Eksplorasi Keindahan Natuna, Ini Dia 3 Tempat Wisata di Natuna!

by - May 19, 2023

tempat-wisata-di-natuna

Pulau Natuna terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di bagian utara dan termasuk pulau di perbatasan negara.

Pulau ini populer dengan keindahan alamnya. Ada banyak tempat wisata di Pulau Natuna yang bisa dieksplorasi, nih. Yuk, simak tempat wisata di Natuna mana aja yang bisa Manteman kunjungi saat berada di pulau ini!


Alif Stone Park

Begitu melihat Alif Stone Park rasanya Bubu seperti dejavu seperti sedang berada di Belitung!

Ya, Alif Stone Park memang agak mirip dengan tempat wisata yang berada di Belitung, yaitu dengan deretan batu-batu besar menghiasi pinggir pantai!

Alif Stone Park termasuk tempat wisata alam yang dekat dengan Ranai, ibu kota Kabupaten Natuna. Gak butuh waktu lama untuk sampai di Alif Stone Park dari pusat kota Natuna. Hanya butuh waktu 10-15 menit berkendara aja, lho.

Alif Stone Park biasanya ramai dikunjungi saat menjelang sore. Namun ketika berada di Natuna, Bubu berkunjung ke tempat wisata ini di pagi hari untuk melihat sunrise. 

Wisata ke Alif Stone Park di pagi hari ternyata juga jadi pilihan yang tepat! Gak sia-sia menunggu dan menunggu untuk dapat melihat sunrise yang indah di depan mata. 

tempat-wisata-di-natuna-alif-stone-park

tempat-wisata-di-natuna-alif-stone-park

Karena banyaknya batuan dan memang untuk menikmati indahnya Alif Stone Park ini dengan naik ke batuan-batuan tersebut, Bubu rasa tempat ini agak kurang ramah anak, ya. Pun kita orang dewasa juga harus berhati-hati saat di sini. 

Nah, ada yang penasaran kenapa namanya Alif Stone Park???

Hmm, setelah Bubu baca-baca dari beberapa referensi, ternyata nama Alif ini diambil dari sebuah batu yang bentuknya tegak lurus mirip seperti huruf Alif dalam bahasa Arab. :) 

Di Alif Stone Park ini Bubu melihat ada satu penginapan homestay kecil yang bisa jadi pilihan. Lokasinya masuk ke dalam setelah tempat parkir. 

Keliatannya seru, sih, menginap dekat Alif Stone Park ini karena suasana pantainya berasa banget! 

Untuk bisa menikmati Alif Stone Park pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000,-/orang.   

Baca Juga: Itinerary Belitung 3 Hari 2 Malam


Masjid Agung Natuna

Masjid Agung Natuna juga Bubu masukkan ke daftar tempat wisata di Natuna yang wajib dikunjungi!

Masjid ini termasuk masjid unik dengan berbagai fakta menarik, lho! 

Masjid Agung Natuna disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Indonesia. Saat browsing sebelum ke masjid ini Bubu memang melihat dari foto-foto yang ada di dunia maya dan terlihat kalau Masjid Agung Natuna terlihat besar, megah, dengan sungai di depannya. 

Pantulan masjid pun ada di sungai tersebut. Mirip, kan, seperti Taj Mahal. :) 

Sayangnya saat Bubu ke Masjid Agung Natuna, aliran sungai sedang tidak airnya sehingga nggak ada pantulan masjid di sana. 

Meski begitu, kemegahan masjid ini tetap terlihat nyata, bahkan dari kejauhan. 

Masjid Agung Natuna dibangun di lahan seluar 15.500 meter persegi. Perpaduan warna hijau dan kuning di kubahnya seirama dengan suasana di sekitar masjid yang ditumbuhi banyak pepohonan dan perbukitan. 

tempat-wisata-di-natuna-masjid-agung-natuna

Kalau dilihat di bawah kubah utama terdapat enam kubah yang lebih kecil. Jumlah ini melambangkan enam rukun iman dalam Islam. Sedangkan ada 12 kubah di bawahnya lagi melambangkan angka tanggal kelahiran Nabi Muhammad 12 Rabiulawal. 

Masjid Agung Natuna dilengkapi dengan empat menara yang melambangkan empat Khulafahur Rasyidin, yaitu Abu Bakar As Shidiq, Umar bin Khattab, Utsman bin 'Affan, dan Ali bin Abi Thalib. 

Setiap menara memiliki tinggi 17 meter yang menandai angka jumlah rakaat sholat dalam satu hari.  

Karena keterbatasan waktu, Bubu nggak berlama-lama di Masjid Agung Natuna.  Ingin rasanya ke masjid ini lagi suatu hari nanti…

Baca Juga: Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta


Pantai Piwang

Asyik banget jadi warga Kabupaten Natuna, nih. Gak perlu jauh-jauh sudah bisa menikmati wisata pantai!

Ini dia Pantai Piwang, pantai yang ada di tengah kota dan dekat dengan Bandara Ranai di Natuna. 

Pantai Piwang bisa dibilang sebagai tempat bersantai warga terutama pada sore hari sambil menikmati sunset. 

tempat-wisata-di-natuna-pantai-piwang

tempat-wisata-di-natuna-pantai-piwang

Lokasi pantai ini bersebelahan dengan Taman Kota Natuna Geopark sehingga ada berbagai fasilitas juga yang bisa dinikmati oleh pengunjung.  

