Monday, October 30, 2017

Kelas Blogger #17, Saat Blogger Belajar “Blogging On The Spot” Sekaligus Melek Asuransi Mobil Digital



"Kamu ikut Kelas Blogger 17, gih, Bubu. Ini udah ada pengumumannya," ujar Yaya Indro saat kami berdua sedang duduk santai.

 "Daftarnya gimana?" tanya saya.

Yaya Indro pun langsung mengirim poster event Kelas Blogger 17 ke WA saya. Yaya memang sudah tergabung di grup Kelas Blogger karena pernah dua kali mengikuti workshop tentang foto mainan dan minifigure yang diadakan komunitas ini.

Sekilas membaca posternya, saya pun jadi sangat bersemangat! Apa pasal? Kelas Blogger 17 ternyata hanya membatasi peserta sebanyak 40 orang saja. Nothing to lose saya pun mendaftar, berharap menjadi salah satu bagian dari Kelas Blogger kali ini. Sayang banget kalau enggak ikutan, apalagi temanya pun menarik, yaitu tentang "Blogging on The Spot."

Bersyukur, saya yang masih termasuk baru dalam dunia blog ini bisa terpilih dan berpartisipasi. Dan.... dalam acara ini ternyata menyediakan banyak banget hadiah. Asli bikin mupeng. :D Tapi yang paling membekas usai mengikuti rangkaian acara Kelas Blogger #17 adalah saya dapat teman baru lagi, saya sangat  menikmati acaranya, dan saya banyak tertawa sepanjang acara. Itu berarti banget buat saya... :)


Diajak Melek Asuransi Mobil Digital

Kelas Blogger #17 makin terasa spesial karena bekerjasama dengan perusahaan asuransi terkemuka Raksa Online. Acara yang diadakan pada 18 Oktober 2017 pun bertempat di kantor Raksa Online di Jakarta Pusat. Hari itu blogger enggak hanya mendapat siraman ilmu tentang blog saja tapi juga diajak untuk semakin melek mengenai masalah asuransi, terutama asuransi mobil.

Raksa Online merupakan bagian dari PT Asuransi Raksa Pratikara yang telah lama berkecimpug di dunia perasuransian tanah air. Raksa online merupakan layanan asuransi mobil dengan metode digital sehingga masyarakat bisa mengisi data di situs Raksa Online dan langsung mengetahui berapa premi yang dibayarkan. Cukup mudah dan tidak repot, kan!

Dari Direktur Marketing perusahaan tersebut, Bapak Junardi Rusly, saya pun jadi mengetahui bahwa Raksa Online ternyata sudah ada sejak 2012 dan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Ia berharap semakin banyak masyarakat yang berasuransi yang sejalan juga dengan misi pemerintah.





Informasi terkait Raksa Online juga diberikan oleh Mbak Yuliana. Secara umum ia menjelaskan tentang apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh customer Raksa Online. Asuransi mobil ini mempunyai delapan layanan unggulan yang pastinya sangat menarik bagi calon pelanggan. Apa saja layanan unggulan tersebut?

 


Baca Juga: Traveling dengan Mobil Semakin Tenang Bersama Raksa Online

Pemahanan mengenai produk di Raksa Online semakin banyak didapat saat saya dan para blogger lainnya diajak untuk berkeliling kantor Raksa Online. Mba Wiwik dari Raksa Online yang menemani kami berkeliling menjelaskan setiap sudut yang ada di kantor tersebut. Semua pertanyaan dari peserta berusaha dijawabnya sambil tak lupa mengembangkan senyumnya... :)



Hal yang paling menarik di kantor Raksa Online ini menurut saya tentu saja adanya ruangan khusus menicure dan pedicure! Ya, Raksa Online tenyata memang benar-benar ingin memanjakan customer-nya. Suasana di tempat klaim ausransi dan customer service pun dibuat sangat nyaman dengan alunan musik syahdu. Di beberapa sudut bahkan penerangannya tidak terlalu terang dengan lilin-lilin aromaterapi berjejer di atas lantai. Rasanya memang seperti ada di salon saja... :D



Belajar Reportase Dari Bang Gapey & Kang Arul

Nah, setelah puas berkeliling dan bertanya lebih mendalam mengenai Raksa Online, peserta Kelas Blogger #17 kembali ke ruangan. Kami langsung diminta untuk menulis selama maksimal tiga jam dan langsung mem-publish hasil tulisan kami!

“Huaaahhhduh.... materi tentang “Blogging on The Spot”-nya saja belum diberikan, kok, sudah disuruh nulis?” protes saya dalam hati. :D Tapi protes itu saya tepis dan mulai merangkai kata di handphone. Suasana di dalam ruangan pun mulai menyepi meski sempat juga beberapa kali terdengar celetukan yang bikin senyum dan tertawa.

