Wisata di Bandung dengan Rasa Khas Eropa

29 comments

wisata di bandung rasa khas eropa

[Ad] Bagi Bubu Dita, Bandung ini ngangenin banget! Sudah dua tahun enggak ke kota itu dan sekarang rasanya pingiiiin main ke sana. Eits, tapi enggak pas saat liburan, ya, supaya enggak terlalu macet... Hihihi... :D Kenapa Bandung selalu ngangein? Wisata di Bandung itu, lhooo, enggak ada matinya! Setuju, kan?


Kayaknya baru aja ada tempat wisata baru di Bandung, enggak lama kemudian muncul lagi tempat wisata yang enggak kalah kerennya. Karena itulah, Bandung selalu jadi kota yang menarik untuk dikunjungi. Berbagai tema wisata pun hadir di kota ini, termasuk wisata yang berbau Eropa.

Nah, sebelum punya budget untuk ke Eropa yang sesungguhnya, main dulu aja ke Bandung! Ada beberapa wisata di Bandung yang berkonsep Eropa dan pastinya dengan hawanya yang sejuk bisa membuat kita serasa lagi ada di Eropa beneran. :D

Apa aja, ya, wisata di Bandung dengan gaya Eropa yang wajib Manteman Rumika kunjungi jika sedang berada di Bandung? Check this out, yo! 



Kota Mini Lembang

Meskipun namanya kota mini, tapi sebenarnya tempat wisata kekinian ini cukup luas juga, lho. Memang wisata di Bandung yang satu ini menawarkan Eropi mini dengan bangunan-bangunan yang berbentuk seperti di benua biru itu.

Bangunan-bangunan warna-warni di Kota Mini Lembang pun ternyata bukan hanya sebagai pemanis belaka. Ada beberapa bangunan di sana yang dijadikan kafe. Jadi, selain bisa foto-foto kece, para pengunjung pun bisa santai di kafe sambil nyemil-nyemil cantik.

wisata di bandung rasa eropa kota mini lembang
Dok: Indonesia.tripcanvas

Kota Mini Lembang bisa jadi tempat wisata yang kids friendly dan akan sangat disukai anak-anak. Kenapa? Ya ampuuun, banyak banget aktivitas yang bisa dilakukan anak-anak di tempat ini!

Mau main sama kucing yang menggemaskan? Bisaaa banget! Mau jadi polisi, pemadam kebakaran, sampai dokter? Bisaaaa... Ada tempat khusus untuk menyewa kostum dan beraktivitas layaknya profesi tersebut.

Wisata di Bandung yang masih ngehits ini juga bisa membuat anak-anak menyalurkan hobi memasaknya, lho. Ada satu rumah yang disebut Cooking School. Mau bikin pizza, sandwich, risol, sampai martabak? Bisa, dong!

Anak-anak perempuan juga bisa main salon-salonan dengan mendandani barbie. Ada juga satu rumah yang isinya boneka beruang semuaaa... Hihihi... Lucu, yaa... Bubu rasa, Kota Mini Lembang ini memang cocok banget jadi tempat wisata anak di Bandung. Ya, kan?

Melihat Kota Mini Lembang, Bubu Dita jadi ingat saat main ke Devoyage Bogor. Konsepnya serupa, menghadirkan suasana Eropa. Bahkan bisa juga kita berfoto menggunakan kostum tradisional ala Eropa di tempat wisata ini.

Tertarik untuk mengunjunginya? Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp 25 ribu saja. Nah, tapi jika ingin melakukan berbagai aktivitas di dalamnya, tentu harus merogoh kocek lagi, yaa... :D

Alamat: Jl. Grand Hotel No. 33 Lembang Bandung


Farmhouse Lembang

Terakhir kali Bubu Dita ke Bandung sama keluarga, kami sempat mampir ke Farmhouse Lembang. Dari namanya saja, kita jadi tahu kalau tempat ini adalah peternakan, ya. Tapi ternyata banyaaaak banget hal yang ada di Farmhouse, bukan hanya peternakan hewan saja.

wisata di bandung rasa eropa farmhouse lembang

Peternakannya sendiri pun enggak terlalu besar. Boo dan Mika tapi cukup senang juga bisa melihat domba dan beberapa burung yang ada di dalam kandang.

Farmhouse Lembang terkenal dengan rumah hobbit-nya. Di tempat ini pula, kita bisa memakai kostum ala Eropa dan bergaya di depan bangunan-bangunan cantik bernuansa Eropa.