Tak hanya bermain pasir di kawasan pantai, pengunjung juga bisa berolahraga jogging hingga bersepeda di sini. Untuk fasilitas umum juga tersedia seperti tempat parkir, toilet, hingga mushola. 

Jangan lewatkan berfoto di beberapa sudutnya. Ada beberapa spot yang disiapkan untuk berfoto, termasuk signage Pantai Piwang dan Natuna. 

Oiya, nggak ada biaya yang harus dikeluarkan  untuk masuk ke Pantai Piwang, ya. Lumayan, banget, kan! :D  


Sebenarnya masih banyak tempat wisata di Natuna yang indah. Tapi sayangnya karena keterbatasan waktu di Natuna, Bubu hanya menyambangi tiga tempat wisata ini aja. 

Adakah Manteman yang sudah pernah wisata ke Natuna juga? Yuk, share tempat wisata di Natuna mana lagi yang pernah Manteman kunjungi… :)



Bubu Dita 

@rumikasjourney


Related Posts

19 komentar

  1. Bubu mainnya jauh bener ampe Natuna
    Aku belum pernah kesana
    Banyak juga pilihan tempat wisata di Natuna yang bisa jadi pilihan ya

    ReplyDelete
  2. Wah Bubu udah sampe Natuna aja. Jauhnya ke Kepulauan Riau. Cantik pemandangan dan masjidnya. Semoga nanti aku bisa jalan-jalan ke luar Pulau Jawa juga xixixi

    ReplyDelete
  3. Deskripsi yang detail dan indah tentang tempat-tempat wisata di Natuna. Jadi ikut merasa jalan-jalan ke sana. Terima kasih udah berbagipengalaman perjalanan yang luar biasa ini, mbak Dita.

    ReplyDelete
  4. Keren banget nih wisata di Natuna. Apalagi Alif Stone Parknya. Cuma memang nggak ramah anak sih. Bahaya banget kalau kita nggak hati-hati.

    ReplyDelete
  5. mau banget ke alif stone sama mesjid agung Natuna. Indah banget yah pulau Natuna itu, semoga ada kesempatan bisa ke sana

    ReplyDelete
  6. Natuna yang jauh semoga keindahan selalu menyertai ya. Masjid yang indah semoga melindungi kita semua ya kak.

    ReplyDelete
  7. Masjid Agung Natuna memang megah dan elegan. Penuh filosopi juga dalam desain arsitekturnya. Tapi aku penasaran banget pengin ke Alif Stone Park nya.

    ReplyDelete
  8. Jadi tertarik mengunjungi Natuna.. Liat keindahan wisatanya pun mesjidnya yg megah berdiri kokoh… Natuna memang eksotiss yaa, sekilas memang spt Belitung klo diperhatikann..

    ReplyDelete
  9. Suka banget sama pantainya, bersih dan hijau. Melihat batu besarnya aja udah bagus. Bersih gak ada sampah.

    ReplyDelete
  10. wah baru tahu nih saya tempat wisata di Natuna. Indah banget yaa. jujur nih sampai sekarang saya juga belum tahu di mana lokasi pulau natuna ini. hehe.

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah ke Natuna, bubu. Abis baca tulisan bubu, mau ah jadiin Natuna sebagai salah satu list tempat wisata yg harus aku kunjungi.

    ReplyDelete
  12. Masya Allah, Natuna menyimpan banyak permata ya, Kak. Mulai Alif Stone Park, dan destinasi lain begitu menarik. Serasa bukan di Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Semuanya cantik-cantik... Ya masjidnya, ya pantainya... Semoga suatu saat saya bisa main juga ke natuna...

    ReplyDelete
  14. Daku suka pengambilan gambarnya kak, karena sampai awannya pun dapat, sehingga deskripsi tulisan dan sambil lihat gambarnya makin bikin mupeng kan buat ke sana

    ReplyDelete
  15. wishlist banget bisa ke Natuna, laut dan pantainya bagus banget, warna biru toscanya memang menggoda buat diceburin
    Dari dulu selalu coba hunting tiket ke sana, hiks tapi masih mahal

    ReplyDelete
  16. Pantai Piwang pemandangannya sungguh indah banget, apalagi dengan perpaduan langit biru dan laut biru serta hijaunya pepohonan bisa menambah kesejukan mata, dan bisa menjadi destinasi menghabiskan long wiken ya buat berwisata bersama keluarga

    ReplyDelete
  17. Saya yang belum pernah ke Natuna, jadi makin kemecer baca tulisan ini, hwuhwuhuw. Btw kalau tahu, kak.. di Masjid Agung Natuna itu, apa kita boleh menginap?

    ReplyDelete
  18. Saya tuh sering banget kepikiran mau coba jalan-jalan keliling Indonesia, khususnya daerah-daerah terluar Indonesia seperti Natuna ini. Ternyata Natuna menawarkan wisata dan pengalaman yang indah ya, Kak.

    ReplyDelete
  19. Bagus banget dan aku belum pernah ke Natuna. Mau forward ke suami ah siapa tahu bakal diajak ke sana

    ReplyDelete