Friday, September 29, 2017

Menjelajah Angkasa di Skyworld TMII Jakarta


"Mang Venus Bawa Mangga yang Satu Untuk Nenek Pluto"

Hahaha, hayo, siapa yang enggak asing dengan kalimat di atas? Ngacung coba, siapa yang waktu sekolah dulu pakai kalimat di atas untuk menghapal urutan nama planet di tata surya kita? :D Ada yang ngangguk-ngangguk? Kita senasib berarti, ya... Hihihi... Waktu sekolah dulu, saya selalu terkesima dengan pelajaran astronomi. Bintang, planet, komet, meteor, benda-benda langit itu begitu memesona meski hanya saya lihat melalui gambar atau film. 



Saya dan Yaya Indro pingin mengenalkan dunia luar angkasa juga ke Boo dan Mika. Kami berdua punya niat mengajak mereka ke Planetarium. Yes, Planetarium yang ada di dekat Institut Kesenian Jakarta itu. Saya kayaknya cuma sekali ke Planetarium waktu SD. Jadi, Planetarium sekarang kayak apa saya buta banget. Eh, tapi pas lagi browsing, saya baru tahu jika di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pun ada planetarium, lho! Planetarium di TMII jadi salah satu wahana yang ada di Skyworld Indonesia.




Baca Juga: Taman Legenda TMII 


Saya happy berat karena TMII jaraknya lebih dekat dari rumah daripada Planetarium di Cikini. Nah, lagipula saya belum pernah ke Skyworld, nih. Jadi penasaran seperti apa planetarium di sana dan ternyata banyaaak wahana lain di Skyworld TMII selain planetarium. Ada wahana yang berhubungan dengan luar angkasa dan ada juga wahana yang enggak ada hubungannya tapi tetap seruuu... :D


Wahana Luar Angkasa

Oke, Bubu Dita akan membahas wahana apa saja yang berhubungan dengan luar angkasa yaa..

Planetarium Digital

Waah, bentuk planetariumnya mirip dengan yang di Cikini, seperti dome. Di Planetarium Skyworld, kita akan melihat bintang-bintang dan benda langit yang ada persis di atas langit TMII, tapi secara digital, ya. Benda langit yang dilihat bisa real time dan ada juga yang mundur beberapa jam ke belakang.

Paling seru tentu saja saat melihat planet-planet tata surya. Favorit Bubu pastinya planet Venus dan Saturnus.. :D Bubu Dita juga jadi ngeh lagi kalau rasi bintang itu ada banyak, enggak cuma 12 aja seperti yang kita tahu. Oya, sepanjang penayangan ada suara mas-mas voice over yang cukup informatif. :) Durasi penayangan selama kurang lebih 20 menit.
 

Ini pasti wahana utama yang dicari pengunjung. Penjelasan memang cukup informatif, eh, tapi ada satu waktu saya agak bosan saat berada di dalam planetarium ini. Boo setengah penayangan ke belakang tidur, Mika malah baru mulai sebentar sudah tidur. Ya gimana, kami menonton siang pas jam tidur anak, apalagi suasananya, kan, temaram gitu... :)

Dan kayaknya endingnya rada menggantung, deh. I want more-lah, enggak cuma gitu doang aja... Hihihi, Bubu Dita emang banyak maunya. :D


Berikut jadwal Planetarium Digital di Skyworld TMII:
Senin-Kamis: 09.30, 10.30, 11.30, 12.30, 13.30, 14.30, 15.30, 16.30
Jumat: 09.00, 10.00, 11.00, 13.30, 14.30, 15.30, 16.30
Sabtu-Minggu: 09.15, 10.00, 10.45, 11.30, 12.30, 13.15, 14.00, 14.45, 15.30, 16.30



5D Cinema

Sama sekali enggak nyangka kalau wahana ini jadi wahana terfavorit buat Bubu Dita (dan mungkin Yaya Indro).

Jadi, sinema 5 dimensi ini ada beberapa tema. Nah, pas kami mencobanya, kami mendapat tema petualangan terjun payung dari pesawat. Entah ada masalah dengan pesawat atau peralatannya, tiba-tiba aja penerjun payung itu jatuh dan ada di kereta terbuka. Naaahhh, kereta inilah yang tak hentinya menjelajah pegunungan, pertambangan sampai akhirnya bisa berhenti. :D Oiya, sebelum dimulai, kami memakai kacamata 3 dimensi dulu.