Baca Juga: Mengintip Sisi Lain Farmhouse Lembang

Satu hal yang paling saya suka di Farmhouse Lembang adalah taman bunga warna-warninya yang memesona! Ada juga lukisan-lukisan cantik di beberapa sudutnya dan toko-toko lucu dengan banyak tanaman di sekelilingnya. Untuk yang suka masang gembok cinta, bolehlah pasang gembok di tempat ini juga... :D

wisata di bandung rasa eropa farmhouse

Wisata di Bandung ini meski sudah berdiri agak lama, tampaknya masih jadi salah satu destinasi favorit. Masih banyak juga masyarakat yang mengunjunginya hingga sekarang meski semakin banyak tempat wisata baru di Bandung.

Alamat: Jalan Raya Lembang No. 108 Gudangkahuripan Lembang Bandung


Bandung Tour on Bus (BANDROS)

Salah satu cita-cita Bubu Dita yang belum kesampaian hingga detik ini adalah naik bis tingkat alias double decker di London! Iyes, bahkan bis kece dengan warna merah itu jadi simbol nasional negara Inggris dan United Kingdom!

Sebelum naik double decker beneran, Bubu Dita juga pingin, nih, mencoba sensasi naik bis tingkat di Bandung. Namanya Bandros alias Bandung Tour on Bus. Bis ini tak hanya berwarna merah tapi ada juga warna hijau, biru, ungu, pink, dan hitam.


wisata di bandung rasa eropa bis wisata bandros
Dok: Metrotvnews


Tiap warna ini menentukan rute jalur yang dilalui. Jadi, beda warna, beda rute, yaa. Jangan sampai salah naik bis. :D Sekarang wisata di Bandung jadi makin asyik dengan kehadiran Bandros.

Pemerintah Kota Bandung sadar bahwa pariwisata menjadi magnet utama kota ini. Alhasil, semua rute Bandros pun melewati berbagai lokasi tempat wisata di Bandung.

Bandros beroperasi dari pukul 8 pagi hingga 4 sore setiap harinya. Harga tiket sekali perjalanan Rp 20 ribu. Menurut Bubu Dita, jika niatnya jalan-jalan di Bandung dengan berbagai rute, sekalian saja beli tiket one day pass seharga Rp 40 ribu. Lebih hemat, dong, yaaa... :D

Enggak sabar pingin mencoba naik Bandros sama keluarga. Pastiii Boo dan Mika seneng banget kalau bisa kesampaian naik bis tingkat ini. :D


Bike on The Street Everybody Happy (BOSEH)

Hahahaha... Asli, Bubu Dita ketawa begitu tahu ternyata BOSEH adalah singkatan. Iya, BOSEH alias Bike on The Street Everybody Happy merupakan penyewaan sepeda untuk wisata di Bandung.

Gimana udah mirip kayak di Belanda, ya. Di negara tulip itu, hal yang lumrah saat kita melihat barisan sepeda berjejer rapi. Masyarakat di sana memang suka naik sepeda.


wisata di bandung rasa eropa sepeda wisata boseh
Dok: Tribunnews

Di Bandung pun Manteman Rumika bisa merasakan naik sepeda keliling kota dan mampir ke berbagai tempat wisatanya. Sepeda ini disewakan seharga Rp 4 ribu/jamnya secara nontunai.  Jam operasionalnya sama seperti Bandros, mulai pukul 8 agi hingga 4 sore.

Jika kita meminjam, tak harus dikembalikan ke shelter tempat meminjam, tapi bisa diparkir di shelter terdekat dengan tempat tujuan.

Saat ini di Bandung sudah ada 17 shelter BOSEH dengan setidaknya 350 armada sepeda yang siap menyambut kita untuk naik sepeda di Bandung. Seru bangeeeet!


Jalan Dago & Jalan Braga

Wisata di Bandung tak lengkap jika tidak menyebut Jalan Dago dan Jalan Braga. Hah, kok jalan? Yes, meski hanya jalan tapi suasana di kedua jalan itu enak, lho, dan bisa membuat kita membayangkan Eropa. :D

Jalan Dago atau yang nama aslinya Jalan Ir. H. Juanda kini telah direvitalisasi dan jadi baguuus banget. Kalau kata Ridwan Kamil alias Kang Emil, Jalan Dago sekarang mirip dengan salah satu jalan di Barcelona, Spanyol!

