggak mengherankan jika Bantimurung disebut sebagai The Kingdom of Butterflies.


Suasana di Bantimurung sungguh menentramkan. Bukit kapur dengan pohon tropis yang menyelimutinya memberikan kesejukan saat kita berjalan-jalan di sana. Walau cuaca sedang panas, namun pohon-pohon tersebut melindungi kita dan menghantarkan angin sepoi-sepoi yang cukup menyegarkan.

Mengunjungi tempat wisata ini bersama balita ternyata asyik juga, lho. Boo dan Mika sudah mengenal kupu-kupu. Biasanya di rumah eyang yang tamannya cukup luas, mereka sering melihat kupu-kupu (dan gemas ingin memegangnya).Tapi pengalaman melihat kupu-kupu di Bantimurung tentu memberi kesan yang berbeda. Lagipula banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini. Apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan di Bantimurung jika kita mengunjunginya bersama anak balita?


Mengejar Kupu-kupu
Sebelum sampai di Bantimurung, saya tuh mikirnya banyak kupu-kupu akan terbang bergerombol. Terus kupu-kupu itu terbang mengelilingi kita, semacam di negeri dongeng-nya Wonderland gitu. Tapi ternyata enggak, sih. Hehehe... Beberapa kali saja kami melihat kupu-kupu yang cukup besar terbang melintas. Dan yang paling berkesan, ada dua kupu-kupu berwarna biru tua kehitaman. Baguuus sekali. Mereka terbang di taman yang ada di sekitar air terjun. Boo dan Mika yang melihatnya pun langsung mengejar kupu-kupu tersebut. Mereka berlari kecil dan terlihat senang saat kupu-kupu hinggap di daun atau rumah-rumahan kayu. :)









Menikmati Air Terjun
Selain kupu-kupu, air terjun di Bantimurung merupakan spot utama yang bisa dinikmati wisatawan. Boo dan Mika pun juga senang melihat derasnya air terjun ini. Mika bahkan pingin berenang, padahal kami enggak ada persiapan buat main air. Niat ke Bantimurung memang hanya ingin menikmati suasananya saja. Jadi, saya sempat, sih, mengajak Mika ke pinggiran sungai dan menceburkan kaki dan tangannya sedikit ke air. Dan ternyata memang ada beberapa pengunjung yang berenang di sungai itu bersama anak-anak mereka. Bahkan ada, lho, ban-ban berbentuk angsa yang memang biasanya dipakai oleh anak-anak untuk berenang. :)














Bersantai di Gazebo
Bantimurung cocok banget untuk wisata keluarga. Di sekitar air terjun ada banyak gazebo untuk bersantai. Selain bisa buat selonjoran kalau sudah lelah berkeliling, kita juga bisa sambil makan di dalamnya. Oya, di Bantimurung saya melihat beberapa ibu-ibu yang menjajakan makanan. Nah, jadi tidak perlu repot untuk membawa makanan jika ingin mencoba camilan yang dijajakan ibu-ibu tersebut. :)









Trekking ke Goa Batu
Di Taman Nasional ini ada dua buah goa yang jadi daya tarik wisatawan, yaitu Goa Batu dan Goa Mimpi. Dari loket menuju Goa Batu jaraknya sekitar 1 km sedangkan ke Goa Mimpi lebih jauuuuh lagi. Untuk mencapainya ada tanjakan di samping air terjun yang bisa dilewati. Saya dan Mika enggak ikut Yaya yang trekking ke Goa Batu bersama Boo. Tapi ternyata mereka berdua pun enggak sampai ke Goa Batu sudah langsung turun ke bawah... Hihihi... :D Meski enggak sampai ke Goa Batu tapi perjalanan ke sana cukup memberi kesan juga. Ada jalan setapak dengan tebing di samping dan pohon-pohon yang masih sangat alami Ada juga aliran sungai di sepanjang jalan yang menyejukkan hati. Enak, deh, adem, seger banget rasanya melihat aliran sungai kayak gini. :D 









Ke Museum Kupu-kupu
Satu tempat paling menarik di Bantimurung adalah Museum Kupu-kupu! Di tempat ini ada ratusan kupu-kupu yang telah diawetkan dan disimpan di etalase kaca. Kebanyakan kupu-kupu yang ada di museum ini merupakan jenis kupu-kupu papilo androkles dan papilo blumei yang berasal dari Bantimurung. Selain itu ada pula kupu-kupu dari daerah lainnya. Ada juga tempat penangkaran kupu-kupu untuk melihat perkembangan kupu-kupu dari mulai ulat, kepompong hingga mengepakkan sayapnya.