Hal yang menarik adalah wahana ini lumayan banget berasa goyangnya, hahaha... Iya jadi kursi yang kita naiki akan bergerak sesuai dengan arah kereta dan itu cukup bikin deg-degan.

Saya pun memangku Mika saat menaiki wahana ini. Jadilah satu tangan memegang Mika, satu tangan lagi memegang kursi. Jadi, makin berasa deg-degan jatuh, deh. :D Tapi aman, kooook, asal kita pegang anak kita dengan baik... :)

Eh, tapi yang saya bingung kenapa, ya, dinamakan 5 dimensi. Soalnya setahu saya kalau 4 Dimensi kan selain tayangan tampak nyata dengan memakai kacamata, ada juga angin yang berhembus atau tiba-tiba ada air. Lha, ini 5 dimensi tapi rasanya enggak ada apa-apanya. Ya, tapi tetep, sih, worth to try karena cukup bikin deg-degan. :D

 

Exhibition Room
Mau melihat replika roket? Di sinilah tempatnya! Ruang pamer atau exhibition room ini luas banget. Setelah kita membayar tiket dan masuk ke Skyworld, kita akan langsung melihat banyak hal yang berhubungan dengan luar angkasa.

Exhibition room ini minim pencahayaan. Ya, pasti supaya suasananya terasa seperti di luar angkasa, ya. Begitu memasuki ruang ini kita akan disambut astronot tanpa kepala! Ini cuma standing character aja supaya pengunjung bisa narsis foto. :)

Di sini kita juga bisa melihat bagaimana mitos atau legenda masyarakat yang berkaitan erat dengan benda angkasa. Barulah setelah itu kita dibawa untuk melihat dari sisi ilmu pengetahuan, seperti bagaimana urutan planet di tata surya, bagaimana proses terjadinya gerhana, sampai ada diorama bagaimana rupa planet Mars. Lengkap, deh...






Nah, yang paling saya suka dari exhibition room ini adalah adanya tokoh-tokoh astronomi dunia yang dipajang secara berderet di dalam ruangan yang berbentuk seperti ruangan besar di Museum Iptek atau di Taman Pintar Jogjakarta. Dan di tengah-tengah ruangan terdapat replika roket yang cukup besar. Di lantai atasnya ada control room. Keren, deh. :)







Kami juga sempat menonton di layar tv film, kalau enggak salah ingat mengenai Apollo 13 yang mempunyai misi ke bulan. Namun perjalanan tersebut sempat mengalami masalah ledakan di bagian bahan bakar. Saya baru ngeh ternyata Boo menontonnya dengan seksama, sampai-sampai saat sudah kami mengobrol tentang Skyworld, dia bilang takut naik roket nanti kecelakaan. OMG!

Masih ada lagi hal seru lain di bagian luar angkasa yang enggak sempat kami coba, seperti foto 3D dengan memakai kostum astronot. Oiya, yang menarik juga adalah ada replika pesawat di Star Trek, loh! Beberapa foto karakter di Star Trek juga dipajang. Ada yang suka banget sama Star Trek? Kuylah, main ke Skyworld. :D

Untuk siswa sekolah juga pas banget main ke tempat ini sekaligus sebagai wahana edukasi. Di Skyworld disediakan ruang kelas yang kayaknya khusus untuk rombongan sekolah, deh. Ada juga praktik uji coba seperti membuat roket air. Seru, yak!

 

Wahana Non Luar Angkasa
Jadwal menonton di Planetarium di hari kerja berselang 1 jam, sedangkan di akhir pekan berselang 45 menit. Sambil menunggu jadwal tersebut anak-anak enggak akan bosan, soalnya di Skyworld TMII juga ada taman bermain outdoor! Yes, segala perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan bisa dimainkan. Ini, sih, favoritnya Boo dan Mika. Di mana pun yang ada playground-nya pasti mereka suka. :D

Baca Juga: Menjajal Berbagai Wahana di World of Wonders

Enggak jauh dari playground tersebut ada permainan trampoline sampai panjat dinding! Kita juga bisa main ke taman di mana ada beberapa replika roket di sana. Taman, playground untuk anak, dan berbagai permainan seru tersebut menjadi bagian dari Taman Bermain Among Putro yang menyatu dengan Skyworld Indonesia. 