Mau jalan kaki di trotoarnya pasti nyaman karena trotoarnya lebar, banyak disediakan bangku-bangku lucu dari material besi maupun kayu, dan lampu-lampu jalan dengan model vintage.

wisata di bandung rasa eropa jalan dago
Dok: Detik

Bukan hanya kids friendly, tapi trotoar ini juga ramah lansia dan penyandang disabilitas. Saat santai sore pingin deh bisa gandengan tangan sama Yaya Indro di trotoar Jalan Dago ini. :D

Nah, suasana Eropa di Jalan Braga beda lagi. Di jalan ini kita bisa melihat bangunan-bangunan lama dengan arsitektur masa Hindia Belanda yang masih dipertahankan hingga kini di sisi kanan dan kirinya.

Bangunan antik tempo dulu khas Eropa memang menjadi hal yang paling menarik di Jalan Braga. Selain itu juga masih ada beberapa tempat jajanan tempo dulu yang masih bertahan hingga kini dan bisa menjadi tempat bernostalgia. :)

wisata di bandung rasa eropa jalan braga
Dok: Sebandung


Menginap Saat Wisata Di Bandung

Yes, sekarang Bubu Dita sudah punya list, nih, kalau nanti Bubu Dita dan keluarga jalan-jalan ke Bandung. Menikmati rasa Eropa di Bandung ternyata bisa banget, kan. :D

Meski jarak Depok ke Bandung cuma 3 jam dan bisa pulang hari, tapi Bubu Dita akan lebih memilih untuk menginap semalam di Bandung daripada harus pulang pergi. Kenapa? Capeeekk, bok! :D Apalagi kalau jalan-jalan sama Boo dan Mika yang enggak bisa diam, kan.

Setelah puas wisata di Bandung berkeliling kota seharian, maunya, sih menginap di Bandung aja. Lagi pula, esok harinya masih bisa lagi lanjut jalan-jalan. :D

Selama ini jika pergi keluar kota, kami selalu menginap di hotel. Kadang Bubu Dita pun suka melihat pilihan homestay. Nah, pernah juga Bubu Dita melihat ada pilihan menginap di apartemen. Huaaah, secara ya kan kami enggak punya apartemen jadi pingin juga nyobain gimana rasanya menginap di apartemen. :D


Pilhan Menginap di Apartemen Bandung

Yes, yes, yes, ternyata mudah banget jika ingin sekali-kali mencoba menginap di apartemen. Jika enggak punya kenalan yang menyewakan apartemennya, kita bisa langsung cek di Traveloka aja.

Traveloka menyediakan banyaaaaak banget pilihan menginap di apartemen. Di Bandung aja ada beberapa apartemen yang disewakan harian. Mau tahu? Coba aja lihat di sini.

Waktu Bubu Dita cek apa saja apartemen yang disewakan dan melihat rate-nya ternyata bersaing banget. Bahkan banyak yang lebih hemat ketimbang menginap di hotel.

Selain lebih hemat, setelah Bubu Dita pikir-pikir menginap di apartemen juga memberi beberapa kelebihan jika dibanding saat menginap di model penginapan lainnya, apa saja?

-    Ada dapurnyaaaa. Ini penting banget buat yang mau hemat dengan memask sendiri, ataupun yang masih punya anak bayi dan ingin membuat MPASI sehat. Masak di dapur yang disediakan unit apartemen enggak bisa dijumpai di hotel, kan.

-    Biasanya, sih, apartemen itu lokasinya juga strategislah, ya. Jadi bisalah ke mana-mana dengan menginap di apartemen.

-    Ada kolam renangnya. Biasanya juga di apartemen disediakan fasilitas kolam renang untuk penghuninya.  Nah, secara kita jadi penghuni sementara jadi bisa juga, dong, menikmati fasilitas ini. Hihihi... Boo dan Mika pasti happy berat kalau sudah melihat kolam renang. :D

-    Dengan harga yang hemat, kita bisa dapat space atau uangan yang lebih luas. Cocok banget untuk family traveler seperti kami dengan anak-anak yang aktif dan sukanya loncat-loncatan! :)


Cara booking apartemen harian ini juga sangat mudah. Masuk dulu ke dalam web atau app Traveloka, lalu klik Hotel. Setelah itu masukkan lokasi, yaitu di Bandung dan juga tanggal menginap.

wisata di bandung rasa eropa apartemen harian bandung

wisata di bandung rasa eropa apartemen

Nah, baru, deh, setelah ada banyak pilihan tempat menginap, klik tulisan "Apartemen" di bagian atas. Nanti akan ada banyak apartemen yang masih available yang bisa Manteman Rumika pilih. :)

wisata di bandung rasa eropa apartemen bandung


Jadi, gimana, sudah siap eksplorasi wisata di Bandung dan menginap di apartemen kece? Yuk, ah, kita cuuusss... :D