Semua peserta sibuk menulis dengan berbagai gadget andalannya masing-masing. Saking seriusnya menulis, bahkan saat waktunya istirahat untuk makan siang pun tak terlalu digubris! Haha...

Dok. Kelas Blogger
  
Waktu memang terasa cepat sekali berlalu bila kita mengerjakan sesuatu. Apalagi kalau yang dikerjakan itu menyenangkan, seperti halnya menulis. Rasanya memang tiba-tiba waktu sudah berlalu tanpa kita sadari. Itu pula yang saya alami. Tiga jam waktu yang diberikan untuk menulis telah usai. Peserta sudah mem-publish tulisannya dan juri pun siap menilai untuk menentukan siapa pemenangnya.

Nah, saat penjurian itulah baru materi tentang “Blogging on The Spot” diberikan oleh Bang Gaper Fadli atau yang lebih dikenal dengan nama Bang Gapey. Bang Gapey sudah malang melintang di dunia penulisan blog dan meraih banyak penghargaan. Ia banyak menulis di Kompasiana dan juga menjadi seorang vlogger. 

Dok. Kelas Blogger

Menurut Bang Gapey ada dua syarat utama yang harus dimiliki jika kita ingin melakukan reportase. Oya, reportase sendiri menurut KBBI adalah laporan kejadian (berdasarkan pengamatan atau sumber tulisan). Nah, apa saja yang harus dimiliki untuk reportase? Pertama, kita tahu apa yang menarik untuk diangkat. Sedangkan yang kedua, kita selalu ingin tahu terhadap hal yang ingin kita angkat tersebut.

Asah kemampuan keingintahuan itu mulai dari 5W1H (What, Where, When, Who, Why, dan How). Lalu kritisi juga untuk apa itu diangkat, apa manfaatnya untuk pembaca. Rasa keingintahuan itu juga bisa berkembang saat kita melakukan observasi, baik yang sifatnya partisipatif maupun non partisipatif.

Bang Gapey pun menerangkan mengenai REPORTASE yang diuraikannya sebagai berikut.



Hal pertama yang disiapkan dalam reportase adalah rencana. Rencana itu terdiri dari beberapa elemen, seperti angle atau dari sudut pandang apa yang ingin kita ambil, tema, narasumber, hingga daftar pertanyaan. Setelah sudah tersusun rencana secara matang, kita bisa melanjutkannya dengan mengeksplorasi hal tersebut.

Dari eksplorasi akan muncul banyak data dan fakta. Tidak semuanya harus kita sampaikan, pilihlah yang kita rasa penting dan menarik lalu diolah secara runut. Berbagai hal yang sudah kita dapat jangan lupa untuk dicatat, alirkan cara penyeritaannya, dan akuratkan lagi. Cek kembali agar tidak ada informasi yang slah sehingga hasilnya akurat dan kredibel.

Setelah semua proses itu dilalui segeralah untuk menulisnya. Hal terakhir dalam reportse yang perlu diperhatikan menurut Bang Gapey adalah mengenai etika dan ekslusifitas. Sebagai blogger kita pun harus memahami etika bekerja reportase. Dan usahalan agar apa yang kita dapatkan itu termasuk ekslusif.

Lalu apa yang harus diperhatikan dalam melakukan “Blogging on The Spot?” Bang Gapey menyebut 11 poin tentang hal tersebut.


1.      Ikuti kaidah “REPORTASE.”

2.      Gunakan semua indera.

3.      Selalu catat point-point.

4.      Write the way you see, hear, and feel.

5.      Acting seperti reportase siaran live.

6.      Bentuk liputan pendek itu piramida terbalik.

7.      Teks informatif dan menghibur.

8.      Tetap wajib 5W1H.

9.      Jangan memecah artikel.

10.  Kelengkapan berita boleh tidak lengkap untuk breaking news.

11.  Manfaatkan aspek visual.



Usai Bang Gapey menyampaikan penyelasannya, Kang Arul dari Kelas Blogger yang telah usai melakukan penjurian terhadap tulisan para blogger juga memberikan tips-tips dalam menulis.

“Tulisan di blog itu mestinya point of view orang pertama, yaitu saya. Kadang blogger melupakan hal itu,” ujar Kang Arul.

Ceritakanlah pengalaman yang dialami karena blog itu sesungguhnya adalah catatan harian. Selain itu tulisan di blog pun ushakan harus mobile friendly karena kini lebih banyak orang mengakses melalui handphone. Dan yang terakhir, kalimat dalam tulisan pun harus menarik sehingga orang lain akan betah untuk membacanya hingga usai.

Saya pun menyadari ternyata metode di Kelas Blogger #17 ini pas banget untuk mengetahui apa saja kesalahan yang sudah saya lakukan saat menulis sebelumnya. Pantas saja materi mengenai “Blogging on The Spot” malah dijadwalkan di akhir acara. :)

Usai Bang Gapey dan Kang Arul menyampaikan materi serta masukan bagi para peserta, akhirnya saat yang dinantikan untuk mengetahui siapa yang memenangkan “Blogging on The Spot” pun tiba jugaaaaa....

“Dan pemenangnya adalahhh....” ujar Kang Arul sembara mendramatisir suasana.

Nama blog saya pun langsung terpampang di layar, saya jadi juara sembilan! Asli enggak nyangka nama blog saya nyantol juga. :) Saya pun mendapat hadiah berupa kaos Kelas Blogger berwarna hitam yang nge-hits itulah... Asyiiiiikkk.... :D Pada acara ini juara satu diraih oleh Mas Ali yang mendapat laptop. Huah, keren banget, kan, hadiahnya! :D


Dok. Kelas Blogger

Senang rasanya bisa jadi bagian dari Kelas Blogger. Senang bisa mendapat ilmu baru, bertemu beberapa teman yang hanya tahu di dunia maya, dan senang juga mendapat oleh-oleh dari Kelas Blogger.

Terima kasih, ya, Kelas Blogger dan Raksa Online... :)




- Bubu Dita-










21 comments:

  1. Kebayang banget deg2an banget diberikan waktu tiga jam untuk fokus menulis tapi di godain sana sini. Hehhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Hehehe, iya Mba Alida. Deg-deg seeerrr... Eh, tapi seruuu.. :D

      Delete
  2. Mau yg lebih seru? tungguin ya event selanjutnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiikk, mau ikutan lagi dong mas.. :D

      Delete
  3. Ya ampun ada fotoku lagi serius2nya ngeblog wkwkwkwk
    Yuk ikutan lagi Kelas Blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... Pinjem fotonya ya Mba Lidaaa.. Aku ambil di FB Kelas Blogger hihihi.. :D Ayuk, aku mau ikutan lagi...

      Delete
  4. ingat ketemu bang gopay pertama kali waktu liputan ke Sukamiskin Bandung. Seru ya acara ini. Praktek langsung ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Gita seru nih praktek langsung di tempat.. :D

      Delete
  5. Kapan ya ada lagi kelas blogger kayak gini. Sayang banget waktu itu aku nggak dateng. Keren temanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya Mba Nurul kan kepilih buat ikut juga ya.. Pas itu Sagara kalo gak salah lagi sakit ya mba?

      Delete
  6. Wah senangnya suami mendukung aktivitas istri, malah sama minatnya ya sampe disuruh gitu istrinya ikut kelas blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba Leyla.. hehe.. :D

      Delete
  7. Mba Dita, aku belum sekalipun nih ikutan kelas Blogger, ketinggalan terus, materinya bagus-bagus next time harus ikut pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaa nanti kalo ada lagi kita daftar yuks :D

      Delete
  8. Blogging on the spot itu butuh konsentrasi tinggi kyknya ya mbak?
    Emang bener tuh semua panca indra digunakan. Jd keinget tmn2 wartawan media cetak yg harian atau media online yg selalu update bbrp kali pernah liat ada yg ngetik di lapangan jg :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa aku salut banget sama wartawan yang harus langsung ngetik langsung setelah atau malah pas acara.. Walo lulusan jurnalistik, aku sama sekali belom pernah kerja di koran dan online yg news gitu mbaa.. haha..

      Delete
  9. Write under pressure, mwahaha. Pasti sambil ngetik jantung deg-degan pikiran ga tenag, diuji banget ini ya kefokusan kita. Tapi asik banget nih materinya, tipsnya ku tandai mba. TFS :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku takut stuck gak bisa mikir gitu Mel.. Ehtapi pas dijalanin bisa ternyata haha.. Itaaterinya Bang Gapey sama Kang Arul mesti diinget-inget nih..

      Delete
  10. Iiih kebayang serunya. Pengen deh kalau ada kelas blogger ttg blog on the spot. Memang kalau nulis fokus sih 3 jam cukuo. Tapi untuk memulainya itu tuh yg susah. Kecuali dr saat dijelaskan sudah punya rencana mau nulis apa. Jadi bisa cepat kelar.

    ReplyDelete
  11. Seru banget ya Kelas Blogger 17. Banyak ilmu yg didapat.Apalagi Bang Gape jelas dan simple neranginnya jd mudah dipahami.

    ReplyDelete