Baca juga: Trampoline Day

Enggak sampai di situ aja keseruan di Skyworld, lho. Kenapa? Karena ada wahana aiiiirrr! Waaaaww, ini, sih, tempat main favorit banget, ya, buat anak-anak yang suka main air. Wahana air ini termasuk wahana yang "serius," kok. Maksudnya di wahana air tersebut disediakan permainan, seperti perosotan (ada banyak), air mancur, dan ember tumpah. Kolam renangnya juga cukup luas.

Sayangnya, waktu kami ke sana Boo dan Mika enggak mencoba wahana air karena enggak bawa baju ganti lebih, saya dan Yaya Indro juga lagi enggak prepare buat nyebur, sih. :D Tapi lain kali jika ke Skyworld lagi, kami juga mau main air... Hihihi...





Paling asyik, buat menikmati semua permainan dan wahana air tersebut kita enggak dipunggut biaya lagi. Jadi tiket masuk sebesar 60 ribu/ orang sudah include semuanyaaa... Buat kami harga segitu dengan fasilitas yang didapat termasuk worth it, ya. Coba, bisa main air segala, lho. :D

Gimana, gimana, jadi pingin main ke Skyworld TMII enggak? Hihi... Kebetulan pas Bubu Dita buka website-nya, ada beberapa wahana lagi yang masih dalam pengembangan. Jadi, makin lama pasti makin seru, nih, tempatnya. 




SKYWORLD Indonesia
Taman Mini Indonesia Indah

Jam Buka: 
Senin-Jumat 09.00-17.00
Sabtu-Minggu/Hari Libur 08.00-17.00


HTM:
Rp 60.000/orang

-Bubu Dita-

22 comments:

  1. Ingeeet banget waktu SD ada study tour ke planetarium di Surabaya. Dan sampai sekarang, itu yang pertama dan terakhir kalinya :( sediihh.

    Wahhh, tau ada wahana macam ini, ntar kalo ke Jakarta bisa jadi destinasi pilihan deh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya mbaa, aku juga terakhir kayaknya SD ke planetarium.. Skyworld lokasinya pun enak di TMII jadi bisa ke wisata lainnya juga.. :D

      Delete
  2. wah seru sekali...dari pemaparannya jadi pengen kesana...

    ReplyDelete
  3. Iih, pengen banget ke sanaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Waaa seruu, aku baru tau tempat ini mba. Wajib banget kayaknya bawa anak anak, pada suka ama planetarium ginii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba Shinta aku pun baru tau dan langsung ke sana.. haha.. :D

      Delete
  5. eh ini yang di Cikini bukan sih? aku ingetnya yang tempat buat kita lihat planetarium itu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukaan, koh.. Ini yang di Taman Mini.. :)

      Delete
  6. Waaaah, TMII makin asyik aja nih sekarang. Aku udah lamaaaa banget deh gak main ke Taman Mini, hihi
    Tapi jadi tertarik deh buat ke Skyworldnya, kayanya seruuuu yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Rani, lumayan banget tempatnya banyak wahana permainannya pun.. :D

      Delete
  7. Jadi inget film Wall e liat propertinya. Cocok ya buat ajak anak anak ke sini :)

    Omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya rada mirip robot yang di Mars itu sama Wall E..

      Delete
  8. Eh sebelah mana ini skyworldnya? Apa wahana baru ya? Menarik sekali utk dikunjungi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba termasuk wahana baru di TMII.. :) Seingat saya dekat Museum Penerangan mba..

      Delete
  9. Saya yang di Cikini aja belum kesampaian juga mau ajak anak-anak. Kayaknya yang di TMII ini termausk baru, ya? Atau saya yang kudet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun baru tahu Mba Myra, kayaknya memang belum lama ada di TMII.. Pingin juga nih ke planetarium yang di Cikini.. :D

      Delete
  10. wah ini baru ya, soalnay terakhir ke sana belum ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya memang baru ada dari awal tahun ini mba.. :)

      Delete
  11. kayaknya ini baru ya, waw seru ya jadi kepengen kesana, entar akhir tahun liburan panjang mau banget kesana bersama adik-adikku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah seru juga tempatnya.. Siiip.. Met jalan-jalan sama adik2 yaa.. :D

      Delete