-Bubu Dita-

29 comments

  1. Jadi kangen pulang ke Bandung. Mudah-mudahan pas mudik nanti sempat naik bandros dan ke Lembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut mbaaa.. hehehe... Aku juga pingin banget nyobain naik bandros.. :D

      Delete
  2. Wah iya ya.. kota kecil di bandung sama ya konsepnya dengan devoyage bogor. Malah mau ke bogor deh. Xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lebih deket ya Mba Ade.. :D

      Delete
  3. Waduh tempat yang disebut bubu dita mengingatkanku akan bandung, dulu tinggal di bandung, dan sekarang kalau mau ke bandung susahnya minta ampun hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku puuuun, padahal pinginnya bisa setahun paling enggak sekali ke Bandung. Tapi belum kesampaian juga nih Mba Tetty. Udah 2 tahun lalu terakhir ke sana..

      Delete
  4. Eh ternyata bisa booking apartemen jg ya via traveloka?
    Kapan2 kalau ke Bandung lg kyke mau ah sewa apartemen, mau yg deket braga biar bisa jjs ma keluarga :D tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bissaaa dong.. :D Aku juga pingin nyoba banget nih.. Nyobain tinggal di apartemen.. :D

      Delete
  5. Asyik asyik ih tempatnya. Kak dita recomended yang mana nih buat aku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya patut dicoba dong Mba Git.. :D Mba Gita pasti suka juga tuh kalo jjs di Braga sama Dago..

      Delete
  6. Aku sering ke Bandung tapi ga ke mana2. Di hotel aja. Harus bisa bujukin suami utk ke tempat2 di atas itu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo, Mak Ela rayu pak suamiiii.. Hehehe..

      Delete
  7. Selalu rindu akan Bandung

    ReplyDelete
  8. Bandung kota yang populer sejak lama, wisata alamnya keren yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Wisata buatannya juga kece, jadi banyak peminatnya.. :)

      Delete
  9. udah lama gak ke Bandung, jadi kangennn bandung :-)

    ReplyDelete
  10. ke bandung seringnya nginep di hotel, kalo apartment belum pernah.. soalnya anak-anak suka makanan hotel kalo pagi dan maunya yg ada kolam renangnga hihi.. tapi boleh dicoba juga ya menginap di apartemen dan bookinh melalui traveloka ini ya bubu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iyaa makanan hotel tuh ngangenin juga. Hihi.. :D Pingin nyoba apartemen karena buat harga pasti lebih hemat nih mba dan jadi ada pengalaman baru.. :D

      Delete
  11. Kata urang sunda ngaboseh itu aa dengan gowes sepeda..bubu Dita hehehe �� Sekarang dibuat singjatan unik dan lucu ya. Murce anat biaya sewanya 4rb nontunai yah. Jalan Braga mah sejak lama terkenal wilayah elit. Kaum The Have tuh yang tinggal di Braga. Udah lama ga jalan2 di Braga �� kepengen foto2 nih hihihi. Tertarik juga Devoyage.. serasa berada di eropa deh.. tunggu tanggal mainnya ah barengan keluarga ke sananya. Tq infonya keren banget buuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi sama2 Mba Nurul.. :D Baru tau itu artinya emang gowes sepeda ternyata yaa.. Bisa aja aja nih dibikin jadi singkatan. hehe.. Seru pasti tuh mba ngegowes di Bandung.. :D

      Delete
  12. Sekali-kali nginep di bandung pake apartemen ahh, sepertinya lbh murah jadinya ya, apalagi buat keluarga besar, mupeng banget pengen nyobain bandros

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, iya mba pas banget kalo bareng keluarga nginep di Apartemen.. :D

      Delete
  13. Ahh jadi kangen Bandung, udah lama nggak ke Bandung, anak-anak juga pingin banget tuh naik bus keliling Bandung

    ReplyDelete
  14. aciknya bubu jalan jalan mau donk ikutan hahaha. tapi Bandung memang banyak lokasi yang seru untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  15. Yuk Mba Nuuu, kita ke Bandung sama anak-anak.. :D

    ReplyDelete
  16. Iyes mamiih.. Babam masih sering ke Bandung juga gak?..

    ReplyDelete
  17. Apa cuma aku doang ya yang nggak pernah jalan-jalan ke Bandung? Huhuhu. Udah gitu banyak banget teman-teman blogger yang nulis tentang tempat wisata kekinian di Bandung. Belum lagi tempat kulinernya. Kan aku jadi sediiiih belum sempat ke sana tapi daftarnya udah makin panjang aja.

    Hayo Bubu Dita tanggung jawab ajak aku ke Bandung.

    ReplyDelete