Berendam di Telaga Bidadari
Selain main air di dekat air terjun, ada juga sebuah kolam yang biasa digunakan pengunjung untuk berendam atau sekedar mencuci kakai, tangan dan wajah. Kolam tersebut disebut Kolam Jamala atau Telaga Bidadari. Konon tempat ini menjadi tempat mandi para bidadari dan dipercaya memiliki khasiat obat untuk menyembuhkan penyakit, enteng jodoh serta menghindarkan seseorang dari ilmu sihir! Hiiiii.... oya, selain itu ada juga sebuah kolam yang ada perosotannya, lho. Saya pun melihat beberapa orang nyemplung di kolam tersebut. :) 






Menginap di Hotel Bantimurung
Tak jauh dari loket, ada sebuah hotel yang cukup besar berdiri dengan megahnya! Ya, jika ingin menikmati suasana pagi di Bantimurung namun tidak ingin menempuh perjalanan yang agak jauh dari pusat kota Makassar, memang ada baiknya menginap di hotel ini. 






Membeli Souvenir
Nah, sebelum meninggalkan Bantimurung, kita bisa membeli souvenir dulu. Banyaaaak banget kios penjaja souvenir khas Bantimurung. Letaknya di sekitar tempat parkir. Berbagai souvenir seperti kaos, gantungan kunci, tempelan kulkas, hingga hiasan pajangan kupu-kupu tersedia dengan harga bersaing.





------

Sekilas Tentang Bantimurung
Kwasan wisata Bantimurung menjadi bagian dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Di tempat ini ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi pemerintah dan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 7/1999. Beberapa spesies kupu-kupu unik yang bahkan hanya terdapat di Sulawesi Selatan, seperti Troides Helena Linne, Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana ada di tempat wisata ini. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15 ribu untuk menikmati pesona alam yang ditawarkan Bantimurung. ada yang tertarik mengunjunginya? :)





-Bubu Dita-

20 comments:

  1. Untuk tiket seharga segitu dengan begitu banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari, rasanya worth it sekali! Apalagi kupu-kupu adalah serangga yang bisa kita ambil hikmah dari perjalanan hidupnya (metamorfosis sempurna) heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Worth itu banget mbaa.. Enak suasana di sana dan anak2 seneng juga :D

      Delete
  2. Menyenangkan bisa melihat kupu kupu yang terbang bebas... Apalagi pemandangan sekitar yang ijo... Segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba segeeerr bgt meski siang panas tp gak gitu kerasa, masih banyak pohon juga soalnya.. :)

      Delete
  3. Aku 2x ke makassar belum kesitu. Kayanya hrs balik lagi biar di sempetin liat byk kupu2 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes mba next time ke Makassar lagi wajib ke Bantimurung nih hehe..

      Delete
  4. tiketnya murah banget ya...tapi jauh banget nih harus ke Sulawesi...eheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahhahaa iya mba Yessi, mumpung pas lagi d Makassar aja nih jd ke sana juga.. :D

      Delete
  5. Serba kupu, indah bange. Ada nggak pas musim banyak ulat trs musim banyak kupu2 gitu? bulan2 khususnya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bagus warnanya kupu2 yg aku temuin.. Nah kalo untuk musimnya aku jg masih kurang paham deh mba.. hehe

      Delete
  6. Waaahh pengen ke sana, suamiku udah pernah ke sana, aku belum :( #melas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo Mba April jalan2 ke Bantimurung.. :)

      Delete
  7. Wah tempat wisata baru nih, perlu njajal-njajal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kak, sila sila ke Bantimurung.. :)

      Delete
  8. Tempatnya bagus ya buat anak juga buat belajar tentang hewan juga ya mba Dita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng mereka mba ngejar kupu2, emak bapaknya yg was2 Hahaha.. :D

      Delete
  9. kupu-kupu papilo androkles dan papilo blumei nya bda diclose up kah mb dit, pnasaran

    Asyik banget ternyata sungainya bisa buat ciblon2 manjaah, tapi arusnya agak deres ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg blumei warnanya hitam tosca gitu mba Nit, kalo ygandrokles agak kecoklatan.. cmiiw.. hihihi :D Aku suka yg blumei, cakep warnanyaaa.. Iya yg dekat air terjun agak deras tapi ke depannya tenang gitu, beberapa org pada pake ban berenang manja gituuu..

      Delete
  10. Lihat Telaga Bidadari itu bawaannya pengen nyemplung. Di bawah pepohonan gitu kayaknya nyamaaan kalau berenang disitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adeeem mba tempatnya, enak buat berenang memang.. :)

      